SEMANGAT FAIR PLAY


Sejumlah laga di Liga Primer Indonesia kembali diwarnai kartu merah. Bahkan dari sembilan laga pada pekan lalu, sebanyak tujuh kartu merah dikeluarkan wasit. Banyak faktor yang menyebabkannya. Di antaranya adalah kepemimpinan wasit, tensi pertandingan yang tinggi, serta ketatnya persaingan di antarklub peserta LPI. Itu artinya aturan dan hukuman harus benar-benar ditegakkan. Juru bicara LPI Abi Hasantoso pun angkat bicara. Abi memastikan bahwa kacaunya aturan dan hukuman yang kerap terjadi di kompetisi sepak bola tanah air, tak akan terjadi di LPI. “Aturan di LPI dibuat dengan ketat, termasuk untuk menutup celah serapat mungkin dari kemungkinan suap,” ujar Abi.
Kinerja wasit di LPI memang sempat dikeluhkan beberapa pelatih. Namun semangat fair play tetap digaungkan LPI. Siapa pun tak berharap banyak kartu keluar. Yang jelas, kepemimpinan wasit di lapangan harus didukung untuk menjunjung tinggi fair play. Kartu merah atau kuning adalah bagian tugas wasit.

Javier Rocha yang mendapat kartu merah saat timnya Batavia Union menjamu PSM Makassar (6/2), bisa jadi contoh positif. Tanpa protes dan langsung meninggalkan lapangan, Rocha sempat menyalami wasit dan melambaikan tangan ke arah penonton. Ya, pemain asing seperti Lee Hendrie (Bandung FC), Amancio Fortes (Semarang United), Emanuel De Porras (Jakarta 1928), Ilija Spasojevic (Bali Devata), dan yang lainnya harus bisa memberikan contoh, termasuk David Micevski, pemain gelandang Australia yang membela Solo FC saat menjamu Bogor Raya FC, Sabtu (12/2) pekan ini. Semangat fair play itu diharapkan bisa menular kepada suporter dan semua yang terlibat di LPI.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s