Warna Baru Scoopy 2011


Warna baru Honda Scoopy kembali dirilis PT Astra Honda Motor (AHM) untuk memenuhi permintaan pecinta skutik retro-modern dan memberikan pilihan yang beragam ke konsumen. Hal ini terkait dengan tren pertumbuhan pasar sepeda motor skutik berkembang sangat pesat. Saat pertama kali AHM masuk ke segmen ini pada 2006 silam, pangsa pasar skutik nasional baru mencapai 8,3% atau 371.166 unit. Dalam kurun waktu empat tahun, pangsa pasarnya melambung menjadi 45,64% atau 3.376.536 unit pada 2010.

Pada tahun 2011 ini, skutik semakin digdaya dan penjualannya melampaui kategori bebek untuk kali pertama. Berdasarkan data AISI periode Januari–Februari, kontribusi penjualan skutik terus menguat hingga mencapai 627.179 unit atau 49% dari pasar nasional. Bandingkan saja dengan kategori bebek yang pada periode sama mencapai 547.664 unit atau 42,8% pangsa pasar. Komitmen AHM dalam menggarap pasar skutik terlihat dari penguatan pada kategori skutik diikuti oleh penguatan penjualan skutik Honda yang berhasil mendominasi penjualan dengan jumlah 328.978 unit atau 52,45% dari total pasar skutik di tanah air dan mengukuhkan Honda sebagai Raja Baru AT yang diraih sejak awal Januari 2011. Pencapaian fantastis skutik Honda tersebut turut disumbangkan oleh kontribusi Honda Scoopy sebesar 13% dari total skutik Honda.

Honda Scoopy yang diluncurkan Mei 2010 lalu, sekaligus menandai kepeloporan AHM melahirkan skutik berkarakter unik dengan desain retro-modern yang mengisi pasar ‘blue ocean’, sekaligus untuk memenuhi kebutuhan gaya hidup anak muda yang ingin tampil beda. Kehadirannya di tengah persaingan skutik berkarakter sporty mendapat apresiasi yang luar biasa tidak hanya dari anak muda yang ingin tampil beda, namun juga dari kalangan dewasa yang menyukai gaya klasik bernuansa modern. Antusias masyarakat terhadap Honda Scoopy pada akhirnya memperkuat image AHM sebagai pioner skutik retro-modern di Indonesia. Dengan kebutuhan yang semakin meningkat, akhirnya memaksa AHM untuk menaikkan kapasitas produksinya secara bertahap.

Hal itu diungkapkan Executive Vice President Director AHM Johannes Loman yang mulai awal Januari memutuskan menaikkan kapasitas produksi bulanan Honda Scoopy menjadi 25.000 unit dari sebelumnya yang hanya 14.000 unit perbulan. Untuk memperkuat posisi sebagai sepeda motor unik di pasar domestik, AHM tetap menjaga penyegaran Honda Scoopy agar selalu menawarkan sesuatu yang baru dan berbeda bagi kalangan muda. Di antaranya melalui penambahan warna biru dan merah yang ‘fun & playful’ (seru dan ceria). Selain itu untuk kalangan dewasa, AHM tetap menghadirkan konsep modern berkelas dengan memperbaharui kombinasi warna Retro Pink serta mempertahankan warna Classic White dan Vintage Violet.

President Director AHM Yusuke Hori pun menambahkan bahwa Karakter desain Honda Scoopy yang unik sangat diapresiasi oleh berbagai kalangan di masyarakat dan bahkan kini menjadi tren baru di Indonesia. “Kami yakin bahwa penyegaran warna tersebut akan lebih menarik minat masyarakat untuk mengikuti tren ‘Scoopy Fever’ saat ini”, ujarnya.

Scoopy dibekali dengan desain retro-modern yang belum pernah dimiliki oleh pabrikan lain di Indonesia. Tampilan serba bulat terlihat hampir di seluruh desain skutik baru ini, yaitu mulai dari bodyline, desain lampu depan, lampu sein, hingga sepasang spion kembarnya. Lampu bulat Scoopy dilengkapi dengan lampu senja dengan multireflektor yang membuat pencahayaannya terang dan jangkauannya lebih luas. Dua lampu sein bertekstur yang dipasang terpisah dari bodi, mempertegas kesan retro-modern, sekaligus membuat Scoopy ini mudah dikenali dari sisi depan maupun samping. Kesan modern juga terlihat dari sisi samping Scoopy tampil dengan striping simple, emblem bergaya, serta tampilan belakang yang serba membulat. Tampilan semakin menarik juga terlihat pada velg racing, spion, dan pelindung knalpotnya yang tematis berwarna putih, tampil serasi dengan kombinasi warna bodinya yang semakin menegaskan genre retro-modern skutik bermesin 110 cc ini.

Spesifikasi Honda Scoopy

Dengan adanya penyegaran warna, Honda Scoopy saat ini memiliki lima varian warna yaitu Classic White, Retro Pink, Vintage Violet, Candy Red, dan Sugar Blue. AHM akan memasarkan skutik barunya ini tanpa kenaikan harga dari harga sebelumnya yaitu Rp13.550.000 (on the road DKI Jakarta).

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s