m-gov, Melayani Lebih Dekat


Perkembangan teknologi informasi yang diserap secara positif akan sangat membantu mendukung pelayanan pemerintah dalam upaya memberikan informasi dan pelayanan, termasuk urusan lain yang berkaitan dengan tugas pemerintahan. Di sejumlah negara maju, teknologi informasi dimanfaatkan betul, terutama dalam melayani masyarakat. Tak heran jika electronic government (e-gov) menjadi  sebutan populer kepada pemerintahan yang berbasis internet, sekaligus menggambarkan peningkatan efisiensi secara internal, kenyamanan, serta aksesibilitas yang lebih baik dalam hal pelayanan publik.

Sudah selayaknya instansi pemerintah mengedepankan pelayanan kepada masyarakat. Artinya banyak kemudahan yang akan dirasakan masyarakat maupun aparatur untuk mengurus berbagai kebutuhan administratif atau aktivitas di lingkungannya. Dengan diterapkannya e-gov di sejumlah instansi pemerintah, masyarakat pun mendapat banyak manfaat. Penerapan e-gov memang membutuhkan komitmen yang kuat, visi jangka panjang, serta memiliki orientasi untuk selalu meningkatkan kualitas layanan dan transparan kepada masyarakat. Sebagai sebuah teknologi yang terus berkembang. e-gov memang membutuhkan biaya yang tidak sedikit dan waktu yang alam untuk diterapkan. Hingga akhirnya muncullah mobile government (m-gov) yang merupakan pengembangan atau bagian dari e-gov sebagai solusi lanjutan layanan telekomunikasi berbasis nirkabel.

Sementara itu, di sisi lain, “koordinasi” adalah sebuah kata yang sering terungkap berkaitan dengan birokrasi dan pelayanan. Kata “koordinasi” kerap menjadi kunci keberhasilan dalam suatu instansi seperti yang sudah dilakukan oleh Pemerintah DKI Jakarta. Di bawah kepimpinanan Gubernur Fauzi Bowo, kota Jakarta yang akan berulang tahun yang ke-482, terus berupaya memberikan layanan kepada warganya. Salah satunya melalui sinergi antara keunggulan teknologi dan koordinasi. “Selama ini jajaran kami sudah menggunakan layanan m-gov dari Blackberry Indosat. Itu untuk memudahkan koordinasi,” ungkap Fauzi Bowo kepada TEMPO beberapa waktu yang lalu.

Implementasi m-gov yang sudah diterapkan oleh beberapa pemerintahan daerah memang diakui lebih cepat dan lebih mudah. Bahkan m-gov diyakini sangat cocok diterapkan oleh instansi pemerintah daerah hingga di tingkat kelurahan atau desa, sekaligus menjadi standar baru layanan kepada masyarakat. Kelurahan Pisangan Timur yang berada di Kecamatan Pulogadung, Jakarta Timur bisa dijadikan contoh betapa sederhana, mudah, dan murahnya m-gov. Menurut Lurah Pisangan Timur Sitaresmi Nurhayati, m-gov memberikan kemudahan dan efisiensi dalam koordinasi perangkat Kelurahan Pisangan Timur dengan anggota Dewan Kelurahan, pegawai kelurahan, petugas Banpol, pengurus RW/ RT, para Jumantik, petugas Posyandu, kader kesehatan, tokoh masyarakat, hingga komunitas warga Pisangan Timur sendiri. Selanjutnya, layanan m-gov di Pisangan Timur akan dikembangkan untuk pelayanan Kartu Tanda Penduduk (KTP), akte kelahiran, administrasi kewilayahan, dan juga pemberdayaan ekonomi masyarakat. Gubernur Fauzi Bowo pun mencanangkan bahwa pada masa mendatang semua kelurahan se-DKI Jakarta akan menerapkan layanan berbasis teknologi informasi dan komunikasi seperti di Kelurahan Pisangan Timur.

Yang pasti, m-gov menjadi solusi yang sangat dibutuhkan, sekaligus tak memerlukan alokasi anggaran khusus dari kas pemerintah daerah (pemda). Pemda cukup memberikan kebutuhan struktural dan prosedural saat menjalin kerjasama dengan operator yang akan menyediakan infrastruktur jaringan dan aplikasi layanan. Setelah m-gov beroperasi, tentu saja pemerintah daerah akan diuntungkan dengan pencitraan pemerintah yang efisien, transparan, dan kualitas layanan yang lebih baik, termasuk akan memperoleh pendapatan tambahan. Di sisi lain, masyarakat akan merasa dilayani lebih dekat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s