Mengangkat Harkat dan Potensi Alam Serasan Sekundang


Menjadi salah satu kabupaten terkaya di Provinsi Sumatera Selatan, tentu saja harus diikuti dengan rencana strategis Pemerintah Kabupaten Muara Enim untuk mendorong peningkatan sumber daya mineral dan energi yang dimilikinya. Kabupaten Muara Enim memiliki sumber daya mineral dan energi yang melimpah seperti batubara (± 6,25 milyar ton), minyak bumi (2,94 juta MSTB), gas bumi (1,383,68 BSCF), air –Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro— (± 2.190,97 KW), panas bumi (± 1.310 Mwe), dan coal bed methane (34,305 TSCF). Itu berarti menunjukkan adanya peluang dan tantangan untuk dapat mengolahnya sekaligus meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui penyediaan energi yang mencukupi. Dari usaha pertambangan tersebut, Pemkab Muara Enim mendapatkan kontribusi pajak, retribusi, dan royalti.

Sementara potensi sumber daya pertanian di Kabupaten Muara Enim meliputi sub sektor perkebunan, tanaman pangan, peternakan, kehutanan, dan sub sektor perikanan. Karet, kopi, dan kelapa sawit menjadi primadona produk perkebunan. Sub sektor tanaman pangan diisi produk padi, jagung, ketela, kacang-kacangan, sayuran, dan buah-buahan. Sedangkan budidaya ternak ayam ras pedaging dan ayam petelur ikut menopang keberhasilan sektor peternakan. Sektor peternakan memperlihatkan kegairahan tersendiri dengan keberhasilannya mengentaskan kemiskinan dalam program Gerbang Serasan.

Di sub sektor kehutanan yang relatif kecil dengan produk utama kayu gelondongan, kayu bakar, dan lainnya, hingga kini masih terkendala dengan upaya-upaya pelestaraian lingkungan hidup. Sedangkan sub sektor perikanan yang kerap mengalami pasang surut dalam pertumbuhannya, lebih banyak mengalami kendala dengan kerusakan ekosistem pengairannya.

Lalu bagaimana dengan potensi wisata di Muara Enim?

Dengan memprioritaskan pada wisata alam dan budaya, Pemkab Muara Enim telah menetapkan sejumlah kawasan wisata yang memiliki keindahan panorama alam, kebudayaan masyarakat, dan bangunan peninggalan sejarah. Demikian pula dengan lokasi tambang batubara dengan proses produksinya yang dapat dijadikan objek wisata ilmu pengetahuan.

Untuk mendukung pengembangan pariwisata di kawasan Kabupaten Muara Enim, hingga kini terus dilakukan penambahan berbagai fasilitas pendukungnya, seperti rumah makan, penginapan, termasuk infrastruktur seperti jalan, jembatan, dan moda transportasi yang semakin baik dan memudahkan untuk mencapai lokasi wisata yang akan dikunjungi. Gedung Kesenian Putri Dayang Rindu pun dibangun sebagai wadah aktivitas budaya.

Beberapa obyek wisata yang diunggulkan Pemkab Muara Enim, di antaranya adalah Air Terjun Curug Tenang di Desa Bedegung, Tanjungagung, yang tak pernah kering walau saat kemarau panjang. Lokasinya dikelilingi lahan pertanian yang subur dan hutan lindung yang hijau. Namun jika ingin sedikit memacu adrenalin, lokasi Curug Ayun Ambatan Pulau bisa menjadi tujuan wisata bagi penggemar olahraga arum jeram.

Potensi wisata lainnya adalah keindahan panorama Air panas Gemuhak dan Danau Segayam. Lokasi Air Panas Gemuhak yang berudara sejuk berjarak sekitar 90 Km dari Muara Enim, tepatnya di desa Penindaian, Kecamatan Semendo Darat Laut. Sadangkan Danau Segayam yang kaya dengan biota ikan hiasnya sangat cocok untuk perkemahan dan olahraga dayung. Yang tak kalah menariknya adalah Candi Bumi Ayudi di Kecamatan Tanah Abang. Candi Bumu Ayu merupakan satu-satunya komplek percandian di Sumatera Selatan yang memiliki sembilan buah candi yang menempati areal seluas 75, 56 ha.

Dengan beragam kekayaan yang dimiliki, bumi Serasan Sekundang akan ikut terangkat harkatnya, termasuk potensi-potensi alam yang akan terus memberikan kontribusi positif bagi kemajuan Kabupaten Muara Enim.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s