Honda CS1 jadi Armada Patroli Terbaru Polri


Sebagai Agen Tunggal Pemegang Merek (ATPM) sepeda motor Honda di Indonesia, PT Astra Honda Motor (AHM) termasuk pelopor dan memiiliki komitmen terhadap keselamatan berkendara dengan berbagai program safety riding-nya. Itulah yang menjadi salah satu latar belakang penyerahan bantuan 165 unit Honda CS1 kepada Ditlantas POLRI yang secara simbolis dilakukan dalam apel besar Aksi Peduli Keselamatan Lalu Lintas yang digelar di Taman Nasional Lalu Lintas Saka Bhayangkara Polri, Cibubur, Sabtu, 6 Februari 2009. Peran Polri dalam melakukan pembinaan kepada masyarakat dirasakan sangat penting mengingat angka kecelakaan di jalan raya yang kian meningkat. Demikian pula, dengan ATPM yang memiliki tanggung jawab moral dan ikut berperan dalam menekan jumlah kecelakaan, khususnya yang dialami oleh pengguna sepeda motor di Indonesia.
Penyerahan 165 unit Honda CS1 diterima langsung oleh Kepala Bidan Pembinaan Keamanan Mabes Polri Komisaris Jenderal Polisi Iman Haryatna dari Executive Vice President Director AHM Johanes Loman. Menurut Johanes Loman, penyerahan bantuan unit sepeda motor patroli ini sebenarnya sudah dicanangkan sejak tahun lalu sebagai bagian dari rangkaian pencapaian produksi sepeda motor Honda ke 25 juta unit di Indonesia, awal Oktober 2009. AHM pun mendesain ke-165 unit Honda CS1 dengan piranti boks di kiri dan kanan, sirine, serta melabur cat warna putih sesuai dengan warna sepeda motor untuk patroli polisi.
Dalam kesempatan tersebut, Iman Haryatna mengemukakan angka kecelakaan yang pada tahun 2008 mengakibatkan korban tewas sebanyak 1164 orang dan pada tahun 2009 telah merenggut 1071 korban tewas. “Untuk tahun 2010 hingga 2014, Polri akan mengutamakan peningkatan networking dan partnership building untuk mendukung keselamatan berkendara. Dan itu harus didukung oleh semua pihak, termasuk masyarakat dan klub sepeda motor dan mobil,” ujar Iman Haryatna.
Sekedar gambaran saja, lanjut Iman Haryatna, di kawasan Jakarta dan sekitarnya terdapat sejumlah titik rawan yang kerap terjadi kecelakaan lalu-lintas. Di antaranya tercatat di ruas jalan Daan Mogot, Pesing, Cilincing, DI Panjaitan, serta beberapa titik lainnya seperti di ruas jalan Gatot Subroto di Tengerang dan perempatan Narogong di Bekasi.
Sementara itu, pada kesempatan yang sama Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo menyebut angka 9,5% untuk pertumbuhan kendaraan sepeda motor dan mobil di Jakarta. Fauzi Bowo juga mengakui terjadi resistensi pembebasan tanah dalam membangun infrastruktur yang dibutuhkan, sementara untuk road map realisasinya masih kurang dari 1%. Beberapa solusi juga segera dilakukan seperti perluasan operasional busway hingga ke Bekasi dan Tangerang, kendaraan angkutan massal berbasis rel, kereta bawah tanah (mass rapid transportation), dan pembatasan kendaraan di kawasan tertentu. Selain fly over dan underpass, juga akan dibangun jalan susun. “Termasuk kereta api juga akan direvitalisasi. Kondisi seperti ini harus dibantu oleh kesadaran masyarakat dengan mulai mendukung dan menggunakan angkutan massal. Demikian pula dengan kedisiplinan masyarakat dengan menerapkan UU No, 22 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Tahun 2009,” jelas Fauzi Bowo.
Apel besar Aksi Peduli Keselamatan Lalu Lintas tersebut, juga dihadiri Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Wahyono, para walikota se-Jabodetabek, beragam kalangan masyarakat, termasuk Patroli Keamanan Sekolah (PKS), Pramuka, klub sepeda motor dan mobil, serta Komunitas Pecinta Tertib Lalu-Lintas. Mereka pun membubuhi tanda tangan dan komentar di spanduk yang dibentangkan sebagai bentuk kepedulian.
AHM sendiri secara kontinyu telah menjalin kerja sama dengan Ditlantas Polri melalui berbagai program seperti safety riding dan program lainnya seperti kompetisi antarguru Taman Kanak-kanak se-Jakarta dengan tema “Keselamatan di jalan raya”. Demikian pula dengan BeAT Riding Challenge digelar di 60 SLTA di kota-kota besar se-Indonesia dan akan berlangsung mulai Februari hingga April 2010. Di Taman Nasional Lalu Lintas Saka Bhayangkara Polri, Cibubur, AHM juga telah membangun shelter, gazebo, dan memberikan dua unit Honda Riding Trainer. Sedangkan bantuan 165 unit Honda CS1 yang bernilai sekitar Rp 2,5 milyar ini nantinya akan disebar ke seluruh Polda di Indonesia, sekaligus diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam pengaturan lalu lintas. Menurut Kepala Seksi Pelatihan Subditdiknas Ditlantas Polri, AKBP Subono, bantuan tersebut akan diprioritaskan untuk kawanan Pantura di Pulau Jawa. “Armada patroli di kawasan tersebut masih minim. Dan Pantura memang sangat cocok didukung armada patroli yang lincah seperti Honda CS1 ini. Hasil survey kita juga sudah menunjuk lokasi-lokasi yang akan menjadi tujuan distribusi bantuan unit Honda CS1,” tambah Subono.
Dengan karakternya yang sporty, pemilihan model armada patroli kepada Honda CS1 dirasakan sangat tepat karena sesuai dengan kondisi lalu lintas di Indonesia pada umumnya. Honda CS1 sendiri yang mengusung konsep the top city ride (comfort, speed, dan action), memiliki performa yang andal dengan dukungan mesin 4 tak 125 cc SOHC (single overhead camshaft). Juga sudah dilengkapi liquid cooled engine untuk menjaga kestabilan suhu mesin. Di pasaran, angka penjualan Honda CS1 yang diluncurkap pertama kali pada awal 2008 cukup sukses dengan meraup sekitar 40 ribu unit pada tahun 2009 lalu. Untuk tahun 2010 ini dengan perkiraan kondisi ekonomi semakin membaik, AHM mentargetkan penjualan Honda CS1 meningkat 10%. Namun demikian, Marketing Director AHM Julius Aslan mengungkapkan, pihaknya tetap memiliki komitmen no sales without safety. “Fitur keselamatan akan tetap disematkan pada produk jenis matik yang banyak digunakan oleh pengendara pemula. Keselamatan itu lebih mahal,” ungkapnya sambil mencoba mengingatkan kembali pentingnya keselamatan berkendara di manapun berada.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s