TRAC-Astra Rent A Car, Memenuhi Solusi Transportasi Bisnis


Peran transportasi dalam bisnis memang tak bisa dipandang remeh. Hampir semua lini dalam sebuah perusahaan membutuhkan dukungan transportasi yang memadai. Terlebih dalam iklim kompetisi persaingan bisnis yang kini semakin ketat. Untuk mengurus soal transportasi memang banyak aspek yang harus diperhatikan. termasuk pengelolaan dan perawatannya. Dan itu tentu saja sangat tidak efektif dan efisien, karena dimungkinkan terjadinya pemborosan di sana-sini. Itu pula yang mendorong sejumlah perusahaan besar menyerahkan urusan operasional, khususnya transportasi kepada outsourcing. Jasa transportasi pun ikut bertumbuh kembang seiring dengan semakin efektif dan efisiensinya biaya yang cukup signifikan. Kehadiran TRAC-Astra Rent A Car sebagai penyedia jasa solusi transportasi telah diakui oleh sekitar 2800 pelanggannya. Bahkan hampir semua perusahaan top five menggunakan jasa TRAC. Apalagi TRAC memang memiliki visi untuk menjadi perusahaan jasa transportasi berkelas dunia, sehingga kualitas layanan pun tak bisa lagi mengenal toleransi. Kualitas layanan total itulah yang membuat TRAC meraih berbagai penghargaan. Dan yang terakhir, predikat “100 Most Recommended Brands” lewat metode Word Of Mouth Marketing (WOMM) dari Majalah SWA. WOMM merupakan metode promosi dari mulut ke mulut yang diyakini lebih efektif dan cenderung lebih dipercaya konsumennya.

Seperti diungkapkan oleh General Manager Operation TRAC Jefri R. Sirait, prospek bisnis transportasi, khususnya rental mobil, saat ini memegang peranan penting yang menyangkut orang dan barang dalam sebuah bisnis. TRAC sebagai jaringan bisnis Astra International juga dituntut untuk terus menjadi nomor satu yang didukung dengan sumber daya manusia yang terlatih, berjenjang, dan berkesinambungan, serta jumlah armada sekitar 18 ribuan unit.

Namun demikian TRAC tidak hanya mengedepankan unitnya saja, tetapi secara keseluruhan yang disebut dengan Transportation Management System (TMS). TMS akan memberikan kepada pelanggannya yang ingin menggunakan jasa TRAC, sehingga tak perlu repot mengkalkulasi berbagai biaya yang akan dikeluarkan untuk urusan transportasi. Sebaliknya, TRAC yang akan memberikan pelayanan secara menyeluruh, mulai dari konsultasi, evaluasi, dan solusi terbaik. Dan yang terpenting adalah kualitas layanan total dari TRAC, sekaligus sebagai partner dalam soal transportasi. Bahkan bisa dibilang Trac menjadi departemen transportasi dan bagian dari General Affair di perusahaan pelanggan. “Semua itu didukung dengan infrastruktur, sistem, serta people sebagai nilai lebih yang kami berikan,” ujarnya.

Berbagai perangkat berteknologi terkini juga sudah digunakan TRAC. Selain telah menerapkan teknologi informasi SAP, yaitu sistem manajemen armada dan pengurusan administrasi dengan online system untuk membantu kelancaran operasional pelanggan, TRAC juga menggunakan perangkat Global Positioning System (GPS) yang mampu melacak gerak armada, bahkan hingga konsumsi bahan bakar. Perangkat GPS ini juga telah dimanfaatkan secara optimal untuk memantau kinerja armadanya yang akan berdampak pada efisiensi dan efektifitas transportasi, termasuk komitmen zero accident. Sehingga TRAC akan membantu mendesain kebutuhan transportasi dengan berbagai efisiensi yang cukup signifikan antara 15% hingga 30%. Selain sewa jangka panjang, TRAC juga menyediakan berbagai layanan transportasi seperti TREMO (TRAC Motorental) yang melayani sewa kendaraan roda dua, sewa harian, trucking service, dan beberapa unit bisnis lainnya seperti Mobil 88 (used car), ibid (jasa pelelangan kendaraan), dan O-renz (taksi). Dan yang terbaru adalah Car Pooling, yaitu manajemen kendaraan operasional yang dikelola oleh TRAC secara terpusat. Layanan Car Pooling sifatnya lebih komprehensif dan menyediakan analisa kebutuhan kendaraan operasional perusahaan, pelaporan mendetil penggunaan kendaraan oleh user, rekapitulasi biaya yang dikeluarkan, hingga rekomendasi untuk optimalisasi penggunaan kendaraan.

TRAC kini telah menjelma sebagai perusahaan jasa transportasi terdepan dengan berbagai layanan berkualitas kepada pelanggannya. Sertifikasi ISO 9001-2000 menjadi jaminan menuju kesempurnaan layanan. Hingga saat ini TRAC telah berkembang pesat dan menjadi perusahaan rental kendaraan terbesar yang memiliki jaringan cabang, outlet, dan bengkel yang tersebar di seluruh Indonesia. Demikian pula dengan layanan 24-Hour Customer Assistance Center untuk membantu berbagai masalah transportasi yang akan dilayani dengan keramahan Customer Assistance Officer yang terlatih. Layanan transportasi pelanggan pun akan selalu berada dalam jangkauan. “Jadi, TRAC akan selalu memberikan solusi terbaik apa pun jasa transportasi yang dibutuhkan pelanggan,” ujar Jefri R. Sirait.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s