Sebuah Dialog


Sejak pagi tadi sudah buat beberapa draft. Tapi anehnya semua batal di-posting. Lho, kenapa?

Entah kenapa setiap kali selesai dan diperiksa kembali, sepertinya tak pantas di-posting untuk umum. Ada rasa tanggung jawab ketika berpikir ulang pantas atau tidaknya di-posting. Artinya di situ ada rasa untuk menahan diri. Ya, boleh jadi tulisan tersebut terbilang agak keras dan yang membacanya bisa salah persepsi.

Justru karena kesadaran untuk membatalkannya itulah yang membuat hari ini harus merenungkannya kembali. Lumayan lugas. Lumayan tegas. Cukup bernas. Dan yang terpenting adalah tak menggurui, karena sasarannya adalah orang dewasa yang selama ini mengaku paham tentang topik yang diangkat.

Tapi ada satu hal penting lagi bahwa berdasarkan beberapa tulisan sebelumnya yang sudah di-posting, ternyata masing-masing menanggapinya sebagai bentuk apresiasi yang positif. Padahal justru isi posting-an itu untuk menjewer telinga kita semua. Aneh ya?

Tapi takkan jadi aneh jika memahami siapa saja penanggapnya. Penanggap yang pasti merasa lebih pintar dan selalu cepat mengerti. Penanggap yang merasa tulisan tersebut menjadi bentuk keperpihakan. Penanggap yang mencoba mengganggu independensi. Penanggap yang tak mengerti di mana posisi dirinya berada. Bahkan penanggap yang siap langsung menghakimi, bahkan membunuh karakter siapa pun yang tak sepaham. Luar biasa bukan?

Tapi asyik sekali jika merunut prosesnya. Beberapa tulisan yang belum di-posting itu langsung dihapus tanpa disimpan di folder draft. Jadi butuh keberanian dan keikhlasan untuk memutuskan tidak di-posting dan dihapus. Butuh telaah dan kajian yang cukup matang untuk menyikapinya. Dan alhamdulillah, keputusan itu memang ada hikmah yang luar biasa. Ya, kemampuan untuk menahan gejolak, risau hati, dan tentu saja gemas dengan kondisi yang melingkupi setiap hari, serta berujung pada dialog penuh kejujuran dengan hati.

Insya Allah, langkah selanjutnya akan menjadi lebih baik, setidaknya untuk diri sendiri.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s