Proton kembali ke Indonesia dengan produk unggulan


Perusahaan Otomobil Nasional Sdn. Bhd. yang lebih dikenal dengan Proton dan berdiri sejak tahun 1983, merupakan hasil ide besar negara jiran Malaysia dalam membangun industri otomotif nasionalnya. Produknya pun semakin diminati, terutama sejak menggandeng Lotus dari Inggris yang menjadi konsultan teknologi mesin dan desainnya.

Kehadiran Proton di Indonesia sebenarnya bukan hal yang baru mengingat beberapa tahun lalu produk Proton Saga telah wara-wiri di Jakarta sebagai moda transportasi taksi. Berbekal pengalaman dan semakin berkualitasnya produk yang dilepas ke pasaran, Proton kembali hadir di Indonesia sejak tahun 2007 lewat PT Proton Edar Indonesia (PEI). Sebagai pemain baru, Proton menyikapi kondisi pasar di Indonesia dengan menghadirkan beberapa produk yang mendapat respon positif konsumen.

Menurut Director Sales Operation, Marketing & After Sales Service PT Proton Edar Indonesia Frans C. Harsono, semua unit Proton yang dipasarkan di Indonesia diimpor secara utuh dari Malaysia. Selain faktor geografis dan kondisi cuaca yang tak berbeda dengan Indonesia, unit yang diproduksi pun telah melewati uji kontrol dengan standar eropa. Itu pula yang menjadi alasan mengapa pihak Proton yakin dengan ekspektasi konsumen di Indonesia terhadap produk-produknya. Beberapa alasan yang dikemukakan Frans C. Harsono soal varian produknya yang dipasarkan di Indonesia, Proton akan ikut meramaikan pasar dengan rentang kisaran harga Rp. 100-150 juta. Di kisaran itu memang diakui Frans C. Harsono persaingannya sangat ketat. “Dengan keunggulan engine, desain eksterior dan interior, kami yakin produk Proton akan diterima konsumen,” ujarnya.

Dengan jumlah penduduk terbesar di Asia tenggara, Indonesia memang menjadi pasar yang paling potensial. Keyakinan itu memang tak berlebihan melihat prestasi Proton sebagai pendatang baru yang telah mampu menjual 1500 unit sejak 2007 lalu. Dengan prestasi tersebut, Frans pun yakin jika target penjualan sebanyak 4.000 unit pada tahun 2008 ini akan tercapai.

Seiring dengan dicanangkannya target tersebut, PEI pun terus berupaya memberikan layanan terbaik, termasuk menambah jumlah jaringan penjualan dan layanan purna jualnya. Selain kota-kota besar di Pulau Jawa seperti Bandung, Surabaya, dan Semarang, juga akan merambah ke Sumatera, Kalimantan, dan Sulawesi. Di Jakarta sendiri, selain yang sudah ada di Slipi, dalam waktu dekat akan menambah tiga outlet lagi di Kalimalang, Kepada Gading, dan

Frans menganggap Proton adalah produk unik berbasis Jepang yang kental dengan rasa Eropa. “Artinya, konsumen akan mendapatkan handling luar biasa pada Proton dengan harga yang lebih terjangkau dibandingkan produk sekelasnya,” tambahnya.

Jajaran produk Proton yang sudah dipasarkan di Indonesia adalah Savvy, Gen2, Waja, dan Neo. Savvy dan Gen2 menjadi penyumbang angka penjualan terbanyak. Dan bersamaan dengan penyelenggaraan Indonesian International Motor Show 2008, menurut Frans, pihaknya akan meluncurkan dua produk barunya dengan basis mesin berkapasitas 1600 cc. Momen IIMS tersebut dipilih mengingat pada beberapa penyelenggaraannya selama ini mampu mengangkat imej dan menarik minat masyarakat terhadap produk baru.

2 thoughts on “Proton kembali ke Indonesia dengan produk unggulan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s