Teknologi SKYACTIV Mazda Sempat Diragukan




Teknologi SKYACTIV diyakini sebagai alternatif bagi kendaraan yang tidak menggunakan teknologi hybrid dan elektrik, namun tetap menghasilkan fungsi ramah lingkungan dan rendah konsumsi bahan bakar.

Dalam gelaran Tokyo Motor Show 2011, teknologi ramah lingkungan menjadi salah satu acuan utama dalam produk-produk yang dipamerkan. Begitu pula dengan Mazda yang terus melakukan pengembangan tiada henti. Bahkan saat ini Mazda telah mampu menarik perhatian melalui teknologi mesin terbarunya, SKYACTIV. Teknologi SKYACTIV diyakini sebagai alternatif bagi kendaraan yang tidak menggunakan teknologi hybrid dan elektrik, namun tetap menghasilkan fungsi ramah lingkungan dan rendah konsumsi bahan bakar. Bahkan teknologi mesin SKYACTIV, kini menjadi bahan diskusi dan analisa para ahli di dunia, walau awalnya sempat diragukan sejumlah pihak.
Keberhasilan Mazda tersebut tentu saja dicapai setelah melalui proses jangka panjang, disertai upaya yang tak mengenal lelah, termasuk spirit yang yang dicanangkan Mazda untuk menyikapi setiap tantangan. Mazda yang berdiri di Hiroshima sejak 1920 dengan nama Toyo Cork Kogyo Co. Ltd., mengawali produksinya lewat truk roda tiga pada tahun 1931. Usai dihantam bom atom, Mazda langsung bangkit membangun kembali infrastruktur di pabriknya. Momentum penting pun dicatat Mazda ketika pada tahun 1960 mulai memproduksi mobil berpenumpang. Pada saat bersamaan, Mazda juga mulai melakukan pengembangan mesin rotary, salah satu basis sistem penggerak Mazda yang melegenda hingga kini.
Satu dasawarsa kemudian, Mazda kembali menorehkan catatan perjalanan produk otomotifnya yang diekspor ke Amerika Serikat. Torehan tersebut sekaligus membuktikan kualitas Mazda yang sejajar dengan produsen otomotif dunia lainnya. Teknologi mesin rotary pun mulai menarik perhatian lewat Capella RX-2, Savanna RX-3, dan Savanna RX-7. Amerika Serikat dikenal sebagai negara produsen otomotif yang ketat, bahkan untuk menerima produk mobil dari luar Amerika Serikat yang berkualitas sekalipun. Pada era 1980-an, Mazda mulai meningkatkan produksinya dan semakin berkembang sebagai pabrikan otomotif dunia. Selain memproduksi mobil secara massal, Mazda sempat merilis mobil sport Mazda 787B yang mengandalkan mesin rotary yang legendaris. Hasilnya, Mazda787B menjadi juara di balap ketahanan Le Mans 24 Hours.
Selain memproduksi mobil dengan performa tinggi, Mazda juga mulai mengembangkan produk yang ramah lingkungan dan didukung oleh teknologi yang friendly. Sejak tahun 2000, Mazda telah meletakkan landasan penting pada setiap produknya lewat konsep Zoom-Zoom, termasuk pengembangan SKYACTIV. Salah satu produknya, Mazda Demio 13-SKYACTIV atau lebih dikenal dengan Mazda2, terbukti telah menuai penghargaan khusus pada Japan Car of the Year 2011-2012. Dengan teknologi baru SKYACTIV-G 1.3 bermesin bensin, Mazda2 mampu menggapai rasio kompresi yang tinggi, 14.0:1. Mazda2 juga telah mengadopsi teknologi Mazda i-stop idling stop system dan transmisi CVT. Hasilnya, konsumsi bensin menjadi lebih efesien dan mampu menempuh hingga 30 kilometer untuk setiap liter bahan bakar.
Kehadiran New Mazda CX5 yang ikut memeriahkan ajang Tokyo Motor Show 2011, ternyata juga diikuti dengan kabar gembira bagi peminatnya di Indonesia, menyusul pernyataan resmi terkait dengan rencana peluncurannya di Indonesia. Tepatnya 2 Desember 2011 lalu, PT Mazda Motor Indonesia (MMI) secara resmi mengumumkan akan meluncurkan All New Mazda CX-5 di Indonesia pada tahun depan. All New Mazda CX-5 merupakan compact crossover SUV yang mengimplementasikan terobosan baru Mazda berupa teknologi mesin SKYACTIV yang dipadu dengan prinsip desain ‘KODO – Soul of Motion’.
All New Mazda CX5 sebenarnya sudah muncul pertama kali September lalu pada Frankfurt Motor Show 2011. Menurut Keizo Okue, Presiden Direktur MMI, sebagai generasi pertama produk Mazda yang mengadopsi teknologi SKYACTIV secara menyeluruh, All New Mazda CX-5 memang dirancang sebagai kendaraan yang menyenangkan dan tentu saja membanggakan bagi pemiliknya. Melalui tim pengembangannya, Mazda memberikan perhatian serius pada bentuk, performa, fungsi, dan tekstur dan didukung pengalaman yang menyenangkan yang terjadi antara pemilik dan kendaraannya. Selain itu, desain ergonomisnya, termasuk sejumlah elemen penting lainnya juga mendapat perhatian serupa untuk memberikan pengalaman berkendara yang menyenangkan. “Inovasi produk yang luar biasa disertai dengan stylish design, merupakan langkah kunci Mazda untuk menarik perhatian pelanggan. Karenanya di tahun 2012, MMI akan menghadirkan All New Mazda CX-5 dengan harapan dapat meningkatkan standar industri dan ekspektasi pasar terhadap kendaraan yang sesuai dengan kondisi dan situasi di Indonesia,” ujar Keizo Okue.
Teknologi SKYACTIV yang digunakan secara menyeluruh pada All New Mazda CX-5 memang ditujukan untuk efisiensi penggunaan bahan bakar, sekaligus memperbaiki kualitas emisi yang dihasilkan. Walau begitu, performanya tak mengurangi kesenangan pengemudi dan penumpang saat berkendara. Demikian pula dalam hal keselamatan pada setiap produk kendaraan Mazda yang memang dirancang untuk menghadirkan kenyamanan. Soal performa, para mekanik Mazda selalu berupaya untuk meningkatkannya ketika berkendara, berbelok dan berhenti, termasuk visibility dan pengoperasiannya. Selain performa, All New Mazda CX-5 juga mengadopsi SKYACTIV-BODY yang ringan dan kokoh, serta memiliki tingkat keamanan yang luar biasa ketika terjadi tabrakan. Terbukti, All New Mazda CX-5 mampu meraih meraih top rating di setiap uji tabrakan yang dilakukan di seluruh dunia.
Menurut Keizo Okue, All New Mazda CX-5 merupakan terjemahan visi Mazda terhadap masa depan yang dihadirkan saat ini. Setidaknya, pencapaian tersebut merupakan salah satu aktualisasi prinsip Zoom-Zoom dari Mazda yang berkelanjutan. Di sisi lain, Mazda juga turut mengedepankan wujud kepeduliannya terhadap lingkungan yang beriringan dengan elemen ‘fun to drive’ sebagai DNA Zoom-Zoom itu sendiri. “Kami berharap dapat mengajak pengemudi di Indonesia untuk menjadi bagian dari solusi dalam mengantisipasi perubahan iklim, seraya tetap menjaga kesenangan dalam berkendara,” katanya

Foto: Tokyo Motor Show dan Mazda Motor Indonesia

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s