Mobil Anda Lebih Kotor daripada Toilet Umum?


Bagi pemilik mobil, tulisan ini boleh jadi akan mengingatkan kembali kondisi mobil Anda, khususnya bagian interior. Ya, percaya atau tidak, pada sebuah lingkar kemudi mobil telah ditemukan kondisi yang sembilan kali lebih kotor dari tempat duduk toilet umum. Pernyataan tersebut merupakan hasil dari sebuah studi baru di Inggris.

Para peneliti dari Queen Mary University di London telah menemukan bahwa rata-rata 700 bakteri hidup di setiap inci persegi dari lingkar kemudi. Sedangkan daerah yang sama dari toilet rata-rata hanya ditemukan 80 bakteri. Direktur ilmu biomedis di Queen Mary University, Dr Ron Cutler, mengatakan bahwa salah satu kutu busuk yang paling umum ditemukan di kabin mobil adalah cereus basil yang juga bisa ditemukan dalam nasi, pasta, dan kentang, serta dapat menyebabkan keracunan makanan. “Meskipun bakteri yang paling tidak menyebabkan masalah kesehatan, beberapa mobil yang ditemukan berpotensi mengganggu yang disebabkan oleh sejumlah jenis bakteri berbahaya,” kata Dr Cutler kepada Daily Mail. “Kebanyakan orang membersihkan rumah mereka tetapi mengabaikan untuk membersihkan mobil dan mengemudi dalam kendaraan seperti tempat sampah.”

Hasil penelitian menunjukkan bahwa 42 persen dari pengendara secara teratur makan di mobil mereka, tetapi hanya sepertiga interior dibersihkan setidaknya sekali setahun. Sepuluh persen dari pengemudi di Inggris mengaku tidak pernah membersihkan interior mobil mereka. Studi ini menemukan daerah terkotor dari lantai mobil, dengan 1000 bakteri dalam setiap satu dan satu setengah inci persegi lapisan lantai. “Sebuah mobil adalah tempat yang tepat bagi kuman untuk berkembang biak, terutama jika Anda makan di dalamnya dan meninggalkan sampah atau makanan yang dimakan di sekitarnya,” kata Dr Cutler. Saran Dr Cutler adalah sederhana, “Untuk menghindari potensi resiko kesehatan akan lebih bijak untuk secara teratur membersihkan bagian dalam mobil dan keluar.”

Sumber: caradvice

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s