Full Hybrid Pertama di Kelas Premium


Merek Lexus memang sangat identik dengan mobil mewah. Dan puncak kemewahan dari jajaran produk Lexus kini telah hadir di Indonesia. Varian termewah seri LS itu tak hanya unggul soal kemewahan saja, tetapi juga menjadi mobil premium pertama di Indonesia yang sudah mengadopsi teknologi full hybrid. Ya, The All New Lexus LS 600h L yang diluncurkan di Lexus Gallery, Jl Proklamasi No. 35, Menteng, Jakarta, Selasa, 16 Februari 2010, merupakan flagship dari semua model yang diproduksi Lexus. Terlebih varian dari seri LS generasi keempat yang sejak diluncurkan pertama kali tahun 1989 di Amerika Serikat ini menyasar segmen ultrapremium, yakni individu yang sangat menghargai nilai sebuah mahakarya dan teknologi, sekaligus layanan personal berkualitas.
Menurut Indonesian Lexus Principal Johnny Darmawan, kehadiran Lexus LS 600h L mengikuti jejak LS 460 L yang terbilang sukses diserap konsumen segmen premium sejak diluncurkan tahun 2007. Bahkan sebagai pendatang baru. Lexus di Indonesia berhasil meraih posisi tiga besar di kelas premium. Dengan pencapaian yang mengesankan tersebut, Johnny Darmawan tetap merendah bahwa kehadiran Lexus di Indonesia tidak untuk bersaing karena produknya memang sangat personalize.
Sebagai catatan, Lexus meraih penjualan sebanyak 241 unit pada tahun 2008 dan 235 unit pada tahun 2009 dengan total 522 unit sejak hadir pada tahun 2007. Dan untuk tahun 2010 ini, Lexus Indonesia mentargetkan terjual 350 unit untuk seluruh model yang dipasarkan. Rasanya target tersebut tak terlalu muluk mengingat saat peluncuran LS 600h L, General Manager Lexus Indonesia Adrian Tirtadjaja membuka bocoran jumlah order tahun ini yang sudah mencapai 150 unit. Bahkan target tahun ini khusus untuk The All New Lexus LS 600h L sebanyak 10 unit sudah tercapai sebelum secara resmi diluncurkan dan membuat Lexus Indonesia merevisi targetnya menjadi 20 unit. Bukan main! Lalu, sebenarnya apa saja keistimewaan The All New Lexus LS 600h L ini?
Dengan prinsip The Persuit of Perfection, The All New Lexus LS 600h L menerapkan konsep produksi yang memadukan proses manufaktur tercanggih dengan ketelitian dan tingkat presisi sebuah karya seni. Chief Engineer Lexus LS, Lexus Development Center, Hideki Watanabe yang diundang secara khusus ke Indonesia mengatakan bahwa setiap unit The All New Lexus LS 600h L yang keluar dari Tahara Plant di Jepang telah mendapat sentuhan para takumi (ahli seperti mpu). Menurutnya, tiga prinsip utama The All New Lexus LS 600h L adalah ekspresi tertinggi Lexus, pengalaman berkendara yang revolusioner, serta inovasi yang tak tertandingi.
The All New Lexus LS 600h L yang dilengkapi sistem Lexus Hybrid Drive memadukan kemampuan mesin 2UR-FSE berkapasitas 5.000 cc berkonfigurasi V8 32 katup DOHC ditambah motor listrik yang memberikan sensasi performa kemewahan hybrid yang tidak ditemui pada sedan mewah di kelasnya. Dan rahasia performanya terletak pada 95 unit ECU yang menjadi otak Lexus Hybrid Drive. Walau memiliki dapur pacu berkapasitas gambot dan performa mesinnya setara mobil 6.000 cc, serta efisiensi layaknya mobil bermesin 3.000 cc, LS 600h L terbilang irit mengkonsumsi bahan bakar dan diklaim mampu menempuh 12,5 kilometer setiap liternya.
Sebagai flagship, The All New Lexus LS 600h L sudah dijejali fitur canggih terkini seperti lampu utama dengan Light Emitting Diode (LED) yang lebih benderang dan hemat energy, serta fitur canggih terbaru Intelligent Parking Assist (IPA). Juga fitur kenyamanan premium seperti Air Suspension, Ottoman Seat, dan tata suara Mark Levinson dengan 19 speaker yang menakjubkan. Dengan IPA, pengemudi cukup menekan tombol self parking yang ada di setir atau layar monitor yang ada di tengah dashboard. Gambar di sekitar mobil dipindai dari kamera yang ada di LS 600h L. Setelah memilih tempat parkir yang diinginkan (horisontal atau vertikal), secara otomatis mobil akan bergerak sendiri dan pengemudi tinggal mengatur rem saja. IPA akan mati secara otomatis saat kondisi parkir sudah aman. Fitur keamanan lainnya adalah 11 kantung udara, serta piranti Anti-lock Brake System (ABS), Electronic Brakeforce Distribution (EBD), Brake Assist System (BAS), Traction Control (TRC) dan Vehicle Stability Control (VSC). Fitur menarik lain adalah Adaptive Front-Lighting System yang memberikan penerangan lebih luas, terutama saat membelok. Sedangkan Adaptive Cruiser Conttrol aktif hingga kecepatan 160 km/jam. Untuk mendukung stabilitas dan kenyamanan maksimal, fitur Air Suspension menyediakan tiga pilihan pengaturan: Normal, Comfort, atau Sport. Power steering elektriknya dengan rasio gigi yang bisa berubah-ubah membuatnya lebih mudah dikendalikan, termasuk saat bermanuver pada berbagai kondisi kecepatan.
Soal kenyamanan berkendara, LS 600h L memberikan sensasi kemewahan saat mengemudikan sendiri atau menjadi penumpang. Jok penumpang belakang, sandarannya bisa diatur sudut kemiringannya dan dilengkapi fitur relaksasi (Rear Seat Relaxation System). Khusus jok penumpang belakang sebelah kiri terdapat fungsi shiatsu dan peregangan tubuh. Sedangkan jok kanan belakang dilengkapi vibrator dan penahan pinggul (pelvic support) yang memberikan kenyamanan serta pijatan. Sementara menyangkut maraknya isu recall mobil Toyota akibat pedal gas yang bermasalah, Indonesian Lexus Principal yang juga Presiden Direktur PT Toyota Astra Motor Johnny Darwaman menyakini pedal gas pada LS 600h L tidak terdapat masalah. “Pedal gas LS 600h L di Indonesia desainnya berbeda dengan yang di AS. Jadi saya yakini tidak akan terjadi kesalahan pada mobil LS 600h L ini,” tambahnya.
Sedan mewah bertubuh bongsor ini memiliki perbedaan signifikan soal dapur pacu dengan pesaingnya seperti Jaguar XJ8, Mercedes S-Class, Audi A8, maupun BMW seri 7. Sumber penggerak LS 600h L langsung didistribusikan ke seluruh roda atau all-wheel drive (AWD). Pengendaliannya pun menjadi benar-benar mantap dalam berbagai kondisi permukaan jalan, termasuk jalan jelek sekalipun. Paduan performa mobil ini luar biasa saat digunakan bersamaan. Ketika berakselerasi, mesin bensinnya mampu menyemburkan tenaga maksimum 394 PS pada 6.400 rpm ditambah motor listrik yang juga mampu mengeluarkan tenaga hingga 221 PS secara instan. Mesin 2UR-FSE ini sudah dilengkapi dengan beberapa teknologi canggih seperti Direct Injection 4-stroke petrol Superior version (D-4S), dual VVT-iE (Variable Valve Timing – Intelligence Electric on Intake), serta Acoustic Control Induction System (ACIS).
Bicara soal kecanggihan dan fitur unggulan The All New Lexus LS 600h L sepertinya tak cukup dalam sebuah tulisan singkat. Bahkan Johnny Darmawan pun sempat berkelakar jika menjadi penumpang di LS 600h L jangan sampai tertidur. Dan soal harga, varian termewah Lexus yang hanya diproduksi 10 ribu unit di seluruh dunia ini dibanderol Rp 2,7 milyar, on the road DKI Jakarta, dengan 11 pilihan warna dan empat variasi warna interior. Jika berminat, mungkin Anda akan menjadi salah satu di antara 20 calon pemilik The All New Lexus LS 600h L di Indonesia.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s