Mengenali Karakteristik Aki


Sebagai salah satu komponen vital, aki menjadi komponen yang kerap diabaikan. Padahal, fingsi aki yang utama adalah kemampuannya untuk membantu menghidupkan mesin. Walau mobil-mobil produk terbaru banyak yang sudah menggunakan aki kering yang bebas perawatan (maintenance free), tetap saja aki memerlukan perhatian dan perawatan.

Contohnya, ada tiga jenis aki merek Massiv dengan karakteristiknya masing-masing. Massiv Ultra untuk penggunaan pada kendaraan komersial (heavy duty). Massiv XP yang memiliki keunggulan dengan performanya yang hemat dan sangat cocok untuk angkutan umum. Sedangkan Massiv Thunder (MF) sangat sesuai bagi pemilik kendaraan penumpang yang mengedepankan power style. Marketing Supervisor PT Wacana Prima Sentosa, Antonius Andrianto, memberikan tip ringan merawat aki dengan mengenali karakteristik aki.
1. Jika pada kepala aki terdapat kerak putih akibat penguapan yang berlebihan, segera bersihkan dengan menyiram air panas untuk menghilangkan keraknya. Jika perlu bisa dibantu dengan sikat kawat.
2. Khusus untuk aki basah, perhatikan ketinggian cairan aki jangan sampai lebih rendah dari indikator lower (rendah) atau lebih tinggi dari indikator upper.
3. Untuk fitur-fitur yang mengandalkan konsumsi aki seperti head unit (audio visual), gunakan seperlunya saja untuk memperpanjang usia aki.
4. Biasakan untuk memeriksa kondisi aki basah, setidaknya sekali dalam seminggu.
5. Gunakan jenis aki yang sesuai dengan kebutuhan.

Ternyata untuk merawat aki sangat mudah. Begitu mudahnya, menurut Manajer Operasional Fast, Tumenggung, wanita pun dijamin bisa dengan mudah merawat salah satu komponen vital mobil kesayangannya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s