Honda New MegaPro Dongkrak Penjualan AHM


Penetrasi Honda dalam angka penjualan sepeda motor di Indonesia terus menguat. Salah satunya lewat kontribusi penjualan tipe motor sport Honda yang pada bulan Maret 2011 melonjak 43% dibandingkan dengan bulan yang sama tahun lalu. Kehadiran Honda New Megapro dan Honda CBR250R terbukti berhasil memperkuat penetrasi PT Astra Honda Motor (AHM) di kelas motor sport.

Penjualan tipe sport Honda pada bulan ketiga tahun ini tercatat 24.217 unit. Sedangkan bulan yang sama tahun lalu hanya mencatat 16.932 unit. Secara kumulatif, penjualan tipe sport Honda periode Januari-Maret tercatat 65.864 unit atau naik 44,3% dibandingkan dengan triwulan pertama tahun sebelumnya yang hanya 45.628 unit.

Honda New MegaPro yang dirilis Agustus 2010, pada bulan lalu terjual sebanyak 17.975 unit. Sedangkan secara year to date tahun ini (Januari-Maret) penjualannya tercatat sebanyak 51.088 unit.
Lini produksi Honda New MegaPro (Foto: AHM)

Sementara Honda CBR250R yang baru dirilis ke pasar pada akhir Februari tahun ini juga berhasil melakukan penetrasi yang cukup signifikan, khususnya di kelas sport premium 250 cc. Pada bulan lalu, flagship sport AHM ini terjual sebanyak 1.167 unit atau naik 342% dibandingkan dengan bulan Februari.

“Sebagai pendatang baru, Honda New MegaPro mendapat sambutan yang luar biasa di kalangan konsumen. Setidaknya ini tercermin dari pencapaian penjualan sepanjang triwulan pertama tahun ini. Hal yang sama juga dialami oleh Honda CBR250R,” ujar Senior General Manager Sales Division AHM Sigit Kumala dalam keterangan pers yang diterima Senin (11/4) sore.

Di kelas sport, Honda juga memiliki dua jagoan lai. Honda Tiger pada triwulan pertama tahun ini terjual sebanyak 9.327 unit sedangkan penjualan CS1 tercatat 3.686 unit.

Secara keseluruhan penjualan AHM di pasar domestik pada bulan Maret 2011 tercatat 338.447 unit atau tumbuh 16,2% dibandingkan dengan bulan yang sama tahun lalu. Secara kumulatif, penjualan AHM pada tiga bulan pertama tahun ini tercatat 989.862 unit atau tumbuh 32% dibandingkan dengan Januari-Maret tahun 2010.

Tipe skutik pada bulan Maret tercatat terjual sebanyak 189.158 unit atau melonjak 95% dibandingkan dengan bulan yang sama 2010 yang hanya 97.039 unit. Secara kumulatif pada Januari-Maret 2011, penjualan skutik AHM tercatat 518.136 unit atau meningkat 88,7% dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu yaitu 274.633 unit.

“Sejak awal Januari Honda sudah menjadi raja baru skutik di tanah air. Honda BeAT masih menjadi penyumbang terbesar penjualan skutik AHM pada triwulan pertama tahun ini. Vario series dan skutik retro modern Scoopy juga memberikan kontribusi yang signifikan,” kata Sigit Kumala menambahkan.

Di kelas bebek, penjualan AHM di pasar domestik juga mencatat angka penjualan yang cukup signifikan dengan total penjualan 405.862 unit. Kehadiran varian baru Honda Absolute Revo dengan harga yang lebih terjangkau yaitu Revo Fit dan Honda Supra X125 dengan tampilan striping terbaru diharapkan akan semakin memperkokoh posisi Honda di kelas sepeda motor bebek di Indonesia.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s