SMS Tetap Optimal di Malam Tahun Baru


Performa layanan komunikasi Telkomsel terbukti dalam kondisi yang sangat optimal di malam pergantian tahun. Trafik SMS (short message service) Telkomsel di Tahun Baru 2011 mengalami kenaikan mencapai 1.800 juta SMS atau melonjak 136 persen dari jumlah SMS hari biasa sekitar 763 juta SMS per hari. Angka 1.800 juta SMS ini juga meningkat 89 persen dibandingkan trafik SMS pada awal tahun baru 2010. “Upaya kami dalam menghadirkan layanan berkualitas melalui penggelaran jaringan dalam rangka menghadapi periode pergantian tahun baru telah direspon positif dan dimanfaatkan oleh pelanggan secara optimal. Berkat semua persiapan yang kami lakukan untuk meningkatkan kapasitas jaringan dalam skala besar, tahun ini lalu lintas SMS di periode Tahun Baru cukup padat namun pelanggan tetap dapat mengirim SMS ucapan ‘Selamat Tahun Baru’ dengan nyaman dan tingkat keberhasilan pengiriman SMS yang baik,” ungkap Direktur Utama Telkomsel, Sarwoto Atmosutarno.

Saat pergantian tahun, tercatat secara berturut-turut trafik SMS paling tinggi terjadi pada tanggal 31 Desember 2010 (950 juta SMS), lalu tanggal 1 Januari 2011 (848 juta SMS). Telkomsel berhasil mengantisipasi kenaikan trafik SMS tersebut melalui peningkatan kapasitas SMS Center dari 60.000 SMS/detik tahun lalu menjadi sanggup memproses 80.000 SMS/detik. Sedangkan penggunaan layanan komunikasi untuk menelpon meningkat menjadi 310 juta panggilan pada puncak pergantian tahun, di mana trafik yang sukses dilayani 1.080 juta menit atau melonjak 13 persen dibanding trafik suara di hari normal. Demikian pula dengan layanan MMS yang terjadi kenaikan trafik sebesar 75 persen menjadi 1.100 ribu MMS dari trafik MMS sehari-hari 630 ribu MMS. Untuk layanan data, terjadi penurunan trafik sebesar 11 persen menjadi 56 Tera Bytes dari trafik data sehari-hari 63 Tera Bytes per hari.

Menurut Sarwoto, secara umum tidak ada kendala berarti yang dialami Telkomsel dalam menghadirkan kelancaran dan kenyamanan berkomunikasi pelanggan menjelang momen pergantian tahun. Telkomsel secara rutin telah melakukan kegiatan pengecekan jaringan untuk mempersiapkan terjadinya lonjakan trafik komunikasi yang signifikan, terutama yang biasa terjadi pada setiap Hari Raya Idul Fitri maupun Tahun Baru. Jika dibandingkan dengan awal tahun 2010, trafik layanan suara di awal tahun ini naik sekitar 29 persen, yang diikuti dengan peningkatan trafik untuk layanan data sebesar 100 persen. Hal ini disebabkan oleh perubahan perilaku komunikasi pelanggan yang lebih suka memanfaatkan layanan data melalui instant messaging (chatting) untuk menyampaikan ucapan “Selamat Tahun Baru”.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s