Kijang, MPV Keluarga Indonesia


Beragam kebutuhan keluarga maupun aktivitas lainnya akan sangat terbantu dengan kehadiran kendaraan, khususnya kendaraan penumpang. Dengan beragam tingkat kebutuhan dan melihat kondisi jalan di kota-kota besar, beberapa kendaraan kategori MPV (Multi Purpose Vehicle) di kelas medium 4×2 bisa dijadikan pilihan bijak. Namun demikian, sebelum memastikan pilihan, ada baiknya memperhatikan sejumlah faktor yang ikut menentukan sesuai dengan kebutuhan. Demikian pula dengan kondisi cuaca, termasuk bencana banjir yang sempat melanda sebagian besar wilayah di Jakarta dan sekitarnya. Artinya, pengetahuan dan kemampuan mengemudi juga sangat diperlukan untuk mengantisipasi hal yang tidak diinginkan, seperti mogok dan menghadapi banjir.

Sebelum berkendara, sebenarnya secara rutin harus mempersiapkan hal-hal yang menyangkut kondisi kendaraan. Coba periksa jumlah bahan bakar dan kondisi ban. Demikian pula dengan kerja lampu pada panel indikator. Cek pula kerja sistem pembersih kaca (wiper). Salah satu yang wajib diperhatikan adalah kondisi kerja rem sebagai komponen vital penghenti laju kendaraan.

Pada musim hujan, pengendara akan menghadapi beberapa kondisi umum. Jika suatu ketika menghadapi jalan yang terendam banjir, harus bisa dipastikan bahwa ketinggian air tidak melebihi muffler (knalpot) dan air cleaner (saringan udara). Umumnya kendaraan kategori MPV memiliki floor clearance cukup tinggi. Namun, lebih baik hindari jalan tersebut jika ketinggian air dipastikan telah melebihi ketinggian knalpot dan saringan udara. Hindari pula gelombang air yang bisa mengakibatkan mesin mati.

Dalam kondisi tertentu, bisa saja kendaraan terpaksa harus ditinggalkan di lokasi banjir. Sebelum meninggalkan kendaraan, pastikan baterai (accu) sudah dilepas dari mobil, serta menutup knalpot dan saluran saringan udara dengan rapat. Cek semua pintu agar tertutup rapat dan periksa untuk meyakinkan kendaraan tidak akan bergeser dari tempatnya.

Andai terpaksa melewati genangan banjir, jalankan kendaraan dengan rpm tinggi dan posisi gigi rendah 1 atau 2 (2000–3000 rpm) dan jangan diayun atau diturunkan. Jika kendaraan tiba-tiba mati, berusahalah untuk tetap tenang dan pastikan kunci pada posisi off. Coba periksa apakah knalpot terendam air dan air cleaner basah atau tidak. Jika terdapat air lebih baik jangan dihidupkan karena bisa berdampak kerusakan parah pada sistem kelistrikan dan mesin. Bawalah kendaraan ke bengkel dengan cara ditarik atau hubungi bengkel terdekat.

Nah, bicara soal kendaraan yang multiguna dan mampu melibas banjir, kategori MPV memang bisa jadi pilihan bijak. Kelebihan MPV, selain memiliki kabin yang lega, juga memiliki floor clearance yang cukup tinggi. Salah satu MPV paling populer di Indonesia adalah Toyota Kijang yang sudah lebih dari tiga dekade hadir di Indonesia. Dengan kemampuan mengakomodasi kebutuhan sebagai kendaraan penumpang, membuat Kijang tetap memimpin pasar hingga kini.

Sebagai generasi terakhir keluarga Kijang, penampilan dan performa Toyota Kijang Innova terbukti sangat mumpuni dalam berbagai kondisi jalan di Indonesia. Dengan floor clearance yang cukup tinggi di kelasnya, Toyota Kijang Innova menjadi kendaraan MPV favorit, terutama dengan kondisi sebagian besar jalan di Jakarta yang rawan tergenang banjir. Kondisi banjir ringan ataupun sedang, mampu dilibas tanpa masalah berarti. Penampilan eksterior dan kelengkapan interiornya yang mewah, menempatkan Kijang Innova dengan resale value yang tinggi di antara pesaing di kelasnya.

Sejak awal kehadirannya di Indonesia, Toyota Kijang memang didesain sesuai dengan kondisi jalan di Indonesia. Dengan kapasitas kabin yang lega dan serba guna, membuatnya menjadi kendaraan idaman keluarga untuk mendukung beragam aktivitas sehari-hari. Keandalannya pun sudah terbukti, bahkan Toyota Kijang generasi pertama masih dengan mudah dijumpai di berbagai wilayah di Indonesia. Kini, tinggal sejauh mana Anda bijak dalam menentukan pilihan berkendara.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s