BMW X6 M Diproduksi Terbatas


Satu lagi sport utility vehicle (SUV) premium segera mengaspal. Lewat agen tunggal pemegang merek BMW (Bayerische Motoren Werke) yaitu PT BMW Indonesia, mobil SUV murni kelas premium BMW X6 M siap meluncur dan memberikan kenyamanan crossover yang sangat mumpuni. Apalagi peminat mobil di kelas SUV juga semakin memperlihatkan peningkatan. Dan kehadiran BMW X6 M, menyusul varian BMW X6 (tanpa kode M) sebelumnya, diyakini akan mendapat sambutan yang positif.
Dengan desain buritannya yang melandai, BMW X6 M diyakini tampil lebih eye catching dan akan menjadi pusat perhatian di jalan raya. Menurut Presiden Direktur PT BMW Indonesia Ramesh Divyanathan, BMW X6 M menjadi SUV pertama yang mengusung mesin berkonfigurasi V8 dengan kapasitas 4.395 cc. BMW X6 M juga merupakan SUV berpenggerak dengan teknologi all wheel drive (AWD) pertama di kelasnya dan sangat bertenaga. Performanya mampu menggapai tenaga puncak hingga 555 horse power pada kitiran 6.000 rpm serta torsi 680 Nm pada 3.400 rpm. Dengan sistem penggerak all wheel drive yang disandang BMW X6 M, mampu memberikan traksi pada semua kecepatan dan kondisi. SUV berdesain unik ini konsumsi BBM-nya diklaim mampu menempuh 14,3 liter/100 kilometernya atau hampir 7 km/liter. Konsumsi tersebut dinilai sepadan dengan performanya sebagai SUV di kelas premium, termasuk tinggkat stabilitas dan traksinya yang sangat baik.

Sebelumnya, BMW belum pernah mengadopsi transmisi matik ke unit yang diproduksi oleh BMW M GmbH yang khusus memproduksi mobil berperforma tinggi di bawah naungan BMW. Dalam perkenalan secara resmi yang dilakukan BMW Indonesia di BMW Studio, Plaza Indonesia, Jakarta, Selasa pekan lalu (19/1/10), BMW X6 M dibanderol mulai Rp 2,3 miliar hingga Rp 2,8 miliar (off the road). Harga tersebut bisa berbeda tergantung pemintaan fitur-fitur yang diinginkan konsumen.
Yang membuat SUV terbaru ini menjadi sangat eksklusif lebih karena diproduksi secara terbatas di anak perusahaan BMW M GmbH, dengan mengkombinasikan BMW xDrive dan Dynamic Performance Control yang membuatnya mampu melesat layaknya penguasa jalan raya. Berbeda dengan BMW X5 M yang sudah diperkenalkan lebih dulu pada Desember 2009 lalu yang ditujukan bagi penyuka tantangan dan performa, maka target yang dibidik BMW Indonesia untuk BMW X6 M adalah para individu yang sukses dan ekstrovert. Dan bagi peminat SUV berkarekter Sports Activity Coupé keluaran terbaru BMW ini, bisa segera memesan dan akan mulai hadir Mei mendatang. Sekedar catatan saja, unit BMW X6 M berwarna merah dan full optional yang dipajang saat perkenalan di BMW Studio sudah ada pembelinya.
Bagi individu yang menyukai performa dan tetap menginginkan penampilan yang mewah, BMW X6 M yang berbasis desain crossover yang unik ini bisa dijadikan pilihan. Dengan penampilan BMW X6 M yang berdimensi lebih bongsor dari BMW X5 M, peminat bisa memesannya dengan fitur-fitur yang diinginkan (by request). Menurut Director of Corporate Communication BMW Indonesia Helena Abidin, BMW X6 M akan hadir sekitar bulan Mei mendatang berbarengan dengan BMW X5 M. Dengan desain yang unik dan kemampuan akselerasi 0-100 km/jam yang mampu digapai hanya dalam 4,7 detik, BMW X6 M akan menjadi lawan sepadan kompetitornya seperti Mercedes-Benz ML 63 AMG atau pun Porsche Cayenne Turbo.
Apalagi dengan peningkatan penjualan 25% dengan total 901 unit yang dibukukan pada tahun 2009 lalu, membuat BMW Indonesia semakin percaya diri dengan target penjualan pada tahun 2010. Tak tanggung-tanggung, untuk mencapai target tersebut, Helena Abidin menyatakan akan meluncurkan 10 model baru pada tahun ini. Dengan 10 model baru, termasuk facelift di beberapa model, BMW Indonesia mencanangkan target 1000 unit pada tahun ini.
“Tahun ini target kita di atas 1.000 unit,” ujar Ramesh Divyanathan dengan nada optimis. Dan untuk menjaga pertumbuhan penjualan pada tahun 2010, BMW Indonesia akan tetap menjaga penjualan produknya tetap tumbuh dengan stabil dan bukan naik secara drastis. Menurutnya, peningkatan pembelian yang drastis akan menjadi kekhawatiran untuk memenuhi permintaan, karena BMW Indonesia tidak ingin mengecewakan pelanggannya hanya karena tidak bisa memenuhi permintaan.

Dengan telah diperkenalkannya dua model terbaru untuk 2010, maka masih menyisakan teka-teki sisa delapan model lagi yang akan meluncur. Namun demikian, sepertinya bisa dipastikan tidak akan ada model baru untuk seri 7, setelah 730Li yang baru diluncurkan Oktober tahun lalu. Jadi kemungkinannya adalah seri 3 dan 5. Seri 3 yang facelift-nya sudah wara-wiri di Eropa, sangat mungkin tahun ini hadir di Indonesia. Demikian pula dengan seri 5 yang tahun lalu belum mengalami sentuhan baru dari sisi eksterior maupun fitur barunya. Teka-teki itu sedikit terungkap secara eksplisit oleh Helena Abidin di sela perkenalan BMW X6 M di BMW Studio, Selasa (19/1/10). “Betul sekali, beberapa bulan ke depan memang akan ada produk baru dari kami. Salah satunya ya bisa saja di kelas sedan,” ujarnya memberikan sinyal. Sedangkan untuk seri 7, lanjut Helena Abidin, karena masih baru sehingga bisa dipastikan tidak ada yang baru di tahun 2010 ini.
Hal senada juga diungkap oleh Ramesh Divyanathan yang hanya merinci model facelift, replacement, dan full new model yang akan mengisi 10 model BMW pada tahun 2010 ini. Dan itu berarti BMW Indonesia akan melakukan penetrasi pasar untuk mendominasi segmen mobil di kelas premium.

One thought on “BMW X6 M Diproduksi Terbatas

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s