Daihatsu Kontraksi dan Rilis Harga Baru


Ternyata kontraksi tak hanya dialami oleh wanita yang sedang hamil. Pasar otomotif nasional pun bulan November 2011 kembali mengalami kontraksi akibat dampak banjir yang belum juga usai di negeri Gajah Putih, Thailand. Sekitar 4% dari pasar mobil nasional merupakan produk CBU yang diimpor dari Thailand.
Sementara produsen mobil kompak Daihatsu, bulan November 2011 mencatat wholesales maupun retail sales-nya mengalami penurunan akibat proses start up produksi tipe baru All New Xenia di pabrik Daihatsu. Selama November 2011 penjualan wholesales tercatat pada angka 10.312 unit atau 15,3% dari pasar wholesales nasional. Angka ini menurun (-21,1%) dibanding penjualan Oktober 2011 sebesar 13.065 unit. Sementara penjualan ritel Daihatsu bulan November 2011 mencapai angka 11.638 unit atau 17,1% dari penjualan ritel nasional. Angka ini menurun (-12,42%) dibanding penjualan ritel Oktober 2011 sebesar 13.289 unit.
Mini MPV Xenia masih menjadi kontributor terbesar selama November 2011. Xenia juga memberikan kontribusi ritel sebesar 40,3% atau 4.685 unit. Angka tersebut hampir separuhnya disumbang All New Xenia yang diluncurkan 9 November 2011 lalu. Daihatsu Gran Max (pick up dan minibus) sebagai produk kelas low commercial menjadi kontributor terbesar kedua sebesar 33,1% atau 3.854 unit. Disusul oleh medium SUV Daihatsu Terios sebesar 19,4% atau 2.259 unit. Sementara Daihatsu Luxio menyumbang sebanyak 515 unit (4,4%) dan Sirion 325 unit (2,8%).
“Penjualan November 2011 masih didorong oleh segmen kendaraan komersial, meski segmen mobil penumpang juga ikut tumbuh,” kata Rio Sanggau, Domestic Marketing Division Head PT Astra Daihatsu Motor (ADM).
Secara keseluruhan selama periode Januari–November 2011, penjualan wholesales mencapai angka 123.761 unit atau 15,2% dari pangsa pasar nasional. Sedangkan retail sales periode yang sama tercatat 125.853 unit atau 15,5% dari pangsa pasar ritel nasional. Pencapaian ini semakin dekat dengan target wholesales Daihatsu tahun 2011 dan semakin memantapkan posisi Daihatsu sebagai peringkat kedua penjualan mobil nasional setelah Toyota.
“Melihat perkembangan ini kami optimistis penjualan Daihatsu tahun 2011 akan melewati target sebesar 125.000 unit. Saat ini peminat All New Xenia masih perlu menunggu 2-3 bulan untuk mendapatkannya.” ujar Amelia Tjandra, Direktur Pemasaran ADM.
Nah, khusus bagi peminat All New Xenia, kini dapat mengakses microsite http://www.xenia.co.id untuk mendapatkan informasi sekaligus mendaftar sebagai peserta test drive di cabang-cabang Daihatsu di seluruh Indonesia. Dan menjelang akhir tahun, ADM kembali merilis harga untuk jajaran produknya. Dari rilis yang diterima terompahku, ADM memperlihatkan harga untuk All New Xenia, Terios, All New Sirion, Gran Max, dan Luxio. Update harga kendaraan Daihatsu untuk semua varian ini, berlaku mulai Desember 2011, on the road Jakarta.

Daftar harga (dalam ribuan Rupiah) semua varian Daihatsu per 1 Desember 2011 (On The Road Jakarta):

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s