Aki, Komponen Vital yang Kerap Diabaikan


Salah satu komponen penting pada sebuah mobil adalah aki. Walau diakui peran pentingnya, kadang justru membuat komponen ini kerap diabaikan, termasuk perawatannya. Beberapa fitur kendaraan, unjuk kerjanya memang tergantung kepada kondisi Aki. Jika tidak dalam kondisi optimal, mesin pun tidak bisa dihidupkan. Dalam perkembangannya pun, kini telah dikenal tiga jenis aki, mulai dari aki basah yang konvensional, aki hybrid, serta aki yang bebas perawatan (maintenance free).

Salah satu merek aki yang menyediakan ketiga jenis aki tersebut adalah Massiv. Dan paling mudah untuk mendapatkannya, konsumen bisa langsung mendatangi gerai Fast yang ada di Jalan Bukit Gading Raya Blok O Nomor 9 di kawasan Kelapa Gading, Jakarta Utara, atau gerai Fast lainnya di Jalan Gatot Subroto (Pancoran), Jakarta Selatan. Fast yang berada di bawah naungan PT Wacana Prima Sentosa, merupakan gerai waralaba yang melayani penjualan aki dan oli berkualitas. Sebagai aki berkualitas tinggi, Massiv memberikan keleluasan pilihan sesuai kebutuhan konsumen dengan rentang harga mulai Rp 499 ribu hingga Rp 1 juta. Menurut Marketing Supervisor Antonius Andrianto, selain Massiv, di gerai Fast juga tersedia berbagai merek aki seperti Yuasa dan G-Force. Di pasaran, menurut pria yang biasa disapa Adrie ini, dikenal ada tiga jenis aki. Pertama, aki basah. Aki jenis konvensional ini paling populer karena masih banyak dipakai. Berisi cairan asam sulfat (H2SO4) sebagai zat elektrolit yang berguna untuk menyimpan arus listrik. Untuk perawatannya, volume cairannya mesti sering diperiksa, setidaknya setiap minggu.

Lalu ada aki hybrid yang bentuknya mirip dengan aki basah. Hanya saja material sel-selnya menggunakan lapisan low-antimonial (minim penguapan) pada sel positif dan kalsium pada sel negatif. Performanya lebih baik, termasuk keunggulan dalam self-discharge-nya. Nah, yang ketiga adalah aki bebas perawatan (maintenance free). Aki ini dikenal dengan sebutan aki MF atau aki kering. Desain khususnya mampu mengurangi penguapan air aki. Massiv pun menawarkan aki kering terbarunya, Thunder. “Untuk mengurangi penguapan, aki MF Thunder menggunakan teknologi double cover dan multilabirin pada sel aki yang mampu mencegah menguapnya air aki pada suhu tinggi. Juga dilengkapi tutup berventilasi dengan flame arrestor sebagai penahan panas untuk mencegah kebakaran,” ujar Adrie.
Mengenai keunggulan layanan, Manajer Operasional Satriawan Agung Prabowo yang akrab disapa Tumenggung, Fast mengacu kepada kebutuhan pelanggan. Mulai dari jam buka gerai yang lebih awal sejak pukul 7.30 hingga tutup lebih akhir pada pukul 22.00. “Kami hanya menjual produk asli dan bergaransi satu tahun berikut pemasangan gratis,” ujarnya.

Selain garansi, kepada pelanggan juga diberikan edukasi tentang perawatan aki termasuk anjuran memeriksakan kondisi akinya setiap bulan. Sejak beroperasi pada tahun 2002, Fast terus berupaya meningkatkan kualitas layanan dan produk yang dibutuhkan konsumen. Berbagai program pun diluncurkan, seperti December Big Sale, Ramadhan Corner, Break Fast in Discount, hadiah (souvenir), dan juga diskon khusus hari rabu untuk wanita. Ya, bagi wanita, tak ada kata tabu untuk mengenal aki atau komponen lain di mobil kesayangannya. Fast pun siap memberikan edukasi sekaligus memberikan diskon khusus bagi wanita sebesar 5-10% hanya dengan menunjukkan SIM.

Selain aki, Fast juga melayani penggantian oli dari berbagai merek terkemuka dan dijamin keasliannya, serta sejumlah aksesoris favorit lainnya. Bahkan kkhusus gerai Fast di Pancoran, Jakarta Selatan, disediakan pula ban dan fasilitas spooring dan balancing. Dengan kualitas produk dan layanan yang prima, tak heran jika gerai Fast menjadi rekomendasi bagi sejumlah klub otomotif seperti TVCI, TERRUCI, AXIC, Innova Community, dan lainnya. Dengan kartu member khusus, anggota komunitas otomotif akan mendapatkan diskon khusus yang menarik. Dan bagi semua pelanggan, kartu member Fast akan berguna sekali untuk catatan servis, sekaligus berkesempatan mendapatkan poin untuk diskon tambahan. Menariknya, pelanggan tetap bisa mengunjungi gerai Fast di Kelapa Gading maupun di Pancoran kapan saja, karena data pelanggan akan diperbarui otomatis secara online. Rencananya, tahun 2011 ini Fast akan menambah satu gerai lagi di Jakarta Selatan untuk memenuhi kebutuhan pelanggan yang semakin meningkat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s