Yaris Show Off 2009: Tren Modifikasi Multimedia


Tema New Wave in Car Entertainment memang sengaja dipilih oleh PT Toyota Astra Motor (TAM)) untuk mengakomodir tingginya minat pemilik Toyota Yaris dengan modifikasi terkini. Prosesi gelaran Yaris Show Off (YSO) 2009 ini sebelumnya sudah berlangsung di lima kota besar seperti Surabaya, Bandung, Medan, Jakarta, dan Bali. Kelima kota tersebut dipilih berdasarkan populasi Yaris yang ada. Sayangnya, pemenang dari region Medan berhalangan hadir dan menyisakan empat finalis untuk memperebutkan gelar “The King of Yaris Show Off 2009”.

Final Battle YSO 2009 yang digelar di FX Lifestyle X’nter, Jakarta, Sabtu lalu (5/12), terlihat beberapa karakter khas yang beraroma tren modifikasi di kota penyelenggaranya. Seperti di Bali yang pesertanya didominasi oleh komunitas Yaris atau klub. Sementara pada penyelenggaraan di Bandung, tren modifikasi lebih mengedepankan kreativitas koneksi. Dan Jakarta sendiri, tren modifikasi Yaris lebih banyak menggunakan smartphone dan entertainment. Hal itu diungkapkan oleh Anton Jimmi Suwandy, Accessories Department Head TAM, yang dalam gelaran YSO 2009 juga betindak sebagai juri mewakili pabrikan. “Fitur multimedia kini sudah menjadi kebutuhan, termasuk pula saat berkendara. Apalagi tren ini juga sedang sangat berkembang di Asia,” tambahnya.
Gelaran YSO sendiri sebenarnya sudah berlangsung sejak 2007 lalu, tepat satu tahun setelah TAM meluncurkan Yaris. Animo peserta yang kian meningkat, membuat ajang modifikasi ini bisa dijadikan barometer modifikasi para pemilik Toyota Yaris di Indonesia. Menariknya lagi, TAM pun rela menggelontorkan total hadiah hingga ratusan juta rupiah yang membuat gelaran YOS menjadi ajang kontes modifikasi dengan hadiah tertinggi. Lihat saja hadiah utama tahun ini yang akhirnya diraih oleh Handy Setyawan dari Jakarta. Sebagai “King of Yaris Show Off 2009”, Handy berhak atas satu unit Toyota Yaris terbaru ditambah perjalanan Jakarta-Tokyo pergi-pulang untuk menyaksikan kontes Tokyo Auto Salon sekaligus menambah referensi modifikasi di sana.

Lewat even YSO, TAM memang berharap bisa mengakomodasi sekaligus menarik minat kaum urban, khususnya kaum muda yang memiliki mobilitas yang cukup tinggi. Dan salah satu penekanan penilaian dalam YSO adalah aspek fungsional. Artinya, modifikasi apapun yang dilakukan tak hanya untuk kontes saja, melainkan harus tetap dapat digunakan sebagai kendaraan sehari-hari. Demikian pula dengan fungsi-fungsi keselamatan pada sebuah kendaraan seperti lampu rem, sabuk pengaman dan aspek keamanan lainnya.
Handy Setyawan sendiri memang layak dinobatkan menjadi “King of Yaris Show Off 2009”. Selain memperhatikan betul aspek fungsional dan estetika, Handy juga lebih mengedepankan fitur entertainment dan interiornya. Fitur entertainment bisa dilihat pada kemudi yang dipasang smartphone dengan game yang memanfaatkan gerakan kemudi, teve LCD di belakang setiap sandaran jok depan, teve LCD ukuran 21 inchi yang bisa dilipat di bagasi, serta didukung perangkat audio yang mumpuni. Sementara eksterior Yaris merah dengan nomor polisi B 1410 HJ miliknya tak banyak dilakukan modifikasi yang ekstrim. Handy hanya memodifikasi bumper depan dan belakangnya, termasuk dengan menambah lampu LED. Selebihnya Handy cukup cerdik memanfaatkan kreasi airbrush di kiri dan kanan, serta di bagian belakang dan kap mesin. Dengan tak mengubah fungsi dasar sebuah mobil, Handy memang layak menang. Upaya memodifikasi Yaris selama dua bulan akhirnya berujung manis juga. Walau Handy mengaku tak mengetahui persis biaya yang sudah dikeluarkan untuk “mendandani” mobilnya, tapi Handy memperkirakan jumlahnya hampir sama dengan harga satu unit Yaris terbaru seperti yang diraihnya sebagai “King of Yaris Show Off 2009”.
Sedangkan pilihan tema New Wave in Car Entertainment tampaknya sesuai dengan tren multimedia yang sedang digandrungi kawula muda di kota-kota besar. “Musik itu tidak pernah basi buat anak muda. Juga bagi modifikator,” ujar Johnny Darmawan, Presiden Direktur TAM. Lewat musik pula TAM menggelar kompetisi Female DJ bekerjasama dengan produsen audio Pioneer.
Suksesnya YSO 2009 membuat pihak TAM akan mempertimbangkan jajaran produk Toyota lainnya untuk turut serta dalam even berikutnya. Sedangkan soal penjualan Yaris, Direktur Pemasaran TAM Joko Trisanyoto mengungkapkan bahwa whole sales-nya pada November 2008 naik hingga 20%, yakni dari 1.027 unit menjadi 1.200 unit. “Salah satu faktor pendorong peningkatan tersebut adalah mulai lancarnya pasokan Yaris dari pabriknya di Thailand,” tambah Joko Trisanyoto.
Sejak pertama kali diluncurkan 2006 lalu, angka penjualan Yaris terus meningkat. Pada tahun 2006 penjualan Yaris sebanyak 9.089 unit dan tahun 2007 meningkat menjadi 9.659 unit. Bahkan tahun lalu peningkatannya cukup tajam menjadi 13.132 unit. Prestasi Yaris tak hanya dari segi penjualan saja, tapi juga mendapat penghargaan sebagai Indonesian Car Of The Year 2009 dari sebuah majalah otomotif nasional dan Brand Choice by Community 2009 dari sebuah majalah ekonomi.
Bersamaan dengan gelaran YSO 2009, TAM juga secara resmi meluncurkan perangkat audio opsional yang dapat dipasang pada hampir semua line-up produknya. Head unit audio 2-DIN tersebut merupakan aksesori genuine Toyota yang sudah dilengkapi dengan fitur-fitur terkini seperti CD player dengan format musik MP3 dan WMA, serta tersedia koneksi AUX-in, USB, dan iPOD. Untuk Yaris sendiri, dengan tambahan head unit tersebut, harganya akan naik sekitar lima juta rupiah.

Semua foto: S. Dwiyanthoputra

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s