Mobil Konsep yang akan Mengubah Dunia


Salah satu daya tarik pengunjung di ajang Tokyo Motor Show 2011 adalah tampilnya sejumlah mobil konsep. Dengan bentuk yang unik, bahkan futuristik, kemunculannya kerap menjadi ajang pertarungan teknologi antarpabrikan mobil dunia. Hemat energi dan ramah lingkungan menjadi tema yang diusung pada mobil konsep di Tokyo Motor Show 2011. Dengan tema “Mobility Can Change the World”, TMS berupaya menawarkan solusi untuk berbagai masalah dunia yang muncul saat ini seperti kerusakan lingkungan, keselamatan, dan makin berkurangnya sumber energi. Peserta terdiri dari 14 pabrikan otomotif Jepang dan 21 pabrikan otomotif di luar Jepang seperti Parancis, Inggris, Jerman, Austria, Swedia, Italia, Kanada, Korea Selatan, dan Taiwan.

Mazda
Mazda menghadirkan mobil konsepnya, Mazda Takeri. Kemunculan pertamanya di TMS langsung mencuatkan desain baru Mazda, “KODO – Soul of Motion”. Takeri (dalam bahasa Jepang bermakna ‘laki-laki’) sudah mengadopsi teknologi Mazda SKYACTIV-D yang menghasilkan mesin diesel bersih, serta i-stop idling stop system dan sistem pengereman regenerasi pertama i-ELOOP (Intelligent Energy Loop) yang mampu menghemat konsumsi BBM hingga 10 persen. i-ELOOP akan mulai digunakan pada mobil Mazda pada tahun 2012.

Honda
Lewat mobil konsep Honda EV-STER, Honda mencoba menampilkan desain dinamis dan gaya yang inovatif, termasuk performa yang mumpuni. EV-STER disebut-sebut sebagai calon generasi baru dari electric small sports concept. Sebagai mobil listrik untuk dua penumpang, EV-STER menggunakan gerak roda-belakang. Berat kendaraan berkurang berkat penggunaan bahan karbon sehingga mampu menempuh jarak hingga 160 km. EV-STER bisa dimodifikasi pada besaran output motornya dan dilengkapi pengaturan pada suspensi sesuai karakter pengendaraan yang diinginkan.

Nissan
Dengan bentuk unik, futuristik, dan berdimensi ultracompact, mobil konsep Nissan Pivo 3 menempatkan posisi pengemudi di tengah. Dengan mengandalkan tenaga listrik, Pivo 3 yang memiliki radius putar kurang dua meter ini dibekali sistem pintar Automated Valet Parking yang mampu menurunkan pengemudi dan penumpangnya dan membiarkannya sistem perkirnya bekerja dan bisa memberi komando lewat ponsel.

Toyota
Pabrikan terbesar Jepang, Toyota, menghadirkan produk konsep Toyota Fun-Vii yang dirancang komunikatif berfitur internet dan memberi kesenangan berkendara. Lewat Fun-Vii, Toyota mencoba mengintegrasikan orang, mobil, dan sosial. Dua mobil konsep Toyota lainnya adalah Toyota FCV-R dan Toyota FT-EV III. FCV-R merupakan mobil konsep berbahan bakar hidrogen yang rencananya akan dipasarkan secara komersial pada tahun 2015. Sedangkan FT-EV III yang berbasis Toyota iQ bentuknya mungil dan bertenaga listrik. FT-EV III akan mulai dijual tahun 2012.

Daihatsu
Daihatsu D-X jadi salah satu mobil konsep kompak yang mengusung konsep unik, karena kemampuannya untuk berubah sesuai dengan keinginan pemiliknya layaknya bunglon. Tampil bergaya roadster, D-X bisa berubah menjadi hatchback, crossover, bahkan mobil balap, cukup dengan melepas beberapa bagian bodi. D-X pun menjadi salah satu andalan bagi Daihatsu di TMS. Desainnya futuristik dengan atap terbuka layaknya mobil sport. Mobil dua pintu ini memiliki panjang 3.395 mm, lebar 1.475 mm dan tinggi 1.275 mm, serta jarak sumbu 2.230 mm. Mesinnya dua silinder berkapasitas 660 cc turbo bertenaga 60 hp dan berpenggerak roda depan.

Volkswagen
Salah satu peserta dari Eropa adalah Volkswagen. Pabrikan asal Jerman ini menghadirkan mobil konsep Volkswagen Cross Coupe, mobil hybrid berpenggerak empat roda yang memadukan desain SUV dan coupe empat pintu, serta mesin TSI direct injection turbo berdaya 265 PS. VW menyebut desainnya sebagai modular transverse matrix (MQB). Dengan dimensi 4.345 mm, Cross Coupe lebih panjang dari Golf, tapi lebih pendek dari Tiguan. Dengan lebar 1.868 mm dan tinggi 1.523 mm, Cross Coupe berada di antara keduanya. Jarak sumbu roda yang panjang dan jarak pijak roda yang lebar, serta ground clearance tinggi, Cross Coupe diyakini handal di medan off-road.

Suzuki
Suzuki Regina menjadi mobil konsep Suzuki berbentuk mungil yang menyasar pasar global. Desainnya retro modern dengan unsur-unsur futuristik, termasuk pada bagian fender belakang yang menutup sebagian ban. Interiornya juga futuristik dengan panel-panel model layar sentuh pada konsol tengah. Kabinnya didominasi warna hijau mulai dari tampilan layar pada konsol, kursi, hingga lantai. Konsepnya adalah kendaraan hemat bahan bakar minyak dan rendah emisi berkat bobot ringan dan aerodinamika yang sangat mumpuni. Suzuki Motor Corporation mengklaim konsumsi BBM Regina 32 km/liter dengan emisi CO2 70 gr/km.

Foto: Tokyo Motor Show

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s