Daihatsu Catat Rekor di Kuartal Pertama 2011


Kuartal pertama 2011, pada bulan Maret Daihatsu berhasil mencetak penjualan retail sebanyak 11.168 unit. Dengan demikian, total retail sales selama periode Januari–Maret 2011 sebanyak 32.195 unit. Angka tersebut sekaligus memastikan posisi Daihatsu tetap di peringkat kedua penjualan retail nasional. Menariknya lagi, jika dibandingkan dengan kuartal pertama 2010, maka penjualan Daihatsu growth sebesar 132%. Meski di negara prinsipalnya, Jepang, baru dilanda gempa bumi dan tsunami 11 Maret 2011 lalu, namun angka penjualan Daihatsu di Indonesia pada bulan Maret belum terlalu terpengaruh. Bahkan catatan penjualan secara whole sales masih di atas bulan Februari, yaitu 10.186 unit.

Penyumbang penjualan terbesar Daihatsu masih dipegang Xenia sebagai kendaraan favorit keluarga Indonesia, dengan kontribusi sebesar 53% dari total penjualan Daihatsu atau sebanyak 5,956 unit. Angka penjualan Xenia pada bulan Maret meningkat hingga 10% dibandingkan bulan Februari lalu. Kontribusi terbesar kedua disumbang Gran Max di kelas low commercial sebesar 26% dengan total sebanyak 2,920 unit atau meningkat 11% dibandingkan bulan lalu.

Berikutnya, Daihatsu Terios sebagai produk kelas medium SUV dengan kontribusi sebesar 15% yang mencatat angka penjualan sebanyak 1,641 unit atau meningkat 11% dibandingkan bulan lalu. Sedangkan sisanya dipenuhi oleh produk Daihatsu Luxio dan Sirion dengan angka penjualan sebanyak 516 unit dan 135 unit. Walau terlihat total unit Luxio dan Sirion jauh di bawah Xenia, Gran Max, dan Terios, namun persentase peningkatan Luxio dan Sirion lebih tinggi dibandingkan produk yang lain, yaitu berada di kisaran peningkatan di atas 20% dibandingkan Februari.

Menanggapi hal itu, Amelia Tjandra, Direktur Marketing PT Astra Daihatsu Motor mengungkapkan, “Penjualan otomotif nasional selama tiga bulan terakhir ini menguat cukup signifikan bahkan pada bulan Maret market retail nasional mampu menembus angka di atas 80.000 unit. Namun, apakah tren penjualan tersebut akan berlanjut, masih akan kita monitor mengingat efek bencana yang terjadi di Jepang beberapa waktu lalu.”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s