Pandji Pragiwaksono: Menciptakan Perubahan Lewat Indonesia Unite


Nama Indonesia Unite mengemuka sebagai sebuah gerakan komunitas yang berupaya mengajak siapa pun untuk bangkit dan terus berkarya untuk Indonesia. “Kebetulan, momentumnya pas sesaat setelah kejadian ledakan bom yang mengguncang hotel JW Marriot untuk yang kedua kalinya,” ungkap penggagasnya, Pandji Pragiwaksono. Walau begitu, Pandji mengelak jika Indonesia Unite lahir karena bom JW Marriot II yang terjadi 17 Juli 2009. Peristiwa JW Marriot II yang menjadi topik pemuncak di jejaring sosial twitter dijadikan momentum untuk membangkitkan semangat dan mengabarkan kepada dunia bahwa Indonesia masih punya semangat. Bahkan Panji menekankan bahwa tidak ada yang membentuk Indonesia Unite, karena Indonesia Unite memang bukan organisasi. Walau begitu, gerakan Indonesia Unite telah dideklarasikan lewat pembacaan Amanat Bersama pada 17 Agustus 2009. Salah satu isinya tertulis “Kami adalah generasi baru, yang akan membangun sebuah bangsa dan negara yang bermartabat dan terhormat, mampu mempersatukan Indonesia, melindungi hak-hak individu, berdiri di atas semua golongan, serta memuliakan manusia-manusia yang menjadi rakyatnya”.

Panji pun menyoroti dua kelompok muda di dunia yang di satu sisi menuntut perubahan, sementara kelompok lainnya adalah pelaku yang menciptakan perubahan. Ketika memasuki era reformasi pada tahun 1998, siapa pun bebas mengemukakan pendapat. Namun Pandji melihat tidak semua orang bebas berkarya. Di sinilah peran Indonesia Unite yang memicu gerakan-gerakan yang menciptakan perubahan seperti Coin a Chance, Indonesia Bertindak!, atau Bike to Work. Dan semangat yang ditularkan Indonesia Unite itu kini sudah berkembang di seluruh pelosok Indonesia. Bahkan kaos oblong Indonesia Unite “Kami Tidak Takut” yang dipakai Pandji merupakan pemberian orang yang memiliki semangat serupa. Pandji juga mengakui masih ada pandangan dan kebencian terhadap Indonesia Unite yang dianggap sebagai organisasi eksklusif. “Padahal justru Indonesia Unite adalah semangat yang bisa diikuti oleh siapa pun asal memiliki dan memahami isi Amanat Bersama,” tambah Pandji yang memposisikan dirinya untuk mengkomunikasikan semangat dari gerakan Indonesia Unite ke berbagai kalangan, termasuk pelajar. Sampai saat ini, hampir 450 ribu member sudah bergabung di Indonesia Unite di jejaring Facebook ditambah sekitar 25 ribu follower di twitter-nya Pandji.

Semangat dan kepedulian Pandji sudah terlihat ketika ikut aktif di C3 (Community for Children with Cancer) sejak tahun 2006. Juga menulis buku “How I Sold 1000 CDs in 30 Days” (2009). Menariknya lagi, Pandji pun telah meluncurkan dua album musiknya Provocative Proactive (2008) dan You’ll Never Know When Someone Comes In And Press Play On Your Paused Life (2009) yang kental bernuansa hip-hop dan R&B. Beberapa lagu di antaranya berkolaborasi dengan Tompi, Joeniar Arief, Angga “Malik & D’Essential” Puradiredja, Steny Agustaf, dan istrinya, Gamila. Pria enerjik yang lahir di Singapura, 18 Juni 1979 ini, sudah malang melintang di dunia broadcast. Usai menyelesaikan kuliahnya di Fakultas Seni Rupa dan Desain Institut Teknologi Bandung, Panji mengawali karir sebagai penyiar dan program director di Hard Rock FM Bandung yang dilanjutkannya mengasuh program Good Morning Hardrockers di Hard Rock FM Jakarta bersama Steny Agustaf. Pandji juga menjadi host sejumlah reality show lainnya di beberapa stasiun televisi. Dan “Kena deh!” menjadi program di sebuah stasiun televisi swasta yang melambungkan sosok pria ramah yang murah senyum ini. Dengan gaya dan mimik khasnya, mampu mengajak penontonnya untuk menikmati kebanyolan dan kejutan yang dilakoninya. Pandji yang memang lebih dikenal sebagai presenter dan penyiar radio ini berkomitmen untuk terus menyuarakan aksi dan semangatnya bersama siapa pun lewat Indonesia Unite. “Ya, kami tidak takut!” ujar Pandji.

Semua foto: S. Dwiyanthoputra

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s