Foton Segera Luncurkan Produk Baru


Perkembangan angka penjualan produk otomotif di Indonesia pada tahun 2009 dirasakan cukup menggembirakan. Apalagi setelah pada tahun lalu banyak kalangan yang melihat dan memprediksi perkembangan ekonomi tak akan lebih baik akibat krisis finansial. Produsen otomotif pun ramai-ramai merevisi target penjualannya untuk tahun 2009. Walau begitu, pelaku bisnis otomotif tetap optimis terhadap daya serap pasar.

 

Demikian pula yang dialami PT Indobuana Autoraya (Ibar) selaku agen tunggal pemegang merek (ATPM) truk Foton yang telah merevisi target angka penjualannya untuk tahun 2009 ini. Menurut Paulus B Suranto, Chief Executive Officer (CEO) PT Ibar, target angka penjualan yang paling realistis bagi Foton adalah 350 unit hingga akhir 2009. Hal itu didukung oleh angka penjualan sejak Januari 2009 hingga Agustus 2009 yang meningkat rata-rata 6% tiap bulannya. Selama periode tersebut, Ibar telah berhasil membukukan angka penjualan 263 unit. Dengan angka tersebut, Ibar tetap optimis, target yang dicanangkan akan dapat dicapai akhir tahun ini.

Hal lain yang memicu peningkatan tersebut, salah satunya adalah turunnya suku bunga Bank Indonesia hingga 6,5% yang secara signifikan ikut mendorong pertumbuhan ekonomi. Ibar sendiri yang berkonsentrasi dengan produk kendaraan niaga kategori II (berat 5-10 ton), tentu saja ikut bergantung kepada pergerakan ekonomi. “Apalagi sekitar 95% penjualan mobil niaga sangat bergantung kepada lembaga pembiayaan. Namun demikian, kami berharap setelah Lebaran ini penjualan akan kembali meningkat,” ujar Paulus B Suranto di sela berbuka puasa beberapa hari jelang Lebaran di Jakarta, September 2009 lalu.

Sebagai produk yang mengusung merek dari negeri tirai bambu, Foton memang tak mudah untuk langsung bersaing dan menjadi pemain tangguh di kelasnya. Setidaknya dalam beberapa tahun sejak kemunculannya, Foton harus membuktikan kualitasnya tidak kalah dengan para pesaingnya, terutama yang berasal dari pabrikan Jepang. Apalagi di kelasnya telah bercokol nama-nama besar seperti Mitsubishi, Isuzu, Toyota, dan Hino.

Sebagai sebuah produk kendaraan, Foton telah membuktikan diri sebagai produk kendaraan niaga nomor satu di China dengan catatan total angka penjualan pada tahun 2008 lalu sebanyak 600 ribu unit untuk semua tipe yang dijualnya. Angka sebesar itu nyaris sama dengan angka penjualan otomotif domestik di Indonesia. Berdiri sejak tahun 1996, Foton kini telah memiliki pusat riset dan pengembangan di Jerman yang bekerja sama dengan salah satu produsen otomotif terkemuka di dunia, Daimler. Produk-produknya pun telah menyebar ke berbagai negara penjuru dunia, termasuk Vietnam, Thailand, Filipina, Rusia, Puerto Rico, hingga ke sejumlah negara di Timur Tengah.

Produk truk Foton diimpor secara terurai (CKD) dari China ke Indonesia dan dirakit di PT National Assembler, perusahaan perakitan mobil milik Indomobil Group yang berlokasi Pulo Gadung, Jakarta Timur. Untuk ketersediaan dan kebutuhan suku cadang, Ibar telah memiliki pusat gudang suku cadang di Ancol, Jakarta, dan berani memberikan jaminan 2 x 24 jam untuk suku cadang fast moving. Dan untuk mendukung layanan purna jualnya, Ibar juga telah siap melayani dengan 23 dealer dan sejumlah unit mobil service.

Foton sendiri merupakan truk ringan yang dibanderol lebih murah 30% dibandingkan dengan pesaing di kelasnya. Demikian pula dengan harga suku cadangnya. Dengan begitu, biaya operasionalnya juga diyakini jauh lebih rendah. Untuk pangsa pasar kendaraan niaga di tanah air, pada tahun 2009 diprediksi akan meraih angka penjualan sebanyak 135 ribu unit dengan kenaikan rata-rata 8% tiap bulannya. Prediksi tersebut menunjukkan penurunan yang cukup signifikan jika dibandingkan angka penjualan pada tahun 2008 sebanyak 205 ribu unit. Dari prediksi 135 ribu unit, capaian semester pertama 2009 mencatat angka penjualan sebanyak 29.231 unit yang 34% di antaranya diraup kendaraan niaga Kategori I dan 27% untuk Kategori II. Sedangkan peningkatan angka penjualan paling tinggi selama semester awal 2009 terjadi pada Januari-Februari sebesar 29% dan Mei-Juni sebesar 19%.

Ibar sendiri sebenarnya telah menunda peluncuran produk barunya di kelas pick-up. Menurut Paulus B. Suranto, diperkirakan peluncuran produk baru Foton tersebut baru bisa terlaksana kwartal keempat 2009. Produk baru dengan mesin diesel berkapasitas 2.200 cc tersebut diharapkan mampu terjual 1.500 unit setiap tahunnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s