Antara Mobilitas dan Kemampuan


Banyaknya merek dan spesifikasi komputer tampaknya memang memudahkan untuk memilih komputer yang sesuai dengan kebutuhan. Bahkan kebutuhan pun juga bisa disesuaikan dengan dana yang dimiliki. Apalagi harga satu set komputer kini semakin terjangkau dengan spesifikasi yang semakin lengkap pula. Memilih komputer, ibarat memilih makanan yang disukai. Dengan kemampuan yang beragam, kini tersedia pula komputer yang sangat hemat energi dengan ukuran yang lebih kompak.

Walau terlihat mudah, namun untuk menentukan pilihan kadang bisa saja membingungkan. Secara mendasar, pemilihan antara personal computer (PC) dan laptop lebih kepada mobilitas dan kemampuan saja. PC jelas lebih unggul dalam hal kemampuan unjuk kerjanya, sedangkan laptop lebih kepada mobilitasnya.

Namun demikian ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan. Salah satunya adalah sejauh mana tingkat kebutuhan terhadap teknologi prosesor terbaru dan tercepat? Bila kebutuhannya mencakup teknologi grafik yang cukup tinggi seperti mengedit foto atau video, atau kerap bermain game, prosesor terbaru dan tercepat sudah pasti sangat dibutuhkan untuk mendukung tingginya aktivitas. Namun jika kebutuhannya hanya untuk aktivitas sehari-hari, prosesor standar atau setidaknya dua sampai tiga tingkat di bawah prosesor tertinggi sudah lebih dari cukup untuk aktivitas seperti mengetik, berinternet ria, mendengarkan lagu atau menonton video.

Yang berikutnya adalah memori (memory/RAM). Dengan memasang memori yang semakin besar, maka kinerja komputer akan semakin baik saat menjalankan setiap aplikasi. RAM dengan kapasitas 512 megabyte sudah lebih dari sukup untuk kebutuhan standar sehar-hari. Namun kinerjanya akan lebih baik lagi jika bisa membeli RAM berkapasitas 1 gigabyte. Jika berpikir suatu saat nanti akan membutuhkan RAM tambahan, pastikan lebih dulu apakah motherboard pada computer masih menyediakan ruang (slot memory) untuk menanamkan RAM tambahan.

Demikian pula dengan penambahan kartu grafis (graphics board/RAM) untuk kebutuhan tampilan gambar yang lebih baik. Kartu grafis standar yang umumnya sudah menyatu dengan motherboard, biasanya sudah mencukupi untuk menjalankan semua aplikasi yang dibutuhkan. Untuk spesifikasi lebih tinggi, penambahan kartu grafis memang diperlukan.

Saat ini ada dua pilihan jenis monitor, yaitu cathode ray tube (CRT) dan liquid crystal display (LCD). Monitor jenis CRT berharga lebih murah dibandingkan LCD, namun CRT menyita ruang lebih banyak, lebih berat, dan pemakaian listriknya kurang efisien. Sedangkan LCD sebenarnya sama dengan yang digunakan pada laptop, hanya saja didesain khusus untuk PC. Desain yang ramping membuat LCD lebih kompak dan sedap dipandang. Namun harga LCD akan memaksa merogoh isi kantong lebih dalam dibanding harga CRT.

Nah, untuk media penyimpanan data, PC maupun laptop memerlukan hardisk  yang mampu menyimpan banyak data. Jika kebutuhannya hanya untuk aktivitas standar sehari-hari, kapasitas 80 gigabyte sudah sangat mencukupi. Nmaun jika kerap menyimpan data dengan file yang besar seperti foto, musik, maupun video, bisa dipetimbangkan untuk memilih kapasitas hardisk yang lebih besar lagi.

Sedangkan pilihan untuk hemat energi, kini bisa ditilik produk deskbook seperti yang sudah dirilis Apple, NEC, dan Advan. Kuncinya terletak pada integrasi monitor LCD dan CPU yang pada akhirnya mapu menekan kebutuhan listrik yang jauh lebih hemat. Dengan desain yang sangat kompak, ketiga produsen tersebut mencoba menawarkan pilihan komputer yang mampu menghemat listrik hingga 85%! Tentukan saja pilihan Anda.

One thought on “Antara Mobilitas dan Kemampuan

  1. BUAT SOBAT SEMUA… DUKUNG YA… DAFTAR DI KOMUNITAS INDONESIA INI… TAMBAH BANYAK TEMEN, DAN DAPATKAN VISITOR BAGI BLOG ANDA DENGAN MENGGUNAKAN FASILITAS LINK BALIK DARI ALFATAM.COM , SERTA UNDANG DAN BERITAHUKAN PADA TEMAN DAN KERABAT ANDA SEMUA TENTANG KEHADIRAN ALFATAM.COM INI. THANKS ATAS PERHATIANNYA DAN DUKUNGAN SOBAT-SOBAT SEMUA .

    BACA INFONYA DI http://alfatam.wordpress.com/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s