Honda Crossrunner lebih baik dari Ducati Multistrada?


Honda Crossrunner telah menjadi sepeda motor favorit sejak pertama kali muncul di NEC’s Motorcycle Live, November 2010 lalu. Kemunculan itu sekaligus menjadi debut pertamanya di Inggris.
Editor uji jalan Motorcycle News, Phil West, baru-baru ini telah menguji Crossrunner terbaru milik Honda di Mallorca, Spanyol. Beberapa kesan singkatnya coba diungkap West dalam kesempatan pertama menjajal Croosrunner.
Menurut West, wajar bila ada yang cukup sinis dan bahkan menampik Crossrunner tak lebih dari Honda VFR800 yang hanya berganti baju. Namun West juga mengungkapkan bahwa Crossrunner memiliki hal yang jauh lebih baik dari VFR800. “Ya, sasis, frame, dan suspensi hampir identik dengan VFR800. Tapi tidak ada yang salah dengan itu semua. Bahkan dibuat lebih baik lagi. Yang paling krusial bisa dilihat dari mesin yang secara signifikan telah dimodifikasi lewat desain knalpot baru yang menghasilkan suara lebih halus”.

Honda Crossrunner (MCN)

West pun merasakan secara langsung bahwa tingkat ergonominya telah dimodernisasi dan membuat Crossrunner sangat nyaman dikendarai. Hal itu telah dibuktikannya di beberapa ruas jalan di Mallorca yang berliku.
“Secara keseluruhan, Crossrunner menjadi produk Honda yang “Easy Fun”, atau dengan kata lain Crossrunner ini sedikit seperti Ducati Multistrada tapi dengan daya V4 yang grunty, sentuhan yang lebih modern, dan berkelas”.



Di Inggris, harga sepeda motor tipe touring Honda ini dibanderol 9.075 poundsterling atau sekitar Rp 127 juta. Crossrunner terbaru memang telah dirancang demi kenyamanan pembonceng dengan kursi belakang yang lebih rendah serta memudahkan pengaturan posisi. Posisi duduk pembonceng pun dapat diatur pada tingkat yang sama dengan pengendara, sekaligus memberikan perlindungan dari terpaan angin.
Dengan piranti sistem pengereman ABS dan penggunaan konfigurasi stang lebar menghasilkan pengendalian yang cepat, akurat, dan responsif. Pilihan warnanya pun menarik seperti hitam-silver, putih mutiara-matt silver, dan candy colour-Silver. Honda juga menyediakan berbagai perlengkapan aksesoris asli seperti tempat penyimpanan berkapasitas 29 liter dan boks samping berkapasitas 31 liter, pemanas grip, serta windscreen yang lebih tinggi.

Spesifikasi:
Engine: Liquid-cooled, 90-degree V-Four
Displacement: 782cc
Bore x Stroke: 72 x 48mm
Compression Ratio: 11.6 : 1
Peak Horsepower: 100 horsepower at 10,000 rpm (claimed)
Peak Torque: 53.7 lb-ft at 9,500 rpm (claimed)
Fueling: PGM-FI electronic fuel injection
Transmission: six-speed
Final Drive: Chain
Frame: Aluminium twin-spar
Front Suspension: 43mm fork with stepless preload adjustment, 6.5 inches travel
Rear Suspension: Pro-Link with gas-charged HMAS damper, 7-step preload and stepless rebound damping adjustment, 5.7 inches axle travel
Front Wheel/Tire: 17 x 3.50, 120/70
Rear Wheel/Tire: 17 x 5.50, 180/55
Front Brake: 296mm dual floating hydraulic disc with 3-piston calipers, C-ABC and sintered metal pads
Rear Brake: 256mm hydraulic disc with 2-piston caliper, C-ABS and sintered metal pads
Wheelbase: 57.6 inches
Rake / Trail: 25° 45′ / 3.8 inches
Seat Height: 32.1 inches
Curb Weight: 530 pounds
Fuel Tank: 4.73 gallons

One thought on “Honda Crossrunner lebih baik dari Ducati Multistrada?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s