Pentingnya Ban untuk Kenyamanan dan Keselamatan Berkendara


Salah satu faktor penting yang mendukung kenyamanan dan keselamatan saat berkendara adalah ban. Dengan kondisi ban yang optimal, pengendalian saat mengemudikan mobil menjadi lebih mudah. Tapi tak banyak yang mengetahui sejak kapan fungsi ban bisa menambah tingkat kenyamanan berkendara. Pada awalnya, ban memang tidak dikenal karena didahului kemunculan roda. Sedangkan ban dengan udara yang kita kenal saat ini cikal bakalnya berawal dari upaya JB Dunlop untuk menjawab keluhan anaknya yang merasa kurang nyaman dengan sepeda roda tiganya. Disusul kemudian ditemukannya ban dalam dan ban luar yang terus berkembang hingga kini, termasuk ban jenis tubeless yang tanpa ban dalam. Dunlop sendiri kini menjadi merek ban terkemuka dunia dengan beragam produk yang telah menggoreskan jutaan telapaknya di jalan raya di seluruh dunia. Hingga pada tahun delapan puluhan Sumitomo Rubber Industries Ltd. mengambil alih pengoperasian Dunlop di Jerman, Inggris, Perancis dan Amerika Serikat. Itulah awal berkembangnya Dunlop dengan sangat pesat, khususnya dalam bidang pengembangan teknologi, kapasitas produksi, serta pemasaran dengan jaringan global di seluruh dunia.

Di Indonesia, kiprah Dunlop secara resmi dimulai sejak tahun 1997 saat dibangunnya pabrik ban baru di sebuah kawasan industri di Cikampek, Jawa Barat, dengan nama PT Sumi Rubber Indonesia (Surindo). Menurut Tjutju Dharmawan, Deputy General Manager Sales & Marketing Surindo, proses produksi pun mulai diuji coba pada Januari 1997 dan pada bulan April tahun yang sama Surindo berhasil membuat ban bermerek Dunlop pertama di Indonesia. Surindo pun langsung tancap gas dengan melakukan ekspor perdananya satu bulan kemudian dengan tujuan Amerika Serikat.

Dengan kestabilan kualitas ban Dunlop produksi Surindo dan keseragaman proses produksi di seluruh pabriknya, sejumlah prestasi secara berturut-turut mulai diraih. Mulai dari ISO 9002-1994, SNI, ISI 9001-2000, hingga ISO 14001. Demikian pula dengan pencapaian produksi 10 juta ban pada tahun 2001 dan yang terakhir pada April 2009 lalu mencatat produksi ban Dunlop di Indonesia yang ke 100 juta. Sebuah prestasi dan pencapaian yang luar biasa setelah 12 tahun beroperasi dengan beragam produk ban untuk truk dan bus, ban mobil penumpang, dan ban sepeda motor.

Pencapaian dan raihan prestasi Dunlop di Indonesia memang tak main-main. Hal itu terlihat dari digunakannya ban Dunlop sebagai ban orisinal pabrikan atau lebih dikenal dengan sebutan OEM (Original Equipment Manufacturer) untuk mobil yang dipasarkan di Indonesia seperti Lexus (LX 570, RX 350, dan GS 300), Toyota (Alphard, Altis, Kijang Innova, Vios, Rush, Yaris, Avanza, Hi Lux), Mitsubishi (Triton GLS), Honda (New CRV, New Jazz, dan Freed), Daihatsu (Terios, Xenia, dan Gran Max), Suzuki (Grand Vitara dan Neo baleno), Nissan (Livina), dan Isuzu (Panther). “Dengan digunakannya Dunlop sebagai OEM (ban orisinal) pabrikan pada mobil-mobil yang banyak diminati konsumennya, tentu saja akan memudahkan konsumen saat hendak mengganti dengan ban yang baru,” ujar Hendra Himawan, Deputy General Manager Marketing & Sales Planning Surindo. Menurut Hendra Himawan, untuk menjadi ban orisinal pabrikan, prosesnya tak semudah yang diperkirakan. Ada beberapa tahapan yang diawasai ketat oleh pihak pabrikan hingga akhirnya disetujui oleh prinsipalnya. Untuk itu, tambah Hendra, Surindo selalu aktif mengikuti prakonvensi dan konvensi yang secara periodik digelar oleh pabrikan dan prinsipalnya.

Kini, setelah pabrik kedua secara resmi beroperasi pada akhir 2001, maka dari kedua pabrik Surindo di Cikampek tersbuit telah mampu memproduksi ban dengan kapasitas 48 ribu ban setiap harinya. Pada tahun 2009 ini, Surindo mentargetkan mampu memproduksi ban mobil sebanyak 15 juta ban dan ban sepeda motor sebanyak 5 juta ban. Untuk pelayanan yang lebih baik dan lebih menjangkau konsumennya, Surindo terus mengembangkan jaringan penjualannya. Seperti Dunlop Tyre Shop Group dan Dunlop Shop. Dan yang terbaru adalah jaringan Pro Shop yang sudah hadir di Bandung, Makassar, dan Jakarta, yang secara eksklusif hanya menjual produk ban Dunlop.

Dengan kualitas produk yang handal, Surindo pun tetap berkomitmen untuk selalu meluncurkan produk baru setiap tahunnya. Pada tahun 2009 ini, Surindo meluncurkan Dunlop seri Veuro VE 302 yang membidik segmen premium comfort yang menginginkan berkendara dengan nyaman, tidak berisik (low noise). Ban seri Veuro VE 302 ini sangat cocok untuk mobil kelas menengah ke atas (luxury car) jenis sedan maupun multipurpose vehicle (MPV). Dengan begitu, jajaran produk ban radial Dunlop pun mampu memenuhi berbagai tingkat kebutuhan konsumen mulai dari produk standar yang ekonomis hingga produk premium.

Tak hanya sampai di situ, Surindo pun juga berkomitmen memberikan edukasi bagi masyarakat luas melalui berbagai aktivitas seperti safety driving dan safety riding yang diyakini akan memberikan dampak positif untuk menekan angka kecelakaan di jalan raya. Demikian pula dengan Dunlop Goes to Campus yang akan memberikan wawasan baru kepada kalangan mahasiswa di sejumlah perguruan tinggi seperti Universitas Indonesia, Universitas Trisakti, Universitas Tarumanegara. Universitas Pelita Harapan, dan Universitas Gajah Mada. Selain itu, dunia olahraga otomotif nasional pun juga mendapat dukungan Surindo. Itu semua menjadi komitmen Surindo yang terus berupaya menjaga kualitas produk dan lebih dikenal lewat produk ban berkualitas global dengan merek Dunlop. Bahkan ke depannya, Dunlop juga akan bertekad menjadi yang terbesar di pasar ban domestik.

2 thoughts on “Pentingnya Ban untuk Kenyamanan dan Keselamatan Berkendara

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s