Suzuki New Karimun Estilo, Melanjutkan Dominasi di Kelas City Car


Sebagai pelopor city car di Indonesia, sejak diluncurkan tahun 1998 lalu, Suzuki Karimun yang kini bernama New Karimun Estilo, selalu menjadi pemimpin pasar. Bahkan hingga September 2009, salah satu andalan PT Suzuki Indomobil Sales ini telah terjual 37.659 dengan pangsa pasar selalu di atas 50% untuk kategori city car. Seolah hendak melanjutkan dominasinya, SIS kembali meyegarkan Karimun Estilo dengan berbagai perubahan yang cukup mencolok. Karimun Estilo sendiri versi pertamanya telah diluncurkan di Indonesia pertengahan 2007 lalu.

Perubahan pada New Karimun Estilo yang paling kentara terlihat pada bagian wajahnya. Lihat saja bentuk grill yang semakin elegan dibalut krom yang mengawal emblem Suzuki. Semakin serasi dengan desain baru headlamp-nya yang modern dengan fitur baru pengatur ketinggian fokus lampu. Pertemuan kap mesin dengan headlamp dan grill tak lagi menyiku seperti versi lawasnya. Sedang bumpernya tampil makin sporti dengan desain trapezium dengan sepasang foglamp (optional) dengan ornamen silver. Demikian pula dengan desain spatbor depan dan belakang yang lebih cembung.

Perubahan eksterior juga terlihat pada desain spion barunya yang sporti dan senada dengan warna bodi. Warna senada juga dilabur pada handle di keempat pintunya. Velg ukuran 13 inchinya juga tampil dengan desain yang lebih sporti. Sementara pada bagian buritan, perubahan tampak pada lampu yang didesain ulang serta emblem Estilo yang baru. Desain baru pada bumper belakang, membuat New Karimun Estilo menjadi lebih berkarakter. Soal pilihan warna New Karimun Estilo, tersedia warna silky silver, dusky brown, superior white, emerald blue, bright red, dan midnight black.

Memasuki interiornya, sekilas tampak tak desain ada yang berubah. Namun dengan sentuhan two tone pada jok dan door trim-nya, membuat interiornya lebih mewah dan elegan. Apalagi dashboard-nya juga tampil beraroma sporti dengan balutan krom seperti halnya dengan lingkar kemudi three spoke dan tuas pemindah giginya. Speedometer-nya berdesain baru dan indikator bahan bakar dengan tampilan digital. Menariknya lagi, New Karimun Estilo yang diimpor Completely Built Up (CBU) dari India ini, telah mengaplikasi teknologi immobilizer untuk mencegah pencurian.

Suzuki New Karimun Estilo yang di negara asalnya disebut Suzuki Zein Estilo, sebenarnya sudah diluncurkan sejak Agustus 2009. Sedangkan di Indonesia, New Karimun Estilo telah diperkenalkan dan diuji coba kalangan jurnalis dengan rute perjalanan Jakarta-Bandung pergi pulang. Sebelumnya secara resmi, SIS mengkalim New Karimun Estilo mampu menempuh jarak 31 kilometer untuk setiap satu liter premium. Angka tersebut boleh dibilang irit dan bahkan hematnya bersaing dengan sepeda motor! Hasil lomba irit dengan rute Bandung-Jakarta via tol Cipularang ternyata sangat mencengangkan. Pemenangnya hanya menghabiskan bahan bakar 1,1 liter atau setara dengan 133 kilometer perliternya. Luar biasa iritnya. “Jadi hasilnya bisa lebih irit, bahkan dari mobil hibrida paling laris di dunia,” ujar Yoshiji Terada, President Director SIS.

Saat peluncuran resmi kepada publik di Jakarta, Jumat pekan lalu, SIS juga menampilkan New Karimun Estilo versi modifikasi dengan aksesoris tambahan seperti fog lamp, rear under spoiler, rear upper spoiler, front under spoiler, side body spoiler, serta velg racing 14 inchi yang lebih besar dari standar pabrikan. Hasilnya, tampang New Karimun Estilo menjadi lebih sporti dan berkelas, serta siap bertarung dengan pesaingnya seperti KIA Picanto, Hyundai i10, Proton Savvy, dan Chery QQ.

Yang membuat perbedan mencolok dengan versi lawasnya, sebenarnya terletak pada pergantian tipe mesinnya. Jika versi lawas menggunakan mesin tipe F10D Single OverHead Camshaft (SOHC) empat silinder berkapasitas 1.061 cc, maka pada versi terbaru telah menggunakan mesin K10B Double OverHead Camshaft (DOHC) tiga silinder berkapasitas lebih kecil 998 cc. Walau volume mesin lebih kecil, tapi New Karimun Estilo mampu memberikan tenaga yang lebih besar menjadi 68 PS/6.200 rpm. Power sebesar itu didapat berkat penggunaan material mesin yang terbuat dari alumunium yang beratnya lebih ringan dan kuat. Suara mesinnya juga menjadi lebih halus dan minim getaran. Apalagi crank shaft pada mesinnya menggunakan model off-set yang lebih efisien, mempu meningkatkan tenaga, dan bahan bakar, termasuk perbandingan kompresi yang tinggi. Demikian pula dengan teknologi pengapian Smart Distributor-less Ignition (SDLi) serta injektor dengan kinerja pengabutan bahan bakar yang lebih sempurna. Tak heran jika New Karimun Estilo sanggup berakselerasi lebih responsif dan hemat bahan bakar.

Tempat peluncuran New Karimun Estilo di salah satu pusat perbelanjaan di Jakarta, menggambarkan segmen pasar kalangan muda yang dibidik SIS. Dengan harga yang sama Rp 127,750 juta (on the road Jakarta) dengan versi lawasnya, SIS mentargetkan hingga akhir tahun 2009 akan mampu melepas hingga 1.000 unit. “Kami yakin bisa melanjutkan kejayaan Suzuki di kelas city car. Mobil dengan tampilan gaya dan sangat hemat bahan bakar memang menjadi kebutuhan masyarakat perkotaan,” ujar Endro Nugroho, Marketing Director 4W SIS, di sela peluncuran New Karimun Estilo di Jakarta, pekan lalu. Di kelas city car, Karimun Estilo memang menjadi pemimpin pasar. Tahun 2008 lalu, pangsa pasar city car hanya berada di kisaran 1,2 persen dari 600.000 unit total penjualan mobil di Indonesia. Namun begitu, Karimun Estilo mengambil porsi 58,2 persen, yaitu 4.253 unit dari total 7.255 unit. Dan tampaknya dominasinya masih akan berlanjut dengan diluncurkannya New Karimun Estilo yang tampil baru dan lebih segar, termasuk peningkatan performa dapur pacunya. Dan jangan lupa, iritnya luar biasa lho!

6 thoughts on “Suzuki New Karimun Estilo, Melanjutkan Dominasi di Kelas City Car

  1. Aku mau nanya. Kalo warna putih bisa modif kayak tampilan merah di atas gak?
    Trus dimana modifnya….dan habis berapa duit.
    Thanks ya.
    Viva Karlo 2010.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s