All New Honda Jazz Tuning Contest 2009


Siap Kontes dengan Merek Lain

Honda All New Jazz yang menjadi varian penyumbang angka penjualan terbesar di kelasnya, memang tak diragukan lagi menjadi magnet yang kuat bagi penggunanya. Dengan tampilan eksterior dan interior yang menarik, menjadikan dorongan modifikasi berbagai aliran lebih mudah diaplikasi. Begitu tingginya minat memodifikasi Honda All New Jazz, kontes pun menjadi ajang yang ditunggu-tunggu. Itulah yang diungkapkan Direktur Utama PT Honda Prospect Motor Yukihiro Aoshima saat membuka Jazz Tuning Contest 2009, di Mal Taman Anggrek, Jakarta, Kamis pekan lalu. Dalam gelaran kontes yang sudah menginjak tahun kelima ini, dari tahun ke tahun selalu mengalami perubahan modifikasi yang positif. “Tanggapan luar biasa dari modifikator terlihat dari standar kualitas kontestan. Itu menjadi patokan ajang kontes ini,” ujar Aoshima.

Dalam ajang kontes modifikasi tersebut, selain kuantitas peserta, juga dituntut kreativitas peserta yang hadir dengan berbagai aliran modifikasi. Bakat kreatif dan semangat tinggi peserta sangat sepadan dengan produk Honda Jazz yang inovatif. Dalam Jazz Tuning Contest 2009, berhasil menjaring 98 kontestan. Pesertanya tak hanya datang secara individu, tetapi juga berasal dari komunitas penggemar Honda All New Jazz seperti Komunitas Genji (GE New Jazz Indonesia) yang menyertakan beberapa unit Honda All New Jazz yang sudah dimodifikasi. Menurut salah satu anggotanya, Tambahan nama GE sendiri berasal dari kode produksi Honda All New Jazz.

Sementara itu, Jonfis Fandy, Direktur Pemasaran dan Layanan Purna Jual HPM mengutarakan bahwa kontes tahun ini sudah pasti dengan modifikasi yang berbeda dengan kontes serupa tahun lalu. Hal itu tentu saja disesuaikan dengan tampilan baru Honda All New Jazz yang lebih memikat para modifikator dari berbagai aliran. Dari 20 finalis, tampaknya beberapa aliran seperti elegan dan racing masih mendominasi kontes kali ini. Namun demikian, ada juga peserta yang mencoba mengandalkan kualitas tata suara atau konsep harian yang lebih fleksibel.

Kelima dewan juri kontes yang memberikan penilaian, tampaknya juga tak mudah untuk menentukan pemenang. Dalam kontes yang mengambil tema “Cool, different, and creative”, tampilan unit Honda All New Jazz yang sudah dimodifikasi harus bersaing ketat dengan mengedepankan kualitas produk. Saat diumumkan Sabtu lalu (7/11), kontestan nomor 16, Iman, berhasil meraih enam kategori. Raihan yang didapat Iman membuatnya dinobatkan sebagai The King of All New Jazz Tuning Contest 2009, yang dikuti Monika sebagai runner up I dan Erwin sebagai runner up III.

Sebagai The King, Iman memang mempersiapkan Honda All New Jazz warna hitamnya dengan detail yang nyaris sempurna. Konsep elegan yang menjadi andalannya boleh dibilang sangat apik dalam pengerjaannya, termasuk kualitas produk yang digunakannya.  Mulai dari body kit, car theatre, desain interior, hingga bagian kaki-kakinya. Kepuasan tampak terpancar jelas di wajah Iman yang mengaku telah menghabiskan biaya modifikasi lumayan besar untuk mobil sekelas Honda All New Jazz.

Ke depannya, ajang ini akan dijadikan HPM untuk lebih mendorong kreativitas modifikator untuk meningkatkan motivasi agar mampu menghasilkan karya yang lebih baik lagi. “Ini menjadi ajang mereka dan salah satu cara agar mereka siap dan dapat berprestasi dalam ajang kontes di luar yang langsung berhadapan dengan merek lain, termasuk tren modifikasinya. Ajang ini diharapkan akan terus berlanjut pada tahun depan,” tambah Jonfis Fandy.

Ditambahkan oleh Jonfis Fandy, munculnya pemain baru dan tren baru modifikasi, tentu saja akan menambah greget dan kualitas kontes. “Apalagi dengan eksterior yang sudah cukup baik serta dukungan teknologi yang memudahkan modifikator membuat kreasi baru yang bisa dibanggakan,’ tambahnya.

Menilik produk Honda All New Jazz sendiri, tentu saja tak lepas dari kesuksesan saat Honda Jazz mulai diluncurkan beberapa tahun lalu. Kemunculan dan juga kesuksesan Honda Jazz tak tergoyahkan, bahkan hingga kemunculan generasi berikutnya, Honda All New Jazz, pada tahun 2008 lalu. Tampilan eksterior dan interiornya semakin menarik dan lengkap. Demikian pula dengan teknologi pada dapur pacunya. Walau begitu, kedigdayaan Honda All New Jazz yang menjadi penyumbang angka penjualan terbesar di antara varian Honda lainnya agak terusik. Itu tak lain disebabkan kehadiran varian baru Honda Freed yang menjadi primadona baru di jajaran Honda. Honda All New Jazz hanya mampu meraih angka penjualan sebanyak 1.888 unit pada bulan Oktober dan harus rela disalip Freed. Sejak diluncurkan awal Juli 2009, Honda Freed mampu meningkatkan kontribusinya hingga 39%, dari 1.549 unit pada bulan September menjadi 2.146 unit untuk bulan Oktober. Yang pasti, kondisi perekonomian yang semakin membaik , tampaknya ikut juga memberikan andil, selain kemampuan produk terbaru Honda ini mengisi segmen di antara jajaran produk Honda yang sudah ada sebelumnya. Jonfis Fandy pun tak menampik jika target penjualan Honda Freed hingga akhir tahun 2009 akan melebihi target dari 6.000 unit.

“Secara hitung-hitungan, Honda Freed telah mampu meraih 20%. Selain Honda Jazz, penjualan kami juga ditunjang oleh varian Freed dan CRV menjadi unggulan di kelasnya masing-masing. Yang pasti Honda unggul dengan mengedepankan kualitas dan nilai jual kembali yang tinggi. Kami juga terus berupaya memberikan layanan purna jual yang optimal, sehingga konsumen pun tak segan-segan memberikan rekomendasi kepada konsumen lainnya,” tambah Jonfis Fandy.

Untuk layanan penjualan dan purna jual, HPM boleh berbangga setelah diganjar penghargaan oleh JD Power Asia Pasifik dalam ajang Sales Satisfaction Index 2009. Indikator penilaiannya mulai dari proses pengiriman, waktu pengiriman, kesepakatan, fasilitas dealer, sales person, paperwork, dan sales initiation. Dengan berbagai prestasi dan juga jajaran produk Honda yang berkualitas, HPM tetap berkomitmen memberikan layanan terbaik bagi konsumennya.

Pemenang

1.    King of ALL NEW JAZZ TUNING CONTEST 2009 : Iman
2.    1st Runner-up King of ALL NEW JAZZ TUNING CONTEST 2009 : Monika
3.    2nd Runner-up King of ALL NEW JAZZ TUNING CONTEST 2009 : Erwin
4.    The Coolest Breakthrough Innovation : Monika
5.    The Coolest Airbrush Design : Wahyu
6.    The Coolest Sticker Design : Bobby
7.    The Coolest Radical Conversion : Iman
8.    The Coolest Air Suspension : Iman
9.    The Coolest Audio Design : Hengkie
10.    The Coolest Car Theater Design : Iman
11.    The Coolest Standard Aspirated Engine : Monika
12.    The Coolest Advance Aspirated Engine : Tito
13.    The Coolest Racing Interior Design : Tito
14.    The Coolest Elegant Interior Design : Iman
15.    The Coolest Radical Interior Design : Theo
16.    The Coolest Elegant Wheel : Iman
17.    The Coolest Racing Wheel : Erwin
18.    The Coolest Racing Body Kit : Davin Elika
19.    The Coolest Elegant Body Kit : Iman
20.    The Coolest Radical Body Kit : Monika

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s