Messenger dari Masa ke Masa: Yang Murah dan Layanan Melimpah



Belakangan ini, sejumlah layanan instant messenger juga sudah mulai menyediakan layanan video conference, Voice Over IP (VoIP), dan web conferencing.

Mungkin tak banyak yang mengetahui ihwal aplikasi messenger yang kini kehadirannya semakin marak. Dimulai pada tahun 1970 ketika aplikasi instant messenger muncul dalam sistem operasi multi-user seperti UNIX. Dengan tujuan awal memudahkan komunikasi antarpengguna yang sama, terus mengalami perkembangan dalam jaringan lokal hingga jaringan internet. Sebagian pengguna memanfaatkan peer to peer protokol dan ada juga yang menggunakannya sebagai penghubung ke sebuah server.

Pada medio 1980-an, muncul pesan online yang saat itu dikenal dengan on-line messages (OLM) sebagai layanan online dari Quantum Link bagi pengguna komputer Commodore 64 berupa layanan pesan antarpenggunanya. Aplikasi yang mirip juga ditawarkan oleh Amerika Online lewat AOL Instant Messages yang populer dengan sebutan AIM. Sejak saat itu, perkembangan instant messenger tumbuh pesat dengan munculnya aplikasi serupa dari Yahoo, MSN, Excite, Ubique, IBM, Skype, BlackBerry, dan lainnya dengan protokol kepemilikan dan client yang dimiliki sendiri.
Sebuah aplikasi open-source dan protokol open standards-based, Jabber, telah diluncurkan pada tahun 2000. Sebagai gateway untuk protokol IM lainnya, Jabber mampu mengurangi kebutuhan berbagai client. Terbukti modern multi-protocol clients seperti Gaim, Trillian, Adium dan Miranda dapat menggunakan multiprotokol IM tanpa server gateway. Belakangan ini, sejumlah layanan instant messenger juga sudah mulai menyediakan layanan video conference, Voice Over IP (VoIP), dan web conferencing. Biayanya pun semakin murah, bahkan dengan tambahan layanan gratis yang melimpah. Penggunaan SMS (short message service) pun semakin tergerus. Tak heran jika terjadi perang bonus sms antarprovider.
_____________
Migg
Pendiri Migg, Steven Goh dan Mei Lin Ng, mengawali konsepnya saat mereka duduk dengan secarik kertas kosong dengan keinginan memberikan solusi bagi siapa pun untuk mengirimkan pesan sebanyak-banyaknya, termasuk biaya semurah-murahnya. Mig33 resmi dirilis pada Desember 2005. Berjuta pengguna ponsel di ratusan negara seolah telah menguasai dunia yang memanfaatkan kekuatan dan keunggulan internet.
Lewat aplikasi internet populernya, mig33 dapat diakses di semua ponsel. Penggunanya mendapat keuntungan lewat telepon VoIP yang murah, SMS, dan IM, serta layanan mobile chat rooms, profil, hingga bertukar foto hanya lewat ponsel. Aplikasi mig33 dapat diunduh di wap.mig33.com.
__________
mIRC
mIRC diciptakan tahun 1995 oleh Khaled Mardam-Bey sebagai sarana chatting. mIRC memiliki pengguna terbanyak dalam kategori chatting dan diunduh sebanyak 9,129,578 kali (CNET, Oktober 2007). Bahkan mIRC masuk dalam daftar Nielsen-Net sebagai “10 terbaik applikasi internet” (2003). mIRC unggul karena pengguna bisa mengatur cara bekerja mIRC sebebasnya dengan ribuan channel yang tersedia. Sayangnya mIRC yang dapat diunduh di http://www.mirc.com/, hanya melayani chatting dengan teks, tak seperti media audio visual di Yahoo Messenger atau MSN.
___________________
Yahoo Messenger
Salah satu messenger populer adalah Yahoo! Messenger milik Yahoo! Kerap disingkat YM, menjadi messenger gratis dan dapat diunduh serta diakses dengan akun Yahoo! yang biasa digunakan untuk layanan Yahoo! seperti Yahoo! Mail. Penggunaan ID Yahoo! otomatis memberitahu pengguna ketika mendapat e-mail baru.
Sejak kerjasama Yahoo! dengan Microsoft pada Juli 2006, YM semakin populer dan unggul berkat pesan teks real-time antarakun Yahoo! atau Windows Live™ Messenger, berbagi foto atau lewat Flickr, panggilan suara, SMS, webcam, konferensi, ber-YM ria dengan rekan di jaringan Windows Live™ Messenger, Reuters Messaging, dan Lotus Sametime, serta kirim file hingga 2 gigabita.
__________________
GTalk
Messenger berbasis web milik Google ini unggul dalam komunikasi pesan instan dan VoIP. Google Talk (GTalk) dirilis 24 Agustus 2005 yang disediakan gratis dan dapat diunduh serta diakses lewat Google bagi siapa saja yang telah memiliki akun Google.
Awalnya layanan hanya tersedia untuk sistem operasi Windows. Kini GTalk tersedia juga untuk BlackBerry, iPhone, dan T-Mobile G1, dan terus berkembang ke seluruh pengguna gadget yang didukung oleh Adobe Flash Player. Sejak November 2007, GTalk berturut-turut mengeluarkan layanan percakapan (chatting) kelompok, chatting AOL Instant Messenger, Chatback, hingga video chat serta Skype.
_____________
Skype
Skype dibangun oleh dua ahli teknologi informasi asal Luksemburg, Niklas Zennstrom and Janus Friis. Setelah dibeli Microsoft, Skype kini memiliki lebih dari 600 juta penggunanya di seluruh dunia yang menggunakan Skype sebagai alat komunikasi secara gratis.
Kelebihan Skype yang berdiri sejak 2003 ini, di antaranya seperti kualitas gambar dan suara, kecepatan koneksi, dan tentu saja biaya yang jauh lebih murah. Fitur rekamannya juga bisa dibuka kembali. Bahkan bisa juga terhubung dengan orang yang tidak memiliki komputer atau akun Skype dengan menghubungi nomor telepon rumah atau ponsel di seluruh dunia dengan tarif lokal.
_____________
BlackBerry Messenger
Dengan memiliki server sendiri di Kanada, layanan messenger dari Research In Motion (RIM) mampu menyihir pengguna ponsel pintar. Sering terdengar transaksi saling tukar PIN BlackBerry agar bisa berkomunikasi lebih murah lewat BlackBerry Messenger (BBM) berupa pesan, gambar, dan video antarpengguna BlackBerry, termasuk membuat grup BBM. BBM berjalan di jaringan operator, dengan server yang berdiri sendiri dan mengandalkan kecepatan pengiriman data BBM. Layanan jasa dibebankan kepada operator, dan pelanggan pun harus membayarnya.

BlackBerry juga unggul pada layanan email dan push email-nya, bahkan ketika menerima format file pdf atau foto dan video, termasuk chatting. Sayangnya layanan terbatas hanya antarpengguna BlackBerry.
__________________
WhatsApp
Selama ini layanan messenger memang kerap digunakan sebagai pilihan untuk berkomunikasi dengan biaya yang jauh lebih murah, bahkan gratis! YM yang populer, masih memiliki keterbatasan karena keharusan memiliki akun Yahoo! Demikian pula dengan BlackBerry Mesenger (BBM) yang “diskriminatif” karena hanya bisa terhubung ke sesama pengguna BlackBerry setelah mendaftarkan PIN ke dalam daftar kontaknya.

Perang messenger pun kembali sengit ketika muncul layanan WhatsApp yang seolah menjawab keterbatasan lintas platform dalam berbagai layanan messenger. Bahkan WhatsApp yang menghilangkan sekat seperti PIN atau user ID, digadang-gadang akan menjadi “pembunuh” BBM.
Selain dapat diunduh untuk iPhone, Blackberry, Symbian (Nokia), ataupun Android, WhatsApp memberikan keleluasaan “berkomunikasi” dengan pengguna iPhone, Nokia, atau Android meski memakai Blackberry. WhatsApp dapat melakukan komunikasi lintas platform karena tetap menggunakan server yang sama. Asyiknya lagi, pengguna hanya disyaratkan menggunakan satu nomor ponsel sebagai identitas. Namun, kabar miringnya, WhatsApp tetap berbayar walau masih termasuh lebih murah. Jadi perlu hati-hati, karena tanpa sadar WhatsApp bisa menyedot pulsa, terutama ketika tak memilih paket unlimited data.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s