Awalnya Dipandang Sebelah Mata


Peran server untuk mengakomodasi kebutuhan semakin dirasakan penting untuk mendukung kinerja, sistem, dan infrastruktur secara keseluruhan. Kini, peran server tak lagi didominasi oleh perusahaan besar, tetapi juga sudah merambah ke berbagai usaha kelas menengah dan juga berskala kecil. Tentu saja kebutuhan tersebut tak hanya menuntut performa yang handal, tetapi juga harga yang semakin terjangkau.

Salah satunya adalah server besutan pabrikan lokal bermerek Rainer. Spesifikasi server Rainer memang nyaris tak berbeda dengan server branded, termasuk dukungan prosesor yang sama oleh Intel Corporation (Intel). Bahkan Manajer IT PT Tempo Inti Media, Handi Darmawan, tak ragu merekomendasikannya. Selain itu, Handi juga mengakui kalau faktor harga yang jauh lebih murah hingga 30% juga ikut menentukan saat memilih Rainer. Sejak sekitar tiga bulan yang lalu, Tempo telah menggunakan dua unit server Rainer tipe rackmount dengan prosesor Xeon 8 Core dan satu unit lainnya tipe pedestial (tower) dengan prosesor Xeon 4 Core. “Dengan budget tahunan yang selalu ditekan setiap tahunnya, server Rainer ini bisa menjadi solusi efisiensi tanpa mengurangi kemampuannya untuk mengakomodasi kebutuhan,” ujar pria yang menangani IT di Tempo sejak tahun 2002.

Dari sisi performa, desain, serta layout infrastruktur di dalamnya, server Rainer memang patut diperhitungkan menjadi server alternatif yang bisa diandalkan. “Awalnya saya sempat memandang sebelah mata. Apalagi selama ini sudah akrab dengan server branded. Sampai ketika unitnya datang, kita lihat juga isinya dengan komponen-komponen yang berkualitas, dan akhirnya server Rainer ini memang layak untuk direkomendasikan,” tambah Handi.

Performa Rainer, diakui Handi, tak kalah dengan server branded. Demikian pula dengan proses instalasi software dan sistem yang sama mudahnya. Handi juga merasa surprise dengan kemampuan Rainer yang merupakan server lokal buatan Indonesia yang mampu bersaing dengan server merek global. “Ini bisa jadi alternatif baru yang bagus bagi IT untuk pengadaan infrastruktur dan sistem informasi yang ada. Walau merek lokal, tapi Rainer ini dengan dukungan Intel dan harga yang kompetitif, termasuk kualitasnya yang oke. Bahkan dalam penggunaannya tidak ada masalah sama sekali,”

Bentuk dan desain server Rainer, secara arsitekturalnya sudah tampil modern seperti server branded pada umumnya. Handi juga mengakui bahwa Rainer merupakan server lokal pabrikan pertama yang digunakannya dan sangat bisa diandalkan. Ibarat pepatah tak kenal maka tak sayang, server Rainer pun kini semakin dipercaya dan bisa diandalkan sebagai server produk pabrikan lokal yang mampu bersaing dengan server branded, termasuk soal harganya yang semakin terjangkau.

One thought on “Awalnya Dipandang Sebelah Mata

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s