New Captiva SS MY2011 dengan Fitur Unggulan di Kelas SUV


Pembaruan telah dilakukan oleh Chevrolet terhadap SUV unggulannya. Ya, Chevrolet Captiva SS MY2011 yang bermesin bensin Ecotec berkapasitas 2.4L menawarkan hal baru, terutama jika dilihat dari kode SS (Super Sport). Salah satu teknologi terbarunya adalah DCVCP (Double Continuosly Variable Cam Phaser) dan transmisi otomatis HydraMatic 6-speed.

Kemampuan mesin terbaru Chevrolet Captiva Ecotec 2.4L DOHC dengan DCVCP terbukti menghasilkan performa dahsyat dengan tingkat konsumsi bahan bakar lebih hemat. Peningkatan tenaga sebesar 27 hp dari 144 hp di model MY2010 membuat Captiva SS hanya bisa mengkonsumsi bahan bakar Pertamax atau Shell Super dan bahkan beroktan lebih akibat tingginya kompresi di angka 10,1:1. Mesin long stroke ini lebih efisien, ramah lingkungan (Euro3), dan bebas perawatan hingga 100 ribu km. Hebatnya, konsumsi bahan bakarnya meningkat menjadi 14 kpl di kecepatan 80 kpj konstan.
Mesin Ecotec adalah mesin hasil rekayasa para pakar General Motors (GM). Awalnya masuk sebagai keluarga Opel GM Family II Engine yang dikembangkan tenaga ahli dari Opel Internasional Technical Development Center di Russelheim, Jerman pada 1970, dan merupakan mesin pertama GM yang dilahirkan khusus secara global.

Setelah tiga dasawarsa, nama Ecotec diadopsi pada GM Family II Engine generasi terbaru yang menggunakan bahan alumunium pada blok mesinnya. Mesin Ecotec dikenal piawai menghasilkan emisi rendah, dapat mengkonsumsi ethanol 20 persen. Selain itu memiliki fleksibilitas yang tinggi sehingga mampu memenuhi kebutuhan dan keinginan pengendara di seluruh dunia. Karakternya halus, bertenaga dan sangat minim getaran. Mesin baru ini berbobot lebih ringan 27 kg dari mesin Captiva MY2010 yang berbobot 167 kg berkat pemakaian blok aluminium. Mesin Ecotec Captiva SS dengan kode LE-9 yang menjadi salah satu mesin dengan jumlah populasi tertinggi di dunia ini memiliki tenaga maksimum 171 PS dan torsi maksimum 225 Nm.

Chevrolet Captiva SS adalah varian baru di jajaran Captiva melengkapi diesel VCDi dan diesel VCDi AWD. Kehadiran model baru ini dharapkan konsumen dapat lebih leluasa memilih dan menikmati Captiva SS yang lebih bertenaga dengan bahan bakar yang efisien. “Hadirnya Captiva SS juga membuktikan keseriusan kami dalam menggarap segmen SUV di tanah air,” ujar Mukiat Sutikno, Managing Director GM Autoworld Indonesia.
Mesin 2.4L Ecotec sendiri sebenarnya sudah diaplikasi di banyak mobil GM, seperti Chevrolet Equinox, Buick LaCrosse, Buick Regal, Opel Antara, dan Chevrolet Captiva yang dipasarkan di Meksiko. Menariknya lagi, mesin ini pernah menyabet beberapa penghargaan dari berbagai negara karena keunggulan teknologinya.
Tidak hanya unggul di sektor dapur pacu, Captiva SS juga hadir dengan dukungan transmisi HydraMatic otomatis enam percepatan. Transmisi ini memberikan rasio gir lebih rapat sehingga menjamin akselerasi lebih cepat, halus, menyenangkan, dan meningkatkan efisiensi kinerja sistem penggerak secara keseluruhan.

Transmisi HydraMatic enam percepatan menjamin Captiva SS dapat melaju dalam kecepatan tinggi dengan putaran mesin yang rendah sehingga konsumsi bahan bakar menjadi lebih efisien. Captiva SS juga dibekali fitur kemewahan baru yakni meter cluster supervision dengan warna kombinasi putih, biru, hijau, dan merah yang berhasil menambah suasana kabin lebih nyaman dan futuristik. Suasana nyaman dalam kabin makin lengkap dengan audio hi-end Arkamys 3D Surround Sound (SS) System.
Arkamys 3D SS System menjamin kualitas tata suara menjadi lebih nyaman di telinga semua penumpang berkat kejernihan dan kemampuan sistem ini yang mampu memberikan tata letak suara (sound staging) yang sempurna. Head unit Captiva SS pun menawarkan kemudahan konektivitas dengan adanya usb port dan auxiliary input yang memungkinkan penumpang menikmati lagu dari ipod, flash drive, dan external hard disc.
Chevrolet Captiva SS yang memiliki kunci foldable yang tampil lebih mewah dan fungsional, memberikan pilihan warna Black Sapphire, Royal Grey, Sterling Silver, Sparkling Tan, Alpine White, dan Tornado Red. Harga Chevrolet Captiva SS dibanderol Rp 313 juta (on the road DKI Jakarta).

Spesifikasi Chevrolet Captiva SS
Mesin Ecotec 2.4L DCVCP Ethanol 20
• Tenaga maksimum : 171 PS
• Torsi maksimum 225 Nm
• Pertama di kelasnya; Dual Variable Valve (Double Continuosly Variable Cam Phaser)
• Pertama di kelasnya; Transmisi otomatis HydraMatic 6 percepatan
• Meter Cluster Supervision
• Pertama di kelasnya; Audio Hi-End Arkamys 3D Surround Sound System
• USB Port dan Auxiliary In
• Foldable Key

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s