Onno W Purbo: Semua Pihak Harus Siap


Kehadiran IPTV di Indonesia memang layak ditunggu. Dengan berbagai aspek kemudahan, teknologi, serta manfaatnya bagi pengguna, termasuk fiturnya yg mudah dikostumisasi, rasanya tak perlu menunggu lebih lama lagi. Menurut pengamat teknologi informasi Onno W Purbo, secara umum kehadiran IPTV di Indonesia akan mengenakkan semua pihak. “Saya lebih melihat dari sisi kebutuhan perangkat pemancarnya. Kalau dulu kita butuh pemancar TV yang harganya milyaran, tapi sekarang pakai server kelas-kelas 10 juta-an juga bisa kok,” tanggap Onno.

Walau begitu, Onno juga menyoroti kesiapan stasiun televisi dan juga provider-nya. Salah satunya adalah persoalan bandwith yang di Indonesia kerap masih jadi keluhan pengguna. Menurutnya, untuk televisi membutuhkan bandwidth yang lebar, karena jika tidak, dipastikan bisa putus-putus saat menontonnya. Kalau dari sisi client (pengguna), lanjut Onno, harusnya semua sudah siap. “Kecuali biasanya biaya buat akses ke internet-nya saja, maklum di Indonesia akses internet kan masih terbilang mahal,” ujarnya.

Sebagai pembanding, Onno W Purbo yang belum lama ini berkunjung ke Thailand, merasakan di sana bisa berinternet-ria hingga 5-6Mbps dengan biaya Rp. 200.000-an saja. “Pusing kepala deh kalau itu bisa kejadian di Indonesia,” pungkasnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s