Jadilah Pemenang


Pasar saham ibarat sebuah permainan dan kadang-kadang Anda harus mengakui kekalahan.

—-

Semakin meningkatnya orang yang ingin memulai investasi di pasar saham, setidaknya menggambarkan semakin meningkatnya kepercayaan investor. Namun di sisi lain masih banyak di kalangan masyarakat yang tidak mengetahui bagaimana untuk memulai investasi di pasar saham. Pada umumnya mereka mengaku takut akan kehilangan banyak uang. “Yang penting pelajari saja dulu. Tak perlu buru-buru mempelajari cara kerja pasar saham. Ketika niat berinvestasi sudah dicanangkan, maka proses belajar akan semakin efektif sekaligus memulai memulai investasi di pasar modal,” ujar Suherli, Direktur PT Sinarmas Sekuritas.

Investor kini bisa memonitor perkembangan sahamnya di mana saja dan kapan saja, termasuk lewat ponsel. “Sekarang makin banyak layanan yang juga semakin memudahkan investor. Kinerja regulator pun semakin baik dan ikut memberikan rasa aman investor. Sehingga investor pun dapat mengkontrol investasinya jauh lebih mudah dan tentu saja menghemat banyak uang,” kata Suherli. Walau demikian, Suherli juga mengingatkan agar untuk memulai berinvestasi, investor memiliki anggaran yang cukup dan tak mengganggu kebutuhan rutin yang utama. Hal ini sangat penting! Banyak investor yang mendapatkan saham dan meyakininya akan memberikan keuntungan yang sangat baik, sehingga investor mau melakukan pembelian dan menginvestasikan jauh lebih banyak uangnya ke dalamnya.

“Saya menyarankan mulailah dari yang kecil dan biarkan bertumbuh sambil mempelajari karakteristiknya. Sikap investor seperti ini akan menghemat banyak uang dan membantu mendapatkan pengalaman yang berharga untuk investasi besar di masa depan. Ini merupakan langkah yang sangat penting dalam mempelajari bagaimana untuk memulai investasi di pasar saham,” ujarnya menambahkan.

Langkah penting dalam mempelajari bagaimana untuk memulai investasi di pasar saham adalah jangan pernah bergerak tanpa pertimbangan dan perhitungan. Jika Anda menemukan sebuah saham dan memiliki perasaan akan bergerak dengan baik, jangan buru-buru mengambil keputusan! Cobalah meluangkan sedikit waktu dan cari informasi yang akurat. Bisa jadi ada suatu perusahaan yang setiap hari merilis berita dan berdampak pada penurunan harga saham yang Anda investasikan. Pastikan keputusan pembelian telah dipikirkan dan direncanakan dengan baik.

Investor akan mendapat pelajaran berharga, termasuk mengetahui dan bisa memprediksi hal-hal yang kadang tidak terduga, bahkan tidak sesuai dengan yang kita perkirakan. Pasar saham ibarat sebuah permainan dan kadang-kadang Anda harus mengakui kekalahan (baca: kerugian). Dengan latihan dan kesabaran, Anda akan menjadi pemenang walau pada saat Anda kehilangan, dan sikap itulah yang dibutuhkan. “Syukurilah, karena kita tidak pernah tahu jika pada lain waktu kita akan mengernyitkan kening. Semua itu adalah bagian dari perjalanan. Cobalah menikmatinya!” kata Suherli.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s