Berapa Lama Usia Helm?


Saya pernah mendengar ada anggapan bahwa helm murah memiliki usia pakai sekitar dua tahun. Sementara pada helm yang lebih mahal umumnya memiliki usia pakai hingga lima tahun. Setelah melewati usia pakai, maka helm tersebut harus diganti terlepas dari apakah helm tersebut pernah jatuh atau tidak.

Pertanyaannya adalah, apakah pendapat seperti itu bisa dibenarkan atau ada penjelasan lainnya yang lebih masuk akal?

Setahu saya, produsen helm berkualitas akan memberikan usia pakai helm sekitar lima tahun dengan catatan digunakan dalam kondisi normal atau rata-rata. Namun demikian, rasanya saya tidak pernah berpikir helm yang lebih “murah” hanya memiliki usia pakai yang lebih pendek karena semua material helm yang sama banyak digunakan dalam konstruksinya untuk memenuhi standar keselamatan yang relevan, seperti Standar Nasional Indonesia (SNI) atau DOT dari Amerika Serikat. Pendapat tentang usia pakai yang lebih lama, menurut saya bisa juga berpotensi menyesatkan pengguna helm.

Nah, tampaknya perlu ada aturan agar setiap produsen diwajibkan mencantumkan usia pakai bagi setiap helm yang dijualnya. Atau Anda punya tanggapan lain?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s