Kelas Sport 125 cc yang Menggiurkan


Jika saja Yamaha jeli, tampaknya salah satu line up-nya di kelas 125 cc dengan pengabut bahan bakar injeksi, bisa dijadikan acuan dan cocok untuk dipasarkan di sini.

Persaingan sepeda motor di tanah air semakin ketat saja. Terutama terlihat dari dua nama besar yang selalu mendominasi angka penjualan dalam lima tahun terakhir, yaitu Honda dan Yamaha. Hingga kini Honda memang belum tergoyahkan sebagai penguasa sepeda motor di tanah air. Bahkan skutik Honda dalam semester pertama 2011 telah mampu menumbangkan kedigdayaan Yamaha yang telah lebih dulu menguasai pangsa pasar di kelas skutik sejak tahun 2003.

Namun belakangan ada hal yang cukup menarik, terutama perkembangan di kelas motor sport. Yamaha masih menguasai pasar dan dibuntuti ketat oleh Honda. Dengan mengandalkan Yamaha V-ixion, Yamaha unggul tipis. Line up Yamaha lainnya seperti Byson dan juga Scorpio, sepertinya tak banyak membantu. Sementara hingga pertengahan tahun 2010 lalu, Honda dengan pangsa pasar Tiger dan MegaPro-nya sempat dilahap Yamaha, ditambah Suzuki dengan Thunder 125, berupaya bangkit dengan merilis New MegaPro yang berdesain elegan dan mendapat sambutan lumayan positif. NMP yang head to head dengan Byson memang unggul dari sisi performa dan keiritan bahan bakarnya. Tak sampai di situ, Honda pun melebarkan pasar di segmen sport dengan meluncurkan Honda CBR 250R dan Honda CBR 150R.

Suzuki yang sempat sumringah dengan Thunder 125-nya, kini hanya berharap versi facelift-nya bisa mempertahankan peminat sport pemula. Menurunnya penjualan Thunder 125, tak lepas dari agresifnya pabrikan India seperti TVS dan Bajaj yang mengeluarkan beberapa produk sportnya dengan teknologi yang lumayan mumpuni. Sementara Kawasaki yang konsisten di jalur sport, tampaknya adem ayem dengan jajaran produknya yang tetap diminati penggemar fanatiknya.

Khusus kelas sport entry level, selain Suzuki lewat Thunder 125, Bajaj pun telah meruilis seri Pulsar lewat dua andalannya, XCD 125 dan XCD 135. Sedangkan Yamaha dan Honda masih belum melirik kelas ini yang sebenarnya sangat potensial untuk digarap.

Jika saja Yamaha jeli, tampaknya salah satu line up-nya di kelas 125 cc dengan pengabut bahan bakar injeksi, bisa dijadikan acuan dan cocok untuk dipasarkan di sini. Ya, model Yamaha seperti YBR 125 diyakini sangat cocok dengan tipikal pengendara di Indonesia, khususnya di kota-kota besar seperti Jakarta yang kerap didera kemacetan. Untuk YBR 125 versi tahun 2010 seperti yang diungkap autoevolution, telah mengalami beberapa perubahan seperti pada panel instrumen, desain knalpot baru, dan beberapa detail yang disempurnakan. YBR 125 sangat ideal untuk pemula atau pengendara yang menginginkan kenyamanan dan kemudahan di kota besar. Dengan mesin empat langkah silinder tunggal, YBR 125 mampu menyemburkan tenaga hingga 10 hp pada kitiran 7800 RPM.

Spesifikasi Yamaha YBR 125:


Engine:
Type: Air-cooled, 4-stroke, forward inclined single cylinder, 2-valve, SOHC
Displacement: 124 cm3
Bore X Stroke: 2.12 x 2.12 in (54 X 54 mm)
Compression Ratio: 10.0:1
Horsepower: 10/7800 (Hp/RPM)
Torque: 7/6000 lb-ft/RPM (9/6000 Nm/RPM)
Fuel System: Fuel Injection

Transmission:
Gearbox: Constant mesh, 5-speed
Clutch: Wet, multiple disc
Primary Drive: –
Final Drive: Chain


Chassis:
Frame: Diamond shaped
Front Suspension: Telescopic forks
Rear Suspension: Swingarm
Front Brake: Single disc, Ø 245 mm
Rear Brake: Drum, Ø 130 mm


Dimension:
Overall Length: 77.9 in (1979 mm)
Overall Width: 29.3 in (744 mm)
Seat Height: 30.7 in (780 mm)
Wheelbase: 50.7 in (1288 mm)
Ground Clearance: 6.8 in (173 mm)
Weight: 273 lbs (124 kg)
Fuel Capacity: 3.43 gallons (12.98 l)


Tyre:
Front: 2.75-18 42P
Rear: 90/90-18 M/C 57P

Jika pihak Yamaha Kencana Motor Indonesia berencana membawa dan memproduksinya di Indonesia, diyakini pasar sport di kelas 125 cc akan kembali bergairah. Apalagi jika harganya dibanderol di kisaran 16-17 juta rupiah. Harga tersebut bisa saja dianggap realistis dengan tetap mengusung pengabutan injeksi, sekaligus melengkavi varian injeksi yang sudah lebih dulu diusung V-ixion.

Tapi siapa tahu Honda juga tengah melirik pasar yang sama. Hmmm…

2 thoughts on “Kelas Sport 125 cc yang Menggiurkan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s