The 4th Indosat Wireless Innovation Contest


Inspirasi dan Apresiasi Karya Anak Bangsa

Semakin tingginya mobilitas sehari-hari dan berkembangnya tren gaya hidup, membuat kebutuhan pendukung aktivitas pun ikut meningkat. Begitu pula dengan pesatnya perkembangan teknologi nirkabel (wireless) terkini yang mampu memberikan inspirasi dan apresiasi bagi anak bangsa untuk unjuk kemampuan dan bangga dengan hasil karya sendiri. Itulah yang melatarbelakangi gelaran The 4th Indosat Wireless Innovation Contest (IWIC) yang berlangsung sejak 4 Juni hingga 20 November 2009.

Pada gelaran IWIC tahun ini, Indosat membuka dua kategori yaitu Mobile Wireless Application (MWA) dan Research and Development for Wireless Technology & Services (R&DW). Kategori MWA terdiri dari tiga sub-kategori, yaitu business and commerce, social networking, dan learning and education. Kategori WMA lebih ditekankan dalam bentuk karya tulis atau bentuk prototype pemanfaatan teknologi nirkabel dan bisa diikuti oleh perorangan atau individu mahasiswa dan juga masyarakat umum. Karya peserta pada kategori MWA harus bisa diaplikasi untuk berbagai perangkat (platform) dan merupakan karya orisinal yang unik dan belum pernah ikut atau sedang dilombakan. Nantinya, karya pemenang akan di-review oleh Indosat yang akan dijadikan fitur komersial dengan negosiasi tersendiri. Sedangkan kategori R&DW dapat diikuti oleh kelompok dosen dan atau mahasiswa perguruan tinggi pada program S1 hingga S3. Peserta pada kategori R&DW diharuskan memberikan usulan program riset yang orisinal dalam bidang teknologi dan jasa nirkabel yang terbuka juga bagi karya yang sudah pernah atau sedang diikutsertakan dalam program lain. Indosat akan memberikan bantuan dana riset dan pengembangan bagi pemenang dan akan ditindaklanjuti sebagai materi dalam upaya peningkatan pelayanan telekomunikasi kepada masyarakat.

Selain didukung oleh Inkubator Industri dan Bisnis Institut Teknologi Bandung (IIB ITB), gelaran IWIC juga didukung Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) dalam proses penjurian untuk ketegori R&DW. Kontribusi kedua institusi tersebut akan memberikan dukungan kelayakan pengembangan riset teknologi komunikasi, sekaligus mendorong iklim kewirausahaan, khususnya dalam bidang mobile wireless application. Beberapa penghargaan terbaik kategori program corporate social responsibility dan public relation telah diraih IWIC sebagai bentuk pengakuan kualitas gelaran Indosat. Setidaknya IWIC bisa memfasilitasi semakin tingginya kebutuhan masyarakat terhadap layanan telekomunikasi dengan kualitas terbaik dan teknologi terkini. Demikian pula dengan peran dan keterlibatan perguruan tinggi dan institusi lainnya untuk bersinergi dengan operator dalam mendukung riset pengembangan teknologi dan layanan wireless.

Pemenang IWIC untuk kategori MWA, selain perangkat gadget, berturut-turut pemenang pertama dan kedua mendapat tabungan pendidikan Rp 20 juta dan Rp 15 juta. Bahkan para finalisnya akan mendapat kesempatan mengikuti program inkubasi industri dan bisnis oleh IIB ITB. Sedangkan lima kelompok terpilih untuk kategori R&DW, akan menerima dana untuk riset dan pengembangan hingga Rp 100 juta. Sejak pertama kali IWIC digelar, jumlah pesertanya terus mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Demikian pula dengan kualitas karya peserta yang semakin inovatif dan inspiratif. Salah satunya Bagus Putra Irianto, pemenang pertama IWIC 2006 bidang perangkat keras, memberinya kesempatan terbang ke China untuk menambah wawasan dan ilmu pengetahuannya dalam hal teknologi nirkabel. Tahun-tahun berikutnya IWIC pun semakin diminati peserta, apalagi diiringi komitmen Indosat yang telah merealisasikan sejumlah karya pemenang gelaran IWIC sebelumnya. Simak info lengkapnya di www.indosat.com/iwic atau www.i-wirelessinnovation.com.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s