Toyota Town Ace?


Siapa tak kenal dengan produk kolaborasi Toyota dan Daihatsu? Lihat saja Rush dengan Terrios serta Avanza dengan Xenia. Itu merupakan jajaran produk Toyota dan Daihatsu dengan platform yang sama dan dipasarkan di Indonesia.
Namun, mungkin tak banyak yang tahu jika salah satu produk Daihatsu yang dipasarkan di Indonesia, Gran Max, juga diproduksi oleh Toyota. Lho, lalu apa nama produk tersebut?
Supaya tidak penasaran, coba dilihat dulu sosok pick-up ini.
Toyota Town Ace pick-up.

Ya, sekilas pasti dengan mudah akan menyebut Daihatsu Gran Max. Tapi tunggu dulu! Coba perhatikan emblem logo pada bagian depan serta nama pada plat nomornya. Dengan model setali tiga uang dengan Daihatsu Gran Max, inilah produk ekspor Daihatsu atas nama Astra Daihatsu Motor di Indonesia yang dikirim ke Jepang yang dijual dengan nama Toyota Town Ace.
Banyaknya mobil yang hancur ditambah belum beroperasinya pabrik mobil dan komponennya akibat gempa dan tsunami yang melanda Jepang 11 Maret lalu, berimbas bagi peningkatan nilai ekspor PT Astra Daihatsu Motor (ADM). Ya, Daihatsu Gran Max yang di Jepang dikenal sebagai Toyota Town Ace menjadi produk laris di pasar otomotif Jepang saat ini.
Toyota Lite Ace dan Toyota Town Ace versi minibus.

Kondisi tersebut diakui Amelia Tjandra, Direktur Marketing ADM di sela peresmian dealer Daihatsu Cibubur, Rabu (30/3). Diakuinya, saat ini Gran Max sedang banyak dibutuhkan di Jepang. “Karena pasokan mobil disana sedang terhenti akibat pabrik yang tutup dan stok yang rusak,” ujar Amelia.
Produk seperti Toyota Town Ace memang sangat dibutuhkan karena di Jepang saat ini sangat membutuhkan kendaraan yang memiliki daya angkut yang besar dan juga hemat bahan bakar. Pihak ADM sendiri hingga kini mampu mengekspor Toyota Town Ace di kisaran 800 hingga 1.000 unit setiap bulannya. “Kami belum berani menambah pasokan ke Jepang karena kapasitas produksi yang terbatas, serta suplai spare part dari Jepang juga masih terganggu,” kata Amelia menambahkan.

2 thoughts on “Toyota Town Ace?

  1. Kerja sama yg bagus antar dua merk dan dua Negara…..,semoga yg dijual disini punya mutu yg sama dgn yg di export ke Jepang

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s