Single Car Carrier AUTO2000


Membeli Mobil “Fresh from the Oven”

Target kongkretnya, konsumen akan menerima mobil barunya dengan angka odometer di bawah 10 kilometer tanpa cacat.

___________________

Setiap konsumen yang membeli mobil baru, tentu saja ingin mendapatkan produk yang benar-benar baru dengan kilometer serendah mungkin. Terlebih bagi pembeli mobil mewah yang selalu mengutamakan kualitas dan sangat menghargai waktu. Mereka sangat menginginkan mobil barunya “fresh from the oven”. Apalagi dengan semakin kompetitifnya pasar otomotif, pelanggan pun akan semakin leluasa dengan kemanjaan berbagai pilihan layanan yang ujung-ujungnya bertujuan memberikan kepuasan kepada konsumennya. Berbagai program dan layanan pun dicanangkan demi peningkatan kepuasan konsumen. Tak hanya program dan layanan, tetapi juga jaminan keamanan hingga mobil baru yang diidamkan bisa tiba di tangan konsumen dengan kondisi yang benar-benar baru, termasuk angka jarak tempuh dan tanpa cacat.

Demikian pula dengan AUTO2000, main dealer Toyota yang baru saja meluncurkan layanan terbarunya yaitu car carrier for luxury car untuk pengiriman satu unit mobil baru di kelas premium. Layanan mobil gendong ini tentu saja akan memberikan nilai tambah bagi konsumen yang membeli produk premium Toyota seperti Camry, Alphard, atau Prius. Sebelumnya, AUTO2000 hanya memberikan layanan pengantaran mobil baru kelas premiumnya dengan mengemudikannya ke alamat konsumen (self drive).

Dengan peningkatan kualitas layanan, AUTO2000 sangat berharap dapat memberikan nilai tambah dan kepuasan pelanggannya. “Layanan baru car carrier for luxury car ini seiring dengan semakin meningkatnya permintaan konsumen untuk membeli mobil Toyota dengan kondisi yang fresh from oven dan berkilometer rendah, atau bahkan dengan zero kilometer,” ujar Supriyanto, Vehicle Logistic Department Head AUTO2000 di Relay Point Sunter Lake, Selasa, 20 Oktober 2009, dalam peluncuran layanan car carrier for luxury car AUTO2000. Target kongkretnya, konsumen akan menerima mobil barunya dengan angka odometer di bawah 10 kilometer tanpa cacat.

Menurut Tony H. Supatra, Chief Marketing Officer AUTO2000, untuk tahap awal, layanan car carrier for luxury car yang menggunakan dua unit Toyota Dyna 130 LT ini akan beroperasi di Relay Point Sunter Lake untuk wilayah Jakarta dan sekitarnya, serta dua unit lainnya melayani dari stockyard Karawang untuk cabang Kalimalang dan Bekasi. Selain akan meminimalkan angka kilometer di odometer mobil baru, juga untuk menghindari terjadinya cacat atau kerusakan saat pengiriman ke alamat konsumen. Tingkat keamanan mobil baru yang dikirim pun menjadi lebih terjaga dan dengan ketepatan waktu pengirimannya menjadi lebih pasti. Dalam satu hari, setiap unit single car carrier mampu mengirimkan hingga tiga unit ke tangan konsumen. Sebagai catatan, hingga Oktober 2009 ini, penjualan Camry sebagai salah satu mobil premium Toyota melalui AUTO2000 diperkirakan akan mencapai 700 unit. Camry.

“Terus terang saja, kami bangga mampu memberikan komitmen kami kepada konsumen untuk memperoleh mobil yang benar-benar baru. Selain itu, konsumen juga akan menerima keuntungan langsung dengan menerima mobil barunya dalam keadaan utuh tanpa cacat sedikit pun. Selain itu, keamanan mobil akan lebih terjaga karena mobil baru langsung diambil di stockyard dan dikirim langsung ke alamat konsumen,” jelas Tony H. Supatra.

Untuk selanjutnya, dengan semakin bertambahnya angka penjualan mobil premium Toyota, AUTO2000 akan mengembangkan layanan ini dengan menambah unit single car carrier-nya di sejumlah kota besar lainnya seperti di Bandung dan Surabaya. “Yang pasti, fokus single car carrier untuk kota-kota besar. Bahkan untuk Surabaya, bisa dipastikan akan terealisir pada tahun 2010. Sedangkan untuk melayani kota-kota kecil lainnya, akan dilayani dengan self drive,” tambah Agus Prajitno, Marketing Division Head AUTO2000. Agus juga berharap agar dengan semakin bergairahnya kembali pasar otomotif di tanah air, bisa diikuti oleh regulasi baru, khususnya dalam hal pengurusan surat-surat kendaraan di jajaran birokrasi yang berwenang. Menurutnya, semakin singkat waktu pengurusannya, akan semakin meningkatkan iklim bisnis dan investasi otomotif di tanah air. Ujung-ujungnya, konsumen pun akan ikut menikmati keuntungannya.

Nilai investasi yang dikeluarkan AUTO2000 untuk layanan car carrier for luxury car memang tak bisa dianggap kecil. Satu unit Toyota Dyna 130 LT yang digunakan sebagai single car carrier berharga Rp 315 juta. Namun demikian investasi itu diharapkan mampu memberikan nilai tambah dan kepuasan bagi konsumennya. Jadi tak hanya konsumen yang akan mendapat keuntungan, AUTO2000 pun juga diuntungkan dengan layanan car carrier for luxury car karena jumlah stok kendaraan di cabang-cabangnya akan berkurang dan bisa dimanfaatkan untuk stok kendaraan baru lainnya.

Dalam kesempatan yang sama, secara simbolis juga dilakukan pelepasan car carrier untuk tujuan wilayah Sumatera yang meliputi Lampung, Palembang, dan Padang, serta single car carrier untuk pengiriman unit mobil dari stockyard Karawang (yang bersebelahan dengan lokasi pabrik Toyota) langsung ke cabang Bekasi dan Kalimalang.. Untuk wilayah Sumatera sendiri, AUTO2000 akan melayani pengiriman unit mobil barunya dengan 12 unit car carrier yang setiap unitnya mampu mengangkut lima unit mobil baru berbagai tipe. Hanya saja, seperti diakui Agus Prajitno, hingga saat ini wilayah Sumatera memiliki kendala infrastruktur, jauhnya jarak tempuh, serta terbatasnya jumlah dan jadwal kapal feri yang memiliki kemampuan mengangkut car carrier berkapasitas lima unit mobil.

Sebagai main dealer Toyota terbesar, AUTO 2000 telah menyumbang angka penjualan sebanyak 103.400 unit Toyota berbagai tipe selama periode Januari hingga September 2009. Angka tersebut setara dengan 80% dari total penjualan Toyota di Indonesia. Toyota Avanza tetap mencatat sebagai tipe paling diminati yang hingga September lalu mencapai angka penjualan 55 ribu unit dan mengungguli Toyota Kijang Innova yang mampu terjual di kisaran 20 ribu unit, serta Toyota Rush dengan angka di kisaran 7.000 unit. Sementara sisanya yang 11 ribu unit dihuni beberapa tipe mobil penumpang seperti Vios, Altis, Yaris, Camry, Alphard, Prius, termasuk taksi. Bahkan hingga akhir 2009, AUTO2000 mentargetkan akan mampu menjual hingga 142 ribu unit. Sementara untuk tahun 2010 mendatang, dengan berkaca pada prestasi angka penjualan tahun ini, Agus Prajitno berharap AUTO2000 akan mampu memenuhi target melepas 175 ribu unit.

Dengan diluncurkannya layanan terbaru car carrier for luxury car, konsumen mobil premium Toyota akan semakin terpenuhi ekspektasinya terhadap kualitas layanan yang terbaik dari AUTO2000. Jika dibandingkan dengan layanan self drive, konsumen mobil di kelas premium Toyota tak hanya akan menerima mobil yang lebih “fresh from the oven” dengan angka odometer di bawah 10 kilometer, tetapi juga rasa aman dan puas saat menerima mobil baru idamannya sampai di tangan dengan kondisi tanpa cacat. Mobil baru pun akan benar-benar terasa layaknya mobil yang sangat baru.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s