Harlistas: Petualangan, Persahabatan, dan Impian Amerika


Alfredo de Villa director of Harlistas An American Journey1Ya, para Harlistas akan membawa kita ke dunia riding Harley bikers Amerika Latin dan memberi kita pandangan mendalam pada cerita-cerita mereka dan mengapa mereka riding dengan Harley.

Satu lagi film dokumenter tentang Harley Davidson dibuat dengan nafas yang berbeda. Rohnya masih tetap sama, yaitu Harley Davidson sebagai salah satu ikon Amerika. Digarap oleh sutradara Alfredo de Villa, film “Harlistas: An American Journey” mencoba mengangkat kisah-kisah perjalanan yang sangat menyentuh dan melintasi batas gaya hidup dan adat istiadat rider Harley Davidson dari negara Amerika Latin.

harlistas posterMenikmati film ini boleh jadi memberikan pencerahan tentang budaya tertentu dan juga gaya hidupnya. Namun ada hal yang lebih penting, yaitu sebuah pesan universal yang ingin didapatkan setiap penikmatnya. Film ini dirasa cukup untuk menggambarkan suatu perayaan kehidupan dengan berupaya mengeksplorasi nilai-nilai kebersamaan yang  tidak hanya dapat memperkuat ikatan kekeluargaan, tetapi juga bagaimana nilai-nilai kebersamaan itu dapat membangkitkan semangat yang sempat patah.

Harlista adalah sebutan bagi pengendara Harley-Davidson asal Amerika Latin.  Lewat “Harlistas: An American Journey,” sutradara Alfredo de Villa yang pernah mengarap “Nothing Like the Holidays” ini ingin menceritakan empat kisah perjalanan Harlistas yang mencari petualangan, persahabatan, dan juga upaya mereka meraih impian Amerika.

Rod n BrothersDimulai dari Danny Huerta, teknisi Harley-Davidson dari Baldwin Park, California, yang mencoba untuk berhubungan kembali dengan ayahnya yang telah meninggal dengan menciptakan perjalanan mereka berbagi bersama sebelum kematiannya. Sementara itu, Pat Rodriguez dan tiga saudaranya, Jay, Ernie, dan Vito dari Queens, New York, juga berkendara Harley-Davidson untuk menghormati ayah mereka serta kakak mereka yang tewas dalam pemboman World Trade Center tahun 1993. Lalu ada Carlos “Shorty” Tenorio,  pria yang sebelum berimigrasi ke Chicago, Illinois, ikut menjadi saksi dalam Revolusi Nikaragua, ingin memperkuat ikatan dengan anaknya, Shorty Junior, dengan melakukan perjalanan menuju pantai Oregon. Demikian pula dengan Lonnie Gallegos, pemilik outlet modifikasi di Los Angeles, California, yang mencoba menyiratkan jejaknya kepada anaknya, Jerry Ramirez.

harlistas1Dalam film ini, de Villa telah melakukan pekerjaan yang besar dengan memadukan empat kisah perjalanan secara bersama-sama dan mengangkatnya menjadi ide yang luar biasa yang jauh lebih besar tentang bagaimana hobi bisa menjadi cara hidup, atau lebih tepat menggambarkannya secara lebih personal. Salah satu hal yang menarik dalam “Harlistas: An American Journey” ini adalah cara penggambaran personal yang oleh de Villa dibuat sedemikian rupa dan begitu natural.

Harus diakui, de Villa membuat “Harlistas: An American Journey” berbicara begitu banyak lebih dari sekedar kehidupan Harlistas. Tapi juga meneliti topik dengan akurasi yang menyeluruh, memberikan gambaran yang jelas bagi penontonnya tentang kehidupan yang unik bahwa orang-orang dari budaya yang memiliki tujuannya masing-masing.

04Mungkin sebagian penikmat film ini banyak yang berharap akan melihat sejumlah peristiwa besar yang cenderung mendefinisikan gaya hidup pengendara Harley-Davidson seperti perjalanan yang dilakukan Rod bersaudara ke Sturgis, South Dakota, walau pada kenyataannya hanya sedikit yang dilihat dari apa yang terjadi di sana. Sementara pandangan menakjubkan tak boleh dilewatkan saat Danny mengunjungi banyak hotspot di kawasan Arizona, termasuk keindahan Grand Canyon yang mempesona. Jangan pula berharap akan ada produk-produk komersial Amerika yang biasa menjadi slogan dalam sebuah film yang berkaitan dengan ikon Harley-Davidson. Produk-produk seperti rokok Marlboro, KFC, Coke, dan Budweiser tak lagi muncul dan mendominasi. Gantinya, adalah semua hal yang benar-benar meliputi semua tradisi Amerika dan perasaan, yaitu Harley Davidson. Sepeda motor ikon Amerika yang mengatakan kepada dunia, “Yeah, aku adalah seorang pria dan aku orang Amerika!”

01Ya, pada akhirnya semua itu benar-benar tidak peduli, termasuk jika Anda adalah seorang Amerika sekalipun. Namun, ketika Anda riding dengan Harley-Davidson untuk satu alasan dan satu-satunya alasan, adalah untuk melarikan diri dari kenyataan dan kehilangan diri Anda di jalan terbuka. Ya, para Harlistas akan membawa kita ke dunia riding Harley bikers Amerika Latin dan memberi kita pandangan mendalam pada cerita-cerita mereka dan mengapa mereka riding dengan Harley.

Rangkaian empat kisah perjalanan Harlistas diwarnai dengan penuh hasrat dan emosional yang sangat berakar. Penonton akan  dibawa untuk ikut menyelami alasan riding para Harlistas, terutama untuk persaudaraan, kekeluargaan, dan rasa komunitas yang tinggi. Film dokumenter ini boleh jadi hanya akan menarik bagi mereka memang menyukai kehidupan sebagai rider atau fans berat Harley. Jika Anda tidak termasuk salah satu kategori tersebut, maka Anda kemungkinan besar sulit menemukan benang merahnya, bahkan mungkin akan merasa agak membosankan. Namun di sana ada pria-pria sejati yang memiliki gairah besar untuk Harley mereka dan biasanya tidak akan mudah membiarkan apa pun yang menghalanginya.

Sebagai a tribute to the Harley-Davidson, “Harlistas: An American Journey” merupakan film dokumenter produksi tahun 2011 dan diproduseri langsung oleh Harley-Davidson Motor Company.02

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s