Cermat Memilih Pelindungan Mobil


Sebenarnya tak perlu bingung ketika hendak membeli sebuah mobil. Yang pasti, siapkan segala sesuatunya dan tak perlu terburu-buru. Pertimbangkan dengan matang mulai dari tingkat kebutuhan dan dana yang dimiliki. Tentukan pilihan tipe mobil yang diinginkan, seperti mobil keluarga (MPV), city car, SUV, atau tipe lainnya dan sesuaikan dengan dana yang ada. Pertimbangkan pula jaringan purna jual (bengkel dan suku cadang).

Ada dua pilihan saat membeli mobil, baru atau bekas. Teliti dan pastikan kondisi mobil dalam kondisi terbaik dan cermati pula penawaran yang dilontarkan wiraniaga. Juga pastikan cara pembayarannya sesuai dengan kemampuan. Jangan lupa dengan perlindungan mobil (asuransi), khususnya untuk kendaraan pribadi, asuransi menjadi salah satu faktor penting. Setidaknya asuransi akan melindungi mobil sebagai aset, sekaligus menjamin ketenangan dan kenyamanan berkendara.

Seperti kejadian yang pernah dialami oleh Restu Dewi dan mungkin bisa dijadikan pelajaran menarik. Ketika Restu Dewi memutuskan hendak membeli mobil baru, tak sedikit pun di benaknya terpikirkan soal asuransi untuk perlindungan mobil kesayangannya kelak. Bahkan ketika ditawarkan oleh wiraniaga pun ditolaknya mentah-mentah. “Sepengetahuan yang saya dapat saat itu, manfaat asuransi sangat minim dan ada biaya tambahan yang harus dibayar. Yang saya pikirkan hanyalah mengendarai mobil baru dengan jaminan layanan purna jualnya,” kenang Restu Dewi.

Sampai suatu ketika Restu Dewi tak mampu menolak untuk ikut mengasuransikan mobil barunya atas ajakan sahabat dekatnya. Dengan perasaan agak berat, akhirnya Restu Dewi memiliki polis asuransi untuk mobil barunya. Restu Dewi memang sempat penasaran bagaimana jika terjadi sesuatu dengan mobil barunya. Dan kejadian menyesakkan pun dialami mobil barunya untuk pertama kalinya. Mobilnya yang sedang diparkir di tempat yang aman secara tiba-tiba diseruduk mobil lain. “Saya sempat shock melihat bagian belakang mobil jadi rusak berat. Pikiran sempat tak karuan dan tak yakin kalau asuransi mau menerima klaim yang akan saya ajukan,” tambahnya.

Dengan langkah berat, Restu Dewi coba ajukan klaim. Dan sangat di luar dugaannya ketika klaimnya diterima dan mobilnya kembali utuh setelah diperbaiki dengan jaminan hasil kerja bengkel yang memuaskan. Rasa lega pun menyelubungi dirinya. Bahkan ketika tak disangka dua kejadian serupa berikutnya kembali menimpanya, Restu Dewi bisa menghadapinya lebih tenang. “Rasa khawatir pun menjadi jauh berkurang. Saya jadi lebih tenang karena mobil saya ada yang melindungi,” ungkapnya terus terang.

Kejadian yang dialami Restu Dewi memang tak pernah diinginkan oleh siapa pun. Hanya saja sebagai pemilik mobil, tentu ada kepentingan untuk melindunginya sebagai sebuah investasi. Sayangnya, ada hal penting yang kerap diabaikan atau bahkan tidak disadari oleh pemilik mobil. Salah satunya adalah asuransi yang melindungi mobil. Bahkan boleh dibilang kurangnya pemahaman yang baik dari pemilik mobil terhadap asuransi yang menyertainya. Hal itu kerap terlihat saat wiraniaga menawarkan keputusan untuk memilih perusahaan asuransi, namun kecenderungannya justru pemilik mobil menyerahkan keputusannya kepada wiraniaga tersebut. Dan ketika terjadi masalah, barulah disadari bahwa asuransi yang menyertai mobil kesayangannya tak sesuai dengan yang diharapkannya.

Terlepas dari soal pembelian secara tunai maupun kredit, sebenarnya soal pemilihan perusahaan asuransi terbaik adalah hak penuh pemilik mobil. Pemilik mobil berhak menolak, atau bahkan mengurus sendiri proses asuransi yang menyertai mobilnya. Karena memilih asuransi terbaik adalah keputusan krusial yang akan menentukan sejauh mana keamanan dan jaminan yang melindungi mobilnya. Demikian pula soal perpanjangan asuransi yang kerap tak dilakukan dengan berbagai alasan ekonomis. Padahal semakin bertambah usia mobil, semakin diperlukan perlindungan, karena resiko bisa terjadi kapan dan di mana saja.

Nah, sebagai langkah cermat untuk menentukan perlindungan mobil ada baiknya memperhatikan beberapa hal dalam memilih asuransi terbaik, seperti:

  1. Perhatikan jenis pertanggungan yang dilindungi, comprehensive atau total lost only (TLO). Demikian pula dengan perluasan jaminan lainnya seperti banjir, kecelakaan diri, dan huru-hara.
  2. Perhatikan periode masa berlaku perlindungan yang diberikan, khususnya untuk pembelian mobil secara kredit.
  3. Pilih perusahaan asuransi terkemuka dan dikenal dengan layanan terbaiknya, termasuk jaringan layanan yang tersebar luas dan representatif. Demikian pula dengan pusat informasi (call center) yang melayani berbagai kebutuhan asuransi, termasuk pada saat hari libur.
  4. Pastikan pula proses klaimnya mudah, cepat, dan tidak berbeli-belit.
  5. Memiliki jaringan bengkel yang luas dengan hasil kerja yang berkualitas.
  6. Ada jaminan ketersediaan suku cadang asli berikut jaminan hasil kerja bengkel.
  7. Satu hal yang penting adalah layanan darurat 24 jam nonstop secara gratis sebagai jaminan keamanan dan kenyamanan berkendara seperti saat terjadi kecelakaan, mogok, ban kempis, dan sebagainya. Beberapa perusahaan asuransi memang memiliki layanan 24 jam nonstop, namun coba teliti kembali apakah layanan tersebut mencakup wilayah yang luas atau hanya terbatas seperti di Jabodetabek saja.
  8. Tersedia pilihan cara pembayaran yang fleksibel dan memudahkan pelanggannya seperti pembayaran melalui anjungan tunai mandiri (ATM), kartu kredit, maupun dengan sistem angsuran.

Salah satu ciri sebuah perusahaan asuransi terkemuka adalah layanan terbaik dan prestasi yang telah diraih. Dan salah satu perusahaan asuransi terbaik yang banyak direkomendasi adalah Asuransi Astra dengan produk Garda Oto-nya yang telah mendapat pengakuan lewat berbagai penghargaan yang diraihnya. Tak heran jika Garda Oto banyak dipilih dan direkomendasikan pelanggannya untuk perlindungan kendaraan kesayangannya. Tak terbatas hanya pada mobil keluarga, ternyata mobil truk pun dilayani Garda Oto. Mobil baru atau bekas, bayar tunai atau kredit, cobalah pastikan asuransinya Garda Oto. Untuk info lebih lengkap, bisa segera manfaatkan layanan Garda Oto dengan menghubungi Garda Akses CALL 75 900 (dari ponsel) atau 021-75 900 900 (dari PSTN). Atau bisa juga dengan mengunjungi www.gardaakses.com dan via sms ke 0813 75 900 900. Ketenangan dan kenyamanan pun akan menjadi pengalaman berharga selama berkendara di mana saja dan kapan saja.

Jadi, apa pun mobilnya, asuransinya ya Garda Oto!

Garda Oto, “Don’t Worry, Be Happy”.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s