Nissan Livina XR


Sang Fenomena yang Inspiratif

Dalam beberapa tahun terakhir, pertumbuhan pasar mobil di kelas hatcback di Indonesia semakin pesat. Bahkan kehadiran Nissan Livina XR pada awal tahun 2008, diyakini semakin menambah ketatnya persaingan. Namun PT Nissan Motor Indonesia (NMI) tampaknya sudah berhitung dengan berbagai keunggulan yang dimiliki Livina XR dibanding kompetitornya. Lihat saja dimensinya yang hanya 24 cm lebih pendek dari pendahulunya, Nissan Grand Livina, yang sukses diluncurkan tahun 2007 lalu. Setidaknya dimensi itu berdampak pada semakin leganya kabin, khususnya di kelas hatchback. Masuk ke dalam kabin Livina XR, ruang penumpang yang cukup lapang takkan jadi masalah diisi lima penumpang dewasa plus sejumlah barang bawaan. Apalagi ditambah dengan fleksibilitas dalam pengaturan barang dan penumpang. Jadi tak berlebihan jika Livina XR memiliki kabin terlega di kelasnya.

Kehadiran Nissan Livina XR, bisa dikatakan sebagai fenomena baru di kelas hatchback. Hal itu tercermin dari fitur-fitur yang tersedia dengan penempatannya tergolong ergonomis dan user friendly layaknya versi Grand Livina. Selain head unit audio 2 DIN dan kemampuan center cluster fan menyejukkan seluruh kabin, beberapa aksesoris seperti wooden panel, seat belt pad, seat cover pocket, full seat cover, luggage tray, dan ashtray, ikut menambah nuansa kemewahan interiornya.

Kemewahan eksteriornya juga terlihat pada tampilan standar maupun aksesoris tambahan seperti door visor, body side moulding, door mirror cover with turning lamp, fog lamp kit, hood insulator, parking sensor, door edge moulding, tail pipe finisher, rear wiper, high mounted stop lamp, side vehicle turn light, stylish grille, alloy wheel, chrome door handle, body color side mirror cover, easy grip hatch release, mudguard, dan headlamp. Salah satu fitur standar mobil papan atas yang sudah diadopsi Nissan Livina XR adalah fitur anti pinch power window yang mampu mencegah kemungkinan terjepitnya jari atau tangan saat kaca samping pengemudi menutup.

Keunggulan lain Nissan Livina XR terletak pada faktor keselamatan yang tercermin dari rancang bangun bodi kendaraan (zone body concept) untuk melindungi penumpang dengan tiga eleman utama. Di antaranya adalah safety zone dengan memperkokoh bagian rangka kabin untuk perlindungan dari benturan keras. Demikian pula dengan side impact bar yang terbuat dari pipa baja yang diperkuat sebagai perlindungan benturan keras dari samping. Elemen utama lainnya adalah collapsible steering column yang memungkinkan batang kemudi akan turun dengan sendirinya saat terjadi benturan keras dari depan, sekaligus menghindari tubuh pengemudi dari benturan roda kemudi.

Mesin tipe HR15DE dari bahan alumunium yang berkapasitas 1500cc serta aplikasi teknologi CVTC (Continuously Variable Valve-Timing Control), mampu memberikan performa yang responsif pada setiap tingkat percepatan. Namun demikian, konsumsi bahan bakar Nissan Livina XR tetap hemat. Apalagi faktor kenyamanannya juga ditunjang oleh suspensi yang mumpuni untuk kestabilan pada kecepatan tinggi maupun di berbagai kondisi jalan.

Untuk keleluasaan dan selera berkendara, Nissan Livina XR hadir dalam dua pilihan transmisi, manual dengan lima percepatan dan otomatis empat percepatan. Demikian pula dengan pilihan warna-warna memikat seperti burning red, pacific blue, black sapphire, diamond silver metallic, dan grey metallic.

Dengan berbagai keunggulan yang dimilikinya, Nissan Livina XR memiliki peluang untuk merasakan ceruk pasar di kelas hatchback. Setidaknya desain, fitur, serta performanya akan mampu diserap konsumen dari kalangan para pribadi usia muda yang dinamis, serta tergolong memiliki aktivitas dan mobilitas yang cukup tinggi, termasuk juga kalangan mahasiswa yang selalu ingin tampil lebih fresh dalam kesehariannya.

Itu pula yang dirasakan Hari Budiman (24), mahasiswa semester akhir sebuah perguruan tinggi di kawasan Depok. “Livina XR sangat membantu kesibukan saya dalam menyelesaikan tahapan skripsi. Saya juga lebih pede saat mengajak beberapa teman mencari referensi atau saat melepas kejenuhan. Kabinnya ekstra luas dan sangat fleksibel. Dan yang juga penting, BBM-nya lumayan irit loh,” ujarnya. Hari mengaku Livina XR miliknya kerap tak terduga harus menuruti aktivitasnya yang semakin bertambah menjelang akhir semester genap tahun ini, sekaligus menantikan kelulusannya. Tak hanya Hari, perasaan puas saat mengendarai Livina XR juga terungkap dari kalangan lainnya. “Livina XR memang sangat unggul di kelasnya. Tak ada kata yang pantas selain rasa puas,” komentar singkat Heru Catur (37) tentang Livina XR black sapphire miliknya yang selalu menyertainya di tengah kesibukannya sebagai branch manager di sebuah perusahaan pembiayaan internasional di Jakarta.

Komentar saja memang tak cukup. Jadi segera saja rasakan secara langsung sensasi dan pengalaman terbaru berkendara bersama Nissan Livina XR, sang fenomena baru di kelas hatchback yang sangat inspiratif.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s