Mulanya Hanya Setetes Air


airKeluargaku, kerabatku, dan sahabatku yang dirahmati Allah Swt…

Mengutip dari sebuah posting tentang Sufi Agung dari Persia, Maulana Jalaluddin Rumi (1207-1273) yang mengatakan, “Engkau bukanlah setetes air dalam samudera, tetapi engkau (sejatinya) adalah samudera itu sendiri yang menjadi setetes air.”

Ya, manusia ciptaan Tuhan memiliki potensi yang luar biasa; tergantung dirinya sendiri apakah potensi itu hanya akan berhenti sebagai potensi atau bahkan tidak disadari dimilikinya. Ataukah potensi itu akan dikembangkan sejauh mungkin bagi kebaikannya serta kebaikan masyarakat serta lingkungannya.

Hmmm…

Bahkan pengarang terkemuka dari Prancis, Marcel Proust (1871-1922), mengatakan, “Seyogyanya kita perlu berterima kasih kepada orang-orang yang telah membuat kita bahagia. Mereka itu ibarat para pekebun bunga yang membuat jiwa kita bermekaran.”

Ya, kebahagiaan adalah hasil dari sebuah keterlibatan antara seseorang dengan pihak lain. Antara diri saya bersama orang terdekat dan rekan-rekan terbaik di sini dengan warnanya masing-masing. Selama ini saya hanya punya naluri ingin selalu berbagi dengan apa yang saya miliki. Dan memang sudah sepatutnya saya sangat berterima kasih kepada kalian semua yang selalu berada di sekitar saya yang sadar atau tidak, sejatinya telah ikut bersaham dalam kebahagiaan kita….

Terima kasih banyak ya Allah atas limpahan orang-orang tercinta dan rekan-rekan selama ini. Hari ini hanya sekadar penanda bahwa sebuah tetesan masih ada di antara luasnya samudera raya silaturahim dan persahabatan. Masing-masing diri kita adalah setetes air yang hanya sedikit saja memberikan makna dalam luasnya samudera. Takkan bermakna jika tak didukung tetesan lain yang akan berlimpah menjadi kemaslahatan buat kita semua.

Insya Allah…

 

Salam,

Jie Ao

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s