Mobil Korea Semakin Dicari


Dalam sejarah industri otomotif di Indonesia, pasar otomotif di Indonesia memang dikuasai oleh produsen asal Jepang. Tidak heran jika hingga kini pangsa pasar otomotif di Indonesia lebih didominasi mobil-mobil seperti Toyota, Daihatsu, Mitsubishi, Suzuki, Nissan, maupun Honda. Namun tidak demikian halnya dengan sebagian pandangan konsumen. Tak kenal maka tak sayang. Mungkin itulah gambaran yang lebih tepat tentang pandangan konsumen terhadap mobil-mobil produksi Korea yang kerap dianggap sebelah mata. Walau begitu, mobil-mobil merek Hyundai dan Kia, mulai dari kelas city car hingga varian premium tetap mudah ditemukan dan bersliweran di jalan raya. Sebenarnya masih ada dua merek Korea yang sempat mewarnai jalan-jalan di Indonesia, yaitu Daewoo dan Ssangyong. Ssangyong sempat mengeluarkan produk-produknya seperti Rexton, Musso, Korando, Kallista, dan Actyon. Namun Daewoo dan Ssangyong akhirnya kalah bersinar dibanding Hyundai dan Kia yang semakin mendapat tempat di hati konsumen.

Kesuksesan Hyundai dan Kia juga bisa dilihat dari penjualan mereka di Indonesia. Bahkan Kia yang menjadi official partner Piala Dunia (PD) 2010 dan juga Hyundai, kini menjadi penantang serius bagi produk Jepang. Lihat saja Hyundai kini mengandalkan Avega untuk kelas sedan. Harganya yang murah meriah membuat konsumen banyak memburu mobil ini. Sedangkan Kia tampil dengan city car Picanto. Dengan posisi ini, jelas bahwa mobil-mobil Korea mempunyai potensi di pasar otomotif Indonesia. Hal itu diakui oleh Romy Kurniawan (27) dari Andi Jaya Motor yang mulai menggeluti layanan perbaikan mobil-mobil merek Korea sejak tahun 2003. “Preseden kurang baik terhadap mobil-mobil Korea memang kerap didengar. Namun kualitas mobil Korea kini sudah semakin jauh membaik, terutama sejak awal tahun 2000-an,” ujar Romy.

Lihat saja jajaran produk second hand Hyundai seperti Atoz, Accent, Getz, Matrix, Santa Fe, dan Trajet menemani jajaran produk barunya seperti Avega, H1, i-10, i-20, hingga New Tucson. Sementara produk Kia seperti Visto, Picanto, Carrens, Carnival, Sedona, atau Timor, juga masih diburu peminatnya. Untuk segmen mobil penumpang, Kia mengandalkan tiga produk barunya seperti New Pride Sedan, New Pride, dan Picanto Cosmo. “Atoz dan Visto banyak dicari karena hemat bahan bakar. Harganya pun bersaing dengan Suzuki Karimun,” kata Romy.

Khusus untuk kawasan Kelapa Gading, Andi Jaya Motor memang bisa dijadikan rujukan layanan servis mobil-mobil Korea. Tingkat kepercayaan konsumen, menurut Romy, sangat tinggi. Itu pula yang membuat Romy dan empat mekaniknya berani memberikan komitmen atas kualitas kerja dan juga suku cadang yang tersedia. “Soal kualitas servis, kami upayakan konsumen puas. Mobil pelanggan bisa dikerjakan di mana pun lokasinya. Pelanggan bisa ke mal, sementara mobilnya kita kerjakan,” ujar Romy lagi yang kini sudah merekrut empat mekanik andal yang sebelumnya bekerja di bengkel resmi mobil Korea.

Melihat aktivitas layanan servis di Andi Jaya Motor, rasanya tak berlebihan jika pelanggannya memberikan kepercayaan tinggi. Fasilitas seperti engine scan (wireless) sangat membantu dalam mendiagnosa komponen elektronik. Demikian pula untuk fasilitas ganti oli model vakum yang tak mengharuskan membuka dari bawah mesin, serta yang tak kalah pentingnya adalah layanan ketersediaan suku cadang berkualitas dan juga aksesoris lainnya. “Kami berikan layanan layaknya kualitas bengkel resmi dengan mekanik terlatih dan harga yang lebih terjangkau. Kami juga membuat history car setiap mobil yang diservis di sini yang akan menambah nilai jual mobil pelanggan,” kata Romy. Untuk layanan storing (gangguan), pihaknya hanya mengenakan biaya jasa tambahan 50 ribu rupiah. Sementara jika unit mobil dibawa ke bengkel Andi Jaya Motor, pelanggan tak dikenai tambahan biaya alias gratis. Ongkos gratis bisa juga dinikmati konsumen yang hanya ingin mengganti aki baru. Soal pelanggan, Romy mengatakan kebanyakan mereka datang dari kawasan Kelapa Gading dan sekitarnya. Namun Romy juga memiliki beberapa pelanggan dari luar Kelapa Gading, seperti tiga pelanggannya yang berasal dari Cibubur yang mengaku sudah sangat percaya ditangani Andi Jaya Motor.

Menurut Romy, selain memberikan layanan servis, Andi Jaya Motor juga melayani jual beli mobil bekas merek Korea, khususnya Hyundai dan Kia. Mobil-mobil Korea diakuinya kini makin banyak dicari peminat karena beberapa keunggulan yang tidak dimiliki mobil buatan Jepang maupun Eropa. Dengan harga lebih murah, bisa mendapatkan mobil dengan tahun yang lebih muda dan fitur lebih lengkap. “Soal perawatan dan suku cadang juga lebih mudah dan terjamin ketersediaannya,” ujar pria yang baru lulus dari jurusan Hukum Ekonomi Universitas Indonesia ini. Khusus mengenai suku cadang, Romy menjelaskan bahwa suku cadang substitusi mobil-mobil Korea memang tak sebanyak seperti mobil Jepang yang bisa terdiri hingga KW3. Namun demikian, itu menunjukkan suku cadang mobil Korea memiliki kualitas yang dapat diandalkan.

Beberapa tipe mobil Korea yang hingga kini banyak diminati, di antaranya Hyundai Atoz dan Kia Visto. Kedua city car tersebut banyak dicari karena harga yang murah dan bahan bakar yang hemat. Untuk tahun produksi lebih muda, Atoz dan Visto bisa dilepas di kisaran 60 hingga 70 jutaan. Sedangkan tahun produksi yang lebih tua dihargai di kisaran 50 jutaan. Sementara untuk kelas sedan maupun MPV seperti Hyundai Accent dan Kia Carrens produksi awal tahun 2000-an, Romy berani melepas dengan harga 60 jutaan. Belum lagi di kelas premium seperti Hyundai Trajet dan Kia Carnival yang juga banyak diincar konsumen.

Rupanya Romy tak hanya melakoni jual mobil Korea second hand. Bagi konsumen yang ingin memiliki mobil baru, baik Hyundai maupun Kia, Romy siap membantu. Bahkan konsultasi lewat telepon pun siap dilayaninya, termasuk soal layanan servis. Dengan lokasi yang terletak belakang Mal Kelapa Gading, tepatnya di Ruko Pasar Mandiri Blok M-4-D No 39, Kelapa Gading, pelanggan akan lebih mudah menjangkaunya. “Kami melayani after sales service, termasuk ke lokasi pelanggan jika diperlukan. Yang pasti, buat pelanggan kami sediakan diskon untuk suku cadang dan jasa servis,” katanya.

______________

Andi Jaya Motor
Ruko Pasar Mandiri Blok M-4-D No 39, Kelapa Gading, Jakarta Utara
Telepon 0214526085

One thought on “Mobil Korea Semakin Dicari

  1. sy lg cari mobil bekas.. mohon info harga dan ketersediaan Kia Rio 2005 atau hyundai atoz 2001/2002.. thanks.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s